3 Tahapan Ini Menjadi Usia Emas Dalam Melatih Kemandirian Anak

anak-yang-mandiri

Kemandirian adalah hal yang diajarkan sedini mungkin oleh orang tua kepada anak-anak mereka. Meskipun begitu, ada banyak juga orang tua yang melewati tahap usia emas pertumbuhan anaknya dengan begitu saja. Ada beberapa alasan mereka melewatkan hal itu, salah satunya adalah karena kesibukan orang tua dengan pekerjaan yang mereka jalani di luar rumah atau ketergantungan antara anak dan orang tua yang sangat tinggi dan membuat mereka sulit membiarkan anaknya mandiri.

Tahukah Anda bahwa perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan setempat, sedangkan lingkungan utama dan terbesar anak-anak adalah di rumah mereka sendiri bersama keluarga. Dan tumbuh kembang seorang anak akan melalui tiga tahapan usia emas mereka yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Karena dari sinilah gerbang kehidupan anak dimulai untuk dibentuk.

1. Usia 1 Tahun.

anak-usia-1-tahun

Sebagai orang tua, pasti Bunda tahu kan bahwa pada usia satu tahun si kecil belum dapat memahami rutinitas sehari-hari yang dijalani. Misalnya saja minum susu, bermain, mandi, makan atau mungkin tidur. Sehingga sangat penting Bunda melatih si kecil untuk melakukan rutinitas tersebut. Kebiasaan kecil yang diterapkan ini akan membuat anak tumbuh dengan rutinitas yang baik dan bermanfaat. Selain itu, hal-hal kecil ini juga akan menjadi dasar bagi si kecil untuk mandiri dan terbiasa hidup sehat sejak dini.

Selain itu, pada usia ini, latihlah untuk dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga mampu mendukung si kecil tertarik dengan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan si kecil yang besar akan mampu membantumereka untuk mengeksploirasi lingkungan dan kemampuan motorik mereka.

2. Usia 2 Tahun.

anak-makan-sendiri

Di usia 2 tahun, anak-anak sudah dapat menggunakan sendok sendiri, jadi Bunda bisa mulai membiasakannya makan sendiri. Meskipun belum sempurna akan tetapi kemampuan ini sudah dapat membantu si kecil untuk mandiri. Hal ini juga dapat melatih koordinasi tangan dan mata. Selain itu, saat anak sudah berusia 2 tahun, mengajari mereka menggunakan toilet sendiri juga sudah bisa dilakukan, meski harus tetap diawasi. Dalam hal ini, orang tua harus memberikan fasilitas yang aman bagi si kecil, jangan sampai kecerobohan orang tua berdampak buruk pada si kecil.

3. Usia 3 Tahun.

anak-bersepeda

Di usia 3 tahun, kecerdasan anak sudah mulai terlihat. Bunda juga sebaiknya memberikan kebebasan pada si kecil untuk berjalan sendiri. Sesekali orang tua juga dapat memberikan kebebasan untuk melompat, memegang atau berlari sesuka mereka. Sehingga si kecil dapat mencobanya tanpa membahayakan tubuhnya. Karena pada usia ini si kecil sudah mampu menunjukan kemampuan di hadapan orang lain termasuk membawa tas atau membereskan tempat tidur. Biarkan si kecil menunjukan kemampuan mereka, dan orang tua wajib mengarahkan mereka untuk bisa bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait