4 Cara Jitu Ini Jadikan Anak Kamu Rajin Belajar, Orantua Harus Tahu!

rajin-belajar

Kewajiban orangtua adalah menjaga anak nya baik secara jasmani dan rohani, termasuk pada semangat belajar seorang anak agar rajin belajar. Tepat pada tahun ajaran baru sekarang ini, mumpung anak kamu masih semangat-semangatnya bersekolah. Pada saat ini pula kamu harus membuat anak  semakin semangat untuk belajar baik di rumah maupun di sekolah. Untuk itu, di bawah ini 4 cara jitu agar anak kamu rajin belajar.

1. Biasakan belajar di rumah dengan suasana menyenangkan.

belajar-menyenangkan
image. via www.kaskus.co.id

Sebagai orang tua, kita harus bekerja keras terhadap minat belajar anak. Untuk itu, kita harus memperhatikan suasana belajar agar menyenangkan. Dengan begitu akan berpengaruh pada minat belajar anak, dan dia akan berpikir belajar itu sangat menyenangkan. Sehingga belajar menjadi kebutuhanya sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah.

Simak juga artikel “Melatih Anak Mandiri Sejak Dini Dengan 5 Hal Ini”

2. Variasikan suasana dengan menggunakan media belajar.

suasana-belajar
image. via rumahquranmuslimah.wordpress.com

Orangtua juga harus memperhatikan suasana belajar, baik tempat maupun perlengkapan belajar. Serta siapkan media belajar, baik buku-buku maupun media elektronik seperti aplikasi hp. Bisa juga menggunakan apa yang ada, seperti tv dan radio. Karena tv dan juga merupakan alat media belajar yang menarik, apabila orangtua mendampingi dan memandu anak saat menonton tv atau mendengar radio. Dengan begitu orangtua bisa menerangkan pesan yang bermanfaat bagi pendidikan anak dari tv, radio, maupun dari media belajar elektronik lainya.

3. Konsisten memacu minat belajar.

konsisten
image. via labsatu.com

Dalam memacu minat belajar anak, orangtua harus konsisten. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap minat belajar anak, karena dalamkeadaan apapun orangtua harus senantiasa mengontrol anak belajar. Jangan sampai semangat di awal, tapi selanjutnya mulai kendor semangat nya. Oleh karena itu, orantua harus konsisten supaya anak senang belajar.

Biar tambah oke, simak artikel berikut “Sebagai Orangtua, Lakukan 10 Hal Ini Untuk Asah Kreativitas Si Kecil Yuk !”

4. Jangan sampai membuat bosan.

bosan
image. via www.pendidikankarakter.com

Supaya anak senantiasa senang dalam belajar, orangtua harus menghindari rasa kebosanan anak saat anak belajar. Untuk itu, kita harus menjeda atau memberi waktu istirahat untuk belajar. Jangan sampai timbul keterpaksaan yang di rasakanya saat belajar.

Ulasan di atas sangat berpengaruh terhadap minat belajar anak, orangtua harus memperhatikan hal ini. Jangan sampai kesempatan anak menempuh pendidikan tidak dituntun oleh orangtua, karena yang berpengaruh dan berperan penuh terhadap tumbuh kembang anak adalah orangtua. Sangat disayangkan jika orangtua hanya mengandalkan pendidikan disekolah, sedangkan pendidikan di sekolah sangat terbatas oleh waktu. Jadi, orangtua harus tau betul dengan hal ini.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait