3 Alasan, Kenapa Puasa Menjadi Cara Terbaik Bagi Single Yang Belum Menikah

Pria-puasa

Sebagai umat muslim, tentunya kita tahu bahwa ibadah spuasa tidak hanya kita lakukan di bulan suci Ramadhan saja. Tetapi kita juga bisa melaksanakan ibadah puasa Sunnah di hari-hari biasa. Puasa adalah ibadah yang mendatangkan banyak manfaat, baik bagi kesehatan tubuh, kestabilan mental, atau juga untuk pengendalian diri kita yang melaksanakannya. Terlebih lagi bagi kalian yang masih single dan belum siap untuk menikah.

Loh, kenapa hubungannya sama status single dan menikah ya? Mungkin begitulah pertanyaan yang kini timbul di benak pembaca.

Tapi, perlu kita ketahui bahwa puasa adalah sarana untuk kita lebih mendekatkan diri pada sang Pencipta, dan melalui puasa kita juga bisa mengkhususkannya pada tujuan kita untuk mendapatkan Ridho Allah akan kegalauan hati yang kita rasakan. Terlebih bagi kalian yang masih single, karena tak bisa dipungkiri, hidup sebagai single adalah salah satu hal yang membutuhkan kekuatan besar.

“Karena pada dasarnya Allah SWT telah menciptakan makhluk di muka bumi ini berpasang-pasangan.”

Siang berpasangan dengan malam, kemudian langit berpasangan dengan bumi, begitu juga perempuan akan berpasangan dengan lelaki. Jadi, tak perlu risau lagi menghadapi diri yang masih single, apalagi kalau memang belum siap untuk menikah, alangkah baiknya kita banyak-banyak berpuasa. Karena ada banyak manfaat berpuasa bagi seorang single yang belum siap menikah, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Puasa Bisa Membantu Menahan Syahwat

Menahan-nafsu
image. via pekanews.com

Seorang single yang belum siap menikah, sebaiknya juga bisa menahan syahwatnya. Kendalikan dirimu dengan berpuasa, karena hal ini juga akan membantumu menjaga kehormatan dirimu. Berpuasa dan siapkanlah dirimu agar menjadi sosok manusia yang layak untuk menikah, karena Allah SWT sudah menetapkan rencana-Nya terbaik bagimu. Dan jika kamu memang sudah siap menikah, maka jodohmu akan segera datang dengan sendirinya.

2. Puasa Membuatmu Lebih Banyak Beribadah

beribadah
image. via www.tipspengembangandiri.com

Berpuasa adalah ibadah yang penting dan mendatangkan banyak manfaat, tak terkecuali juga bagi keimananmu. Semakin sering kamu berpuasa, maka semakin banyak juga kamu beribadah, dan semuanya itu insyaallah hanya untuk mendapatkan Ridho-Nya agar semua urusan duniawimu dapat terselesaikan dengan hasil yang baik.

3. Puasa Membantumu Menahan Amarah

pri-sabar
image. via log.viva.co.id

Ketahuilah, menjadi seorang single di usia yang sudah cukup umur untuk menikah adalah hal yang tidak mudah. Meskipun kamu menjalaninya dengan happy karena kamu memang menyadari bahwa dirimu belum siap secara mental dan finansial untuk menikah, namun tetap saja orang-orang di luar sana akan menatapmu dengan tatapan yang berkata “Bujang lapuk! Perawan tua!” Hmmmm, tentu ini sangat menjengkelkan bukan. Oleh karena itulah, berpuasalah agar kamu lebih bisa menahan hawa nafsu amarahmu yang rasanya sudah hampir meledak. Cobalah menyabarkan dirimu, dan yakinlah bahwa buah kesabaran adalah kebahagiaan.

“Ingatlah bahwa Allah SWT telah mempersiapkan pasangan yang sepadan untuk kita. Dan yakinlah bahwa kita akan dipertemukan dengannya, jika telah menemukan waktu yang pas menurut Allah SWT, bukan menurut kita.”

Semua itu bisa jadi datang lebih cepat, lebih lambat atau bahkan tidak datang sama sekali. Dan tidak datang bukan berarti kita tidak berjodoh. Melainkan, Allah SWT telah mempersiapkan jodoh abadi di akhirat kelak.

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait