4 Hal Positif Dari Kensendirian Saat Menanti Imam Yang Tepat

menanti-jodoh

Selama menanti imam yang pas, sebaik nya kamu manfaatkan waktu penantian dengan hal-hal yang bermanfaat. Gunakan kesempatan ini untuk memantaskan diri, jangan cemas dan khawatir. Penantian ini adalah kesempatan kamu untuk menjadi muslimah yang lebih baik. Berikut ini beberapa hal yang bermanfaat dalam penantian kamu.

1. Meningkatkan kemampuan diri

tingkatkan-kemampuan
image. via tazkirah.net

Saat kamu sudah menikah, kamu akan menghadapi hal yang belum pernah kamu lakukan, bahkan belum kamu alami. Oleh karena itu, pada saat penantian inilah kamu harus meningkatkan kemampuan. Kemampuan yang bagaimana? Pastinya kemampuan dalam menjaga iman dan taqwa.

2. Berbakti kepada orangtua sepenuhnya

berbakti
image. via www.hijabina.com

Ketika kamu sudah menikah, kamu mempunyai kewajiban terhadap suami. Gunakan kesempatan ini untuk berbakti kepada orantua sebaik mungkin, karena setelah menikah seorang istri adalah milik suaminya dan segala urusan apapun perlu izin dari nya. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Maukah aku beritahukan kepadamu dosa besar yang paling besar?” – Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tiga kali–. Kami (para Shahabat) menjawab, “Tentu, wahai Rasûlullâh.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menyekutukan Allâh dan durhaka kepada kedua orang tua.”

Oleh karena itu, gunakan waktu penantian untuk berbakti kepada orantua, sambil menanti imam yang menuntun kepada bahtera rumah tangga.

3. Mengamati dan mempelajari tentang pernikahan

memahami
image. via rtduabelas.blogspot.com

Dalam bahtera rumah tangga. Kamu akan menghadapi berbagai macam masalah, bermacam-macam konflik rumah tangga. Untuk itu banyak-banyaklah mempelajari tentang pernikahan, agar kamu nantinya mampu menghadapi masalah dan bisa mencari solusi dengan baik tanpa menyakiti dirimu dan suami kamu. Sehingga kamu menjadi sandaran hati di saat suami kamu sedih dan tempat bertumpuh saat dia lelah.

4. Perbanyak berdoa untuk sesama muslim

wanita berdoa
image. via www.sufera.com

Dari Ummu Darda’ dan Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, “Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim)

Sangat jelas dari hadits di atas, bahwasanya selama kamu mendoakan sesama muslim, itu artinya kamu mendoakan kamu sendiri. sangat luar biasa penantian ini, di saat kamu berdoa memohon jodoh kepada Allah, kamu juga dapat mendoakan sesama umat islam.

Jadi sebelum jodoh di pertemukan oleh Allah dalam pernikahan. Gunakan kesendirian ini untuk melakukan hal-hal yang positif. Tingkatkan kemampuan diri, berbaktilah kepada ibu/bapak dan berbuat baik kepada orang sekitar. Terus berbuat positif untuk diri sendiri maupun sesama muslim.

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait