2 Hal Ini Harus Ibu Tahu Mengenai Kebutuhan ASI Untuk Bayi Yang Baru Lahir

ibu-sayang-anak

ASI sudah tidak diragukan lagi amat bermanfaat. Lembaga kesehatan dunia sepakat untuk merekomendasikan ASI eklusif untuk bayi 0-6 bulan dan tetap meneruskan ASI sampai 1-2 tahun. Sebagai ibu yang baru menyusui mungkin pernah bertanya-tanya mengenai kebutuhan ASI yang tepat untuk bayi. Terlebih lagi saat hari-hari pertama ASI yang keluar masih amat sedikit. Tidak jarang ibu menjadi panik dan takut kebutuhan ASI bayi tidak mencukupi. Oleh sebab itu ada 2 hal yang perlu ibu lakukan saat bayi baru lahir.

1. Jangan terburu-buru memberi susu formula

ibu-menyayangi-anak
image. via www.ayahasi.org

Bayi yang baru lahir membutuhkan nutrisi yang banyak. Suplai nutrisi dari plasenta yang sudah diputus setelah bayi lahir, dan berat badan bayi yang turun mungkin membuat ibu khawatir bayi tidak mempunyai stok energi yang cukup dalam tubuhnya. Terlebih lagi bila bayi menangis kencang, itu artinya bayi lapar atau haus. Tapi ibu tak perlu khawatir. Sebab  ASI yang sedikit ini sesuai dengan kebutuhan bayi yang masih sedikit.

2. Kebutuhan ASI pada bayi yang menyusui langsung dari payudara

Ibu-nyaman-menyusui
image. via www.muslimah.co.id

Mungkin ibu pernah bingung bagaimana menilai kebutuhan ASI dari bayi yang menyusui langsung  dari payudara. Karena sulit mengukur berapa ASI yang keluar saat disusui bayi. Tapi ibu tak perlu khawatir, karena yang sehat akan mengatur sendiri kebutuhan nutrisinya tanpa intervensi. Jadi, tugas ibu hanya perlu mengetahui tanda bayi lapar atau haus dan segera hadir untuk menyusuinya.

Simak juga “Sukses Mempersiapkan ASI Eksklusif Sejak Hamil Melalui 6 Hal Ini

Simak juga “Waspadai 5 Bahaya Bedak Bayi Pada Bayi

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait