3 Bisnis Menggiurkan Ini Layak Dicoba Saat Ramadan Hingga Lebaran

peluang usaha di bulan ramadhan

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah rahmat dan ampunan. Tak hanya berkah untuk sisi kerohanian saja, tetapi juga berkah duniawi yang banyak dirasakan seluruh umat di dunia. Karena itulah bulan Ramadhan selalu dinanti oleh semua orang, tak hanya untuk beribadah tetapi juga untuk meraup rejeki lebih saat bulan suci Ramadhan.
Pasalnya, bulan Ramadhan mampu mendatangkan rejeki lebih dan membuka kesempatan berbisnis yang sangat menggiurkan bagi masyarakat di Indonesia yang memang sangat jeli dengan peluang. Bahkan ada beberapa bisnis yang dilakukan disaat bulan Ramadhan hingga lebaran tiba, mau tahu apa saja bisnis yang bisa mendatangkan rejeki lebih disaat Ramadhan, berikut 3 ulasan bisnis menggiurkan yang layak dicoba saat bulan Ramadhan hingga Lebaran.

Kuliner

Peluang Usaha Kuliner
Menjelang buka puasa maupun lebaran, masyarakat banyak berburu kuliner. Img source: www.bisnismakanan.com

Bisnis di bidang kuliner memang nggak ada matinya. Bidang satu ini selalu bisa menghadirkan rejeki berlimpah bagi pelakunya. Tak heran, karena manusia butuh makan dan dengan beragam inovasi yang menarik bisnis kuliner menjadi satu yang paling menggiurkan. Dan, saat Ramadhan hingga Lebaran, banyak kuliner yang bisa dijual, seperti misalnya pedagang takjil yang menjamur di sepanjang jalan di pusat-pusat kota. Kuliner sahur yang buka hingga subuh menjelang, bahkan kuliner Lebaran yang menjajakan cemilan hari raya pun tak kalah digemari.
Target potensial bisnis kuliner Ramadhan adalah pusat-pusat perkantoran, dimana kesibukan para pegawai menuntut mereka untuk membeli makanan di luar ketimbang harus masak sendiri, dan lainnya yang bisa menjadi pelanggan setia adalah para anak kost yang jauh dari orang tua.
Sedangkan untuk kuliner lebaran adalah seputar cemilan yang selalu hadir di hari raya, seperti misalnya kue nastar yang legendaries dan memiliki banyak varian. Bisnis ini sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan saat lebaran, bahkan jika kue nastar buatanmu enak, tak menutup kemungkinan selepas lebaran akan selalu ada pesanan.

Fashion

Peluang usaha fashion
Ketika ramadhan tiba, masyarkat banyak berbelanja pakaian. Img source: http://bit.ly/1UnWo80

Selain kuliner yang menjadi bisnis primadona, bisnis lain yang sangat menguntungkan saat bulan Ramadhan terutama saat Lebaran adalah bisnis hijab, pakaian muslim, dan perlengkapan ibadah. Bisnis ini akan lebih cocok dilakukan oleh kaum wanita yang juga sangat menyukai fashion dan selalu update dengan fashion terbaru. Karena saat Ramadhan atau Idul Fitri setiap tahun akan ada trend tersendiri yang berbeda dari tahun ke tahun. Semisalnya saja di tahun 2015 sangat populer dengan Kaftan Syahrini, maka saat tahun 2016 ini yang sedang trend adalah hijab syar’I dengan warna pastel.
Jika kamu berminat untuk terjun dalam bisnis ini, maa belilah produk fashion muslim, mukena dan jilbab secara grosir, baru kemudian menjualnya per potong. Biasanya ada keuntungan sekitar 25 hingga 40% dari harga grosirnya. Bahkan tak jarang para ibu-ibu rumah tangga tertarik dengan system kredit yang dicicil dari sebelum Ramadhan hingga lebaran baru lunas.

Parsel

Peluang Usaha Parsel
Saling memberi bingkisan lebaran telah menjadi budaya di Indonesia. Img source: cikalnews.com

Beberapa waktu lalu pemerintah melarang para pegawai negeri menerima parsel saat Lebaran, namun bukan berarti bisnis ini berhenti dan surut. Karena faktanya masih banyak orang yang memberi parsel dengan alasan-alasan tertentu. Semisalnya ke sanak saudara, kerabat, tentu tidak dilarang memberikan parsel, asal jangan membawa-bawa kepentingan professional dengan bermoduskan parsel.
Modal untuk memulai bisnis parsel ini tentu bervariasi, tergantung parsel isi apa yang ingin kamu jual, semisalnya isi makanan, buah, perabot keramik atau hiasan, atau bahkan mungkin gadget, semua tergantung dari isi parsel itu. Saran untuk bisnis ini, cobalah untuk berbelanja dengan system grosir, jadi harga yang kamu dapat akan lebih murah dan untung yang kamu dapat lebih banyak.

Ada banyak memang pintu rejeki yang Allah berikan pada umatnya, hanya saja kita harus tetap berpegang pada kejujuran, karena segala usaha tanpa dilandasi dengan kejujuran hasilnya akan sangat buruk.
Selamat meraih rizki dan berkah Ramadhan.