5 Hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan, Ketika Yang Terbaik Belum Juga Datang

Menanti-jodoh-terbaik

Segala sesuatu di bumi ini tidak ada yang bisa ditebak dan diprediksi secara akurat, baik itu maut, rezeki, maupun jodoh seseorang. Berkenaan dengan jodoh, pastinya semua orang menginginkan yang terbaik untuk dirinya walaupun datangnya baik secara cepat ataupun lambat. Lantas, bagaimana dengan orang yang belum mendapatkan jodoh? Ketahuilah, bahwa jodoh itu adalah cobaan untuk kita. Cobaan mengenai bagaimana kita berusaha menggapainya walau harus menanti siang dan malam. Tapi kita tetap bordo’a memohon ridho Allah. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, ketika jodoh belum juga datang. Berikut ulasanya.

1. Muhasabah diri dengan mendekatkan diri kepada Allah

muhasabah-diri
image. via diervie.wordpress.com

Muhasabah diri harus senantiasa dilakukan baik sudah bertemu jodoh ataupun belum. Bagi yang belum bertemu jodoh atau belum menikah, koreksi lagi niat dalam menikah, sesuaikah dengan ajaran agama atau hanya ingin memenuhi keinginan duniawi saja. Koreksi lagi amalan kita, terutama shalat lima waktu, dan senantiasa mohon ampunan Allah.

Muhasabah ini dilakukan bukan sekedar hanya mempermudah mendapatkan jodoh, tapi sesungguhnya adalah menyiapkan diri agar pada waktunya siap bertemu jodoh dan menjalani bahtera rumah tangga bahagia.

Simak –> “Jodohku Cerminanku”

2. Memantaskan diri di hadapan Allah

memantaskan-diri
image. via riaupos.co

Ketika seorang belum menikah, itu berarti jodohnya belum datang. Oleh Karena itu sangat perlu untuk memantaskan diri agar Allah menitipkan yang terbaik untuk kita. Persiapkan diri dengan banyak memperbaiki diri. Agar saat mengarungi bahtera rumah tangga siap menghadapi berbagai macam keadaan baik keadaan sedih maupun bahagia.

Simak –> “4 Hal Positif Dari Kensendirian Saat Menanti Imam Yang Tepat”

3. Terus berusaha, menggapai ridho Allah

Terus-berusaha
image. via www.rumahkeluargaindonesia.com

Selain berdoa, kita juga harus berusaha. Supaya jalan mendapatkan jodoh semakin mudah, dan kesendirian segera berakhir. Orang mengatakan jodoh itu di tangan Allah, emang benar sih. Tapi kalau jodohnya tidak kamu ambil, ya jodohnya di tangan Allah terus dan tidak akan kamu dapatkan.

4. Pilihlah ahklak-nya

ahklak-mulia
image. via www.zalora.com.my

Walaupun memang diajurkan kita untuk memilih jodoh, akan tetapi yang paling di anjurkan adalah pilih pada ahlaknya atau agamanya. Sebab, jika memilih karena cantik atau tampan pada penampilan, maka kasih dan sayang kamu akan luntur bersamaan pudarnya penampilan yang cantik atau tampan tadi. Namun, apabila kamu memilih ahklak, niscaya kamu akan bahagia karena ahklak adalah cerminan dari kualitas agamanya. Rasulullah juga menjamin, dari 4 kriteria jodoh yaitu wajah, harta, keturunan, dan agama, Rasulullah lebih menganjurkan kepada agama.

Simak —> “Saat Melakukan Ta’aruf Jangan Lupa Mengajukan 7 Pertanyaan Ini”

5. Perbanyak bersyukur dan bersabar

bersabar-dan-bersyukur
image. via www.muslimahzone.com

Bersabarlah, dalam menjalani dunia yang sementara ini. Banyak ladang pahala yang di sediakan Allah di bumi ini, demikian juga dengan menghadapi jodoh yang belum datang. Jadikan kesempatan ini untuk senantiasa bersyukur kepada Allah, karena kita masih bisa berusaha untuk mendapatkan jodoh. Sedangkan orang lain belum tentu mempunyai keinginan untuk berusaha. Dengan begitu sambil menyelam, minum air.

Simak —> “Mari Meneladani Cara Ta’aruf Siti Khadijah dan Nabi Muhammad”

Semoga bermanfaat….

Artikel Terkait