5 Cara Membangun Perilaku Positif Pada Anak Sejak Dini

perilaku-positif

Saat memiliki seorang anak, orang tua memiliki kewajiban besar untuk menjadikan mereka sosok orang yang baik di masa kini dan masa depan. Nah, salah satunya adalah menumbuhkan sikap dan perilaku positif sejak dini. Memang dalam menumbuhkan perilaku positif pada anak ini adalah hal yang tak bisa dianggap enteng. Tapi jika diniati dan dilakukan dengan baik, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang positif sesuai dengan harapan.

Ingatlah bahwa orangtua harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka. Dalam hal ini peran penting orangtua tentu saja tidak sebatas memberikan arahan, melainkan menjadi contoh yang baik bagi anak. Perlu kita ketahui bahwa sifat dasar anak adalah meniru, maka dari itu berperilaku yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan untuk membentuk kepribadian positif pada anak. Karen itu, tak heran jika ada istilah buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Berikut ini beberapa cara membangun prilaku positif pada anak sejak usia dini yang bisa diterapkan para orang tua:

1. Jadilah Orang Tua Teladan Bagi Anak

orangtua-yang-baik
image. via kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com

Sikap dan juga perilaku orang tua menjadi cerminan dan contoh bagi anak-anak. Jadi, secara tidak langsung anak-anak akan merekam dan mengawasi setiap perilaku yang dilakukan oleh orang tua mereka, baik itu perilaku baik atau buruk. Oleh karena itu, sebelum kita mengajarkan perilaku positif pada anak, sebaiknya berikan contoh yang baik terlebih dahulu pada mereka, agar kita menjadi orang tua yang kredibel dan dipercaya oleh anak. Dan dengan begitu maka anak-anak akan lebih mudah untuk memahami apa yang orang tua maksud.

2. Berikan Pujian Untuk Anak

menghargai-anak
image. via www.klikdokter.com

Ingat, setiap manusia suka dengan pujian saat mereka memperoleh keberhasilan. Jadi, jangan ragu untuk memberikan pujian jika anak kita memang layak mendapatkannya. Jadi, sebagai orang tua jangan hanya memberikan kritikan ketika si kecil melakukan kesalahan saja. Namun sebaiknya kita juga memberikan pujian untuk si kecil ketika melakukan suatu hal yang baik. Karena dengan begitu maka anak-anak akan terpacu untuk selalu berbuat baik dan meningkatkan diri mereka. Tanpa disadari juga bahwa pujian kecil yang kita lontarkan menjadi penyemangat besar bagi si kecil.

3. Tunjukan Bagaimana Perasaan Kita Pada Si Kecil

kasih-sayang-ibuk
image. via www.smpdt.daaruttauhiid.org

Empati adalah salah satu hal yang dibutuhkan dalam membangun perilaku positif pada anak. Jadi, cobalah untuk menunjukkan bagaimana perasaan kita pada si kecil. Misalnya saja mom mengatakan bahwa mommy sangat sedih ketika si kecil melakukan kesalahan. Karena dengan begitu, kita akan mengajak anak untuk berpikir dan berempati, bagaimana caranya agar ibunya tidak sedih lagi karena dia.

4. Jadilah Pendengar Yang Baik

ayah-teladan
image. via www.pesona.co.id

Mau mendengarkan segala hal dengan baik menjadi salah satu kunci untuk berkomunikasi dengan baik antara orang tua dan anak. Cara ini juga akan membuat anak merasa dihargai dan diperhatikan. Dalam hal ini kita bisa memberikan solusi atas apa yang dirasakan oleh anak sehingga secara tidak langsung kita mengerti dengan perasaan anak.

5. Menepati Janji

menepati-janji
image. via nfxgaul.blogspot.com

Salah satu cara mengajarkan anak untuk konsisten dengan komitmen adalah dengan menepati janji. Jadi setiap janji yang telah kita utarakan pada anak sebaiknya ditepati. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu cara agar anak menghormati serta mempercayai kita sebagai orangtua. Dan secara tidak langsung perilaku kita ini akan ditiru oleh si kecil.

Menerapkan perilaku positif yang baik pada anak memang harus dilakukan secara bertahap dan hati-hati ya mom. Ingat, jangan terlalu memaksakan kehendak kita pada anak, namun arahkan dengan lembut melalui perilaku positif kita sendiri yang akan menjadi contoh pada si kecil.

Simak juga

6 Nasihat Bijaksana Luqman Al-Hakim untuk Anaknya

5 Tips Mengajarkan Anak Cara Mengolah Uang

5 Tips Agar Orangtua menjadi Madrasah Pertama Bagi Anak-anaknya

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait