4 Bahaya Ada Di Dekat Suami Yang Merokok Bagi Ibu Hamil

bahaya-merokok

Bahaya asap rokok memang sudah tak diragukan lagi. Bahkan kita tahu asap rokok sama bahayanya dengan rokok itu sendiri, dan nyatanya sebuah penelitian menyatakan bahwa perokok pasif lebih berbahaya ketimbang perokok pasif. Karena di dalam asap rokok terkandung ribuan bahan kimia yang jika terhirup bisa menimbulkan banyak bahaya, terlebih bagi seorang wanita yang sedang mengandung. Jadi para suami, pastikan jangan merokok di dekat istri yang sedang mengandung. Bahkan sebisa mungkin jika merokok jangan di dalam rumah, mengingat asap rokok tidak cepat menguap, bahkan bisa terjebak dan mengendap di dalam ruangan.

Berikut ini beberapa bahaya saat seorang ibu hamil berada dekat dengan suami yang sedang merokok. Karena ketika ibu hamil menghirup atau menyentuh benda yang terkena asap rokok, ada ribuan racun yang terdapat pada rokok dapat merasuki aliran darahnya, kemudian menyebar ke janin di dalam rahim.

1. Bayi Lahir Dengan Ukuran Yang Tidak Normal

bayi-baru-lahir
image. via ibuhamilku.blogspot.com

Bahaya asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil ini bisa menyebabkan bayi terlahir dengan ukuran yang tidak normal, semisalnya saja berat badan bayi rendah. Dan kondisi tersebut mungkin saja bisa membuat bayi mengalami masalah kesehatan lainnya seperti gangguan pernapasan, bayi sulit menghangatkan tubuhnya sendiri, lebih mudah mengalami infeksi, kadar gulanya rendah, atau bahkan memiliki terlalu banyak sel darah.

2. Bayi Terlahir Prematur

bersama-orangtua
image. via abiummi.com

Banyak kasus bayi lahir premature, dan ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil dalam masa kehamilannya. Dan kita tahu bahwa seorang bayi yang dilahirkan premature atau sebelum waktunya bisa terkena beberapa masalah kesehatan serius atau bahkan bisa berakhir fatal. Semisalnya saja beberapa bayi yang lahir prematur mungkin mengalami gangguan pernapasan. Bayi juga lebih rentan mengalami infeksi, penyakit kuning, dan juga kesulitan untuk menyusu. Selain itu gangguan di saluran pencernaan, sistem saraf dan organ-organ lainnya juga mungkin bisa terkena dampak negative dari asap rokok yang terhirup ibu semasa hamil. Dan yang terparah adalah bayi premature berisiko mengalami pendarahan otak.

3. Bayi meninggal mendadak

gelombang-otak
image. via www.solusisehatku.com

Atau kita mengenalnya dengan istilah SIDS, Sindrom kematian bayi mendadak. Ini tak lain merupakan sindrom yang bisa menyebabkan bayi meninggal secara mendadak saat sedang tertidur, meski sebelumnya dia terlihat baik-baik saja.

4. Bahaya Pernafasan Di Kemudian Hari Pada Si Kecil

yang-dilakukan-ayah-saat-IMD
image. via www.merdeka.com

Asap rokok memang sangat berbahaya dan bahayanya pun jangka panjang, jadi menurut sebuah penelitian, jika ibu hamil menghirup asap rokok atau terpapar residu asap rokok yang ada di sekitarnya atau melekat pada benda-benda di rumah, maka hal tersebut dapat mengganggu proses perkembangan paru-paru pada janin di dalam kandungan. Dan hal inilah yang bisa membuat Si Kecil berpotensi mengalami gangguan pernapasan di kemudian hari.

Jadi, ada baiknya saat seorang suami perokok memiliki istri yang sedang mengandung, sebisa mungkin ia berhenti merokok, menahan kebiasaan merokok dimana saja, atau mungkin jangan merokok di dekat istri. Karena merokok tidaklah bermanfaat bagi diri kita, melainkan mendatangkan efek buruk pada orang-orang di sekitar kita.

Simak juga “Pahami Tanda-Tanda Melahirkan Ini Jika Ingin Melahirkan Secara Normal

Simak juga “4 Penyebab Keguguran Berikut Ini Hanyalah Mitos Belaka

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait