3 Hal Ini Harus Dilakukan Orangtua Dalam Menjadi Teladan Yang Baik Bagi Anak

orantua-teladan

Dalam mendidik anak di masa tumbuh kembangnya, orangtua harus memberikan teladan yang baik kepada anak, agar tingkah laku dan karakternya tercermin sebagai anak yang mempunyai ahklak yang mulia. Oleh karena itu, orangtua sangat berperan dalam mendidik anak saat usia dini. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu orangtua ketahui apa saja yang harus dilakukan dalam menjadi ayah yang teladan.

1. Menjadi orangtua yang bertaqwa

orangtua-bertaqwa
image. via fadhlu48.malhikdua.com

Dalam menjadi orangtua teladan, kamu harus senantiasa menjauhi semua yang di larang Allah dan mengerjakan semua yang diperintahkan Allah. Kamu harus berusaha melingkupi bahtera rumah tangga dengan lentera keislaman. Begitu juga dalam mendidik anak, akan lebih mudah ketika kamu mendidik anak dengan senantiasa melaksanakan semua perintah Allah.

2. Meningkatkan kemampuan intelektual

orangtua-cerdas
image. via www.tkii-alabidin.sch.id

Sebagai orangtua, kamu harus tetap meningkatkan kemampuan intelektual dalam membina rumah tangga bahagia. Kamu harus Senantiasa banyak belajar dalam meningkatkan pengetahuan, sebab itu bukan hanya untuk dirimu sendiri tetapi untuk juga menjadi contoh bagi anak-anak di rumah bahwa orantuanya tidak berhenti belajar meski usia terus bertambah.

3. Mampu mengendalikan emosi

orangtua-yang-sabar
image. via lifestyle.bisnis.com

Hal yang harus orangtua ketahui tentang kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan diri sendiri maupun orang lain, kemampuan memotivasi diri, serta kemampuan mengelolah emosi dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus mampu mengendalikan emosi diri dalam mendidik anak. gunakan emosi positif dalam keadaan apapun saat bersama anak agar perasaanya tidak tersakiti dan menjadi karakter yang baik.

3 ulasan di atas perlu orangtua ketahui dalam mendidik anak sehingga menjadi ayah yang teladan. Sehingga pada akhirnya anak kamu mempunyai ahklak yang mulia, sebagaimana yang telah kamu contohkan kepadanya setiap hari.

Semoga bermanfaat….

Artikel Terkait