3 Tips Rahasia Suksesnya Pendidikan Anas bin Malik

Anas-bin-malik

Anas Bin Malik terlahir dari seorang ayah yang kafir, namun hal itu tidak menjadi penghalang baginya, karena justru ia bisa tumbuh menjadi salah satu sahabat pilihan Nabi Muhammad SAW. Karena selain banyak meriwayatkan hadits, beliau juga memiliki harta dan anak yang jumlahnya banyak.

Nah, tentu saja ada rahasia penting yang dilakukan oleh ibunya, Ummu Sulaim, dalam mendidik anaknya sehingga anaknya menjadi sesukses itu. Berikut adalah tiga tips rahasia yang membuat pendidikan Anas bin Malik sukses, bahkan bisa dipraktikkan oleh keluarga Muslim lainnya.

1. Mengajarkan Tauhid

mengajarkan-tauhid
image. via bersamadakwah.net

Setelah ibu Anas Bin Malik, Ummu Sulaim masuk Islam, ia kemudian mengajarkan dua kalimat syahadat kepada anaknya. Meskipun karena hal itu suaminya memarahinya karena dianggap mengeluarkan anaknya dari ajaran agama nenek moyangnya. Namun Ummu Sulaim yang santun hanya menjawab bahwa ia hanya mengajarkan tauhid kepada anaknya.

Karena kemarahan yang memuncak itu, maka Malik pun keluar rumah, kemudian bertarung dan akhirnya meninggal dunia. Peristiwa itu pun membuat ibu Anas bernazar bahwa ia tidak akan menikah lagi, kecuali atas izin Anas.

2. Memilihkan Sahabat Yang Baik Untuk Anak

sahabat-yang-baik
imgae. via wiranurmansyah.com

Sebagai seorang janda, Ummu Sulaim pun mendatangi Nabi Muhammad SAW. Namun ia merasa bingung, karena semua yang datang membawa hadiah untuk Nabi, sedangkan ia tak memiliki apapun untuk diberikan. Maka ia pun memutuskan memberikan anaknya sebagai hadiah untuk Rosulluloh SAW.

Dan sejak saat itu Anas yang masih berusia sekitar sepuluh tahun pun terus bersama Rosulluloh SAW. Dalam kebersamaannya dengan Rosulluloh SAW, Anas belajar amal saleh yang dilakukan Rosulluloh SAW, meneladani dan juga meriwayatkan hadits.

Karena sungguh, tiada teman yang lebih baik dari yang dipilihkan oleh Ummu Sulaim untuk anaknya ini.

3. Doa Orang Yang Saleh

Doa-orang-shaleh
image. via www.belitangpost.com

Berikut ini adalah cara ketiga yang dilakukan Ummu Sulaim untuk mendidik anaknya Anas Bin Malik menjadi seorang yang sukses adalah dengan meminta Rosulluloh untuk mendoakan Anas. Maka Rosulluloh SAW pun mendoakan Anas.

Ya Allah, banyakkanlah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang Engkau kurniakan padanya.”

Doa orang saleh yang tak tertolak, dan Allah SWT pun mengabulkan doa Rasulullah SAW. Kemudian, Anas bin Malik pun tumbuh dan berkembang menjadi sosok manusia yang saleh, ahli ibadah, alim, bijak, memiliki harta yang banyak dan berkah, serta dikaruniai keturunan yang jumlahnya mencapai angka ratusan jiwa.

Simak juga —> “3 Cara Ini Membantu Daya Ingatan Anak Dalam Belajar

Simak juga —> “3 Hal Ini Harus Dilakukan Orangtua Dalam Menjadi Teladan Yang Baik Bagi Anak

Simak juga —> “Mari Melatih Anak Shalat Sejak Dini, Agar Mampu Melaksanakan Shalat Dengan Baik Dan Benar

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait