3 Cara Ini Bisa Membuat Wanita Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kegalauan para wanita setelah melahirkan biasanya adalah pada kondisi fisik yang melar dan tak langsing lagi. Banyak dari kita tentunya ingin memiliki tubuh langsing seperti sediakala sebelum hamil dan melahirkan, namun apa daya saat ini sudah menjadi ibu, dan menjadi hal wajar jika gemuk. Tapi tetap saja, di hati kecil masih miris melihat celana jeans yang tertata rapih yang kini sudah tak muat lagi di dalam lemari dan berganti dengan daster-daster denagn size besar.

Tenang, meski sudah melahirkan dan memiliki tubuh melar, kita para wanita masih bisa langsing lagi kok. Hanya saja, perlu waktu dan usaha yang cukup keras untuk mewujudkannya. Nah, berikut tiga cara jitu yang bisa membuat seorang wanita kembali langsing dalam 3 langkah.

1. Jadilah Ibu Seutuhnya

ibu-seutuhnya
image. via www.tantiamelia.com

Seorang ibu yang ideal adalah seorang ibu yang dapat mengurus anaknya sendiri. Meski saat ini jasa babysitter makin banyak, namun mengurus anak sendiri adalah hal yang paling ampuh untuk mengembalikan bentuk tubuh mama seperti semula.

Kenapa bisa begitu?

Karena mengurus seorang bayi memerlukan energy yang cukup, ada beragam hal yang harus di urus, mulai dari menggendong, memandikan, menyusui, mengganti popok, bahkan mengayunnya jika ingin tidur (karena ada beberapa bayi yang harus diayun saat menidurkannya). Hal-hal itu mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya sangat menguras energy dan menuntut seorang ibu untuk siaga menjaga 24 jam. Nah, dari kerja keras seorang ibu mengurus anaknya sendiri ini, maka lelahnya akan melebihi fitness, ngeGym, atau mungkin lari marathon untuk membakar lemak.

Selain itu seorang ibu yang mengurus anaknya sendiri dan menyusuinya dengan ASI, maka ini juga akan membantu melangsingkan tubuh ibu. Pasalnya produksi air susu itu diperlancar oleh hormon oksitosin. Menurut sebuah penelitian di Harvard Medical School, hormon ini mampu menurunkan kadar kalori yang dikonsumsi, terutama dari makanan yang mengandung lemak dan mampu membakar setidaknya 200-600 kalori per hari.

2. Makan Makanan Bergizi

sayur-sambal-kentang

Saat ingin menurunkan berat badan, seorang wanita cenderung mengurangi asupan makanan. Padahal mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang tiga kali sehari itu justru dapat menghindarkan kita dari kegemukan? Mengapa?

Karena organ-organ dalam tubuh memiliki jadwalnya sendiri untuk efektif bekerja dan istirahat. Sedangkan, makan yang tidak teratur justru cenderung mengganggu siklus alami pada organ tubuh, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja organ tubuh. Jadi, jangan berpikir bahwa diet adalah solusi untuk melangsingkan tubuh, dan tetaplah makan sehari tiga kali. Karena selain ibu sedang menyusui maka harus makan secara teratur dan memenuhi semua asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan buah hati.

3. Lakukan Olahraga Ringan

senam
image. via www.dream.co.id

Meskipun baru melahirkan, namun seorang ibu juga wajib berolahraga. Namun dengan catatannya adalah melakukan olahraga ringan dan konsultasikan dengan dokter kira-kira kapan mulai bisa berolahraga. Beberapa alternative olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, yoga, dan senam.

Yoga memang disarankan untuk dilakukan, semisalnya saja melakukan Bridge Pose (pose jembatan), dengan tidur telentang dengan kedua lutut ditekuk dan tumit melekat di lantai, lalu sesekali mengangkat panggul ini akan melemaskan otot tubuh. Lakukan gerakan pemanasan terlebih dulu dengan membawa kedua lutut ke kiri dan ke kanan untuk mengencangkan otot perut, panggul, lengan juga paha, serta membantu meringankan sakit punggung yang biasa diderita para ibu setelah melahirkan.

Simak juga —> “Waspadai Hal-hal Yang Bisa Menyebabkan Pendarahan Saat Hamil

Simak juga —> “Inilah 6 Langkah Agar Persalinan Berlangsung Secara Normal

Semoga beranfaat…

Artikel Terkait