5 Hal Penting Yang Harus Diketahui Dari Prosesi Khitbah Yang Benar Dalam Ajaran Islam

prosesi-khitbah

Khitbah adalah sebuah akad, dan sama seperti halnya seluruh akad, harus ada dua pihak yang berakad. Dan dalam khitbah, maka yang berakad adalah pihak yang mengkhitbah dan pihak yang dikhitbah. Kedua belah pihak ini harus memenuhi syarat yang sah untuk melakukan akad. Dalam akad itu harus ada ijab dan juga qabul. Karena tanpa ijab dan qabul, maka akad khitbah itu secara syar’i tidak sah, sehingga tidak melahirkan konsekuensi apapun.

1. Kalimat Ijab Harus Benar dan Jelas

Khitbah tak lain adalah sebuah ajakan untuk menikah. Oleh karena itu khitbah dilakukan dengan tujuan untuk menikah. Kalimat ijab dalam khitbah yang diungkapkan harus mengandung pengertian atau bisa dipahami sebagai ajakan menikah. Tidak harus menggunakan kata menikah. Tetapi bisa diungkapkan dengan kalimat apapun asal mengandung pengertian tersebut dan maksud tersebut.

2. Khitbah Tidak Harus Secara Langsung dan Terang-Terangan

Ingat, di dunia ini ada berbagai macam sifat manusia, dan tidak semua sama. Ada yang pemalu, ada yang mudah berbicara dan ada juga yang pendiam serta sedikit bicara, ada juga yang suka blak-blakan, tapi ada juga yang bertele-tele saat berbicara. Nah, terhadap semua karakter itu, Islam pun memberikan solusi ketika seseorang hendak mengkhitbah atau hendak menyatakan jawaban atas khitbah yang diajukan kepadanya, Islam tidak mengharuskan ijab dan qabul khitbah dilakukan secara terang-terangan dan gamblang. Tetapi bisa juga dilakukan secara halus, atau dengan sindiran. Bahkan untuk jawaban atau qabul bisa diungkapkan dalam bentuk sikap mengangguk atau mungkin diam sebagai tanda menerima.

3. Menetapkan Waktu Pernikahan

Sekalipun kita belum menemukan waktu yang menyatakan masalah penentuan perkiraan menikah, tetapi hal itu merupakan konsekuensi dari diajukannya ajakan menikah atau khitbah. Oleh karena itu ketika seseorang mengungkapkan khitbah, masalah jangka waktu sebaiknya dibicarakan juga pada saat itu. Karena hal itu juga akan menunjukkan keseriusan niat pria tersebut mengajak menikah. Dan mengenai jangka waktu, semakin cepat semakin baik. Hal itu dengan asumsi bahwa si pria mengajukan khitbah tersebut sebagai pilihan sadar yang diambil dengan sejumlah pertimbangan dan dilandasi ‘azam untuk menikah dengan wanita tersebut. Begitu pula wanita tersebut menerima khitbah itu sebagai pilihan sadar dengan sejumlah pertimbangan dan dilandasi ‘azam untuk menikah dan menjadi isteri pria yang mengkhitbahnya itu.

4. Setelah Khitbah Bisa Ta’aruf Dulu

Bagi mereka yang ingin saling mengenal terlebih dahulu sebelum menikah, maka hal ini tentu harus dibicarakan karena menyangkut masalah jangka waktu tersebut. Lamanya jangka waktu itu tergantung berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk proses saling mengenal satu sama lain dan mengambil keputusan lanjut atau tidak. Logisnya, sesuai kewajaran, jangka waktu untuk proses tersebut tidak terlalu lama, mungkin dalam hitungan bulan dan tidak sampai hitungan tahun.

5. Jangan Mengkhitbah Jika Belum Siap Menikah

Perlu diingat ya bahwa khitbah dan ta’aruf ini bukan istilah “pacaran Islami” dan tidak ada pacaran yang Islami. Jadi jangan memanfaatkan atau menjadikan ikatan khitbah untuk mencari legalitas agar bisa berkomunikasi dan berbicara lebih dalam atau curhat dengan wanita yang dikhitbahnya, atau sebaliknya. Karena perilaku seperti ini tidak sejalan dengan ketentuan syara’.

Jadi jika seseorang belum berniat untuk menikah, belum punya kesungguhan untuk menikah, dan belum siap untuk menikah atau belum punya rencana matang untuk menikah dalam waktu yang tidak lama lagi, sebaiknya tidak mengkhitbah seorang wanita. Begitu juga jika seorang wanita belum berniat menjadi isteri dan ibu, belum sungguh-sungguh ingin menikah, masih ingin melajang, belum ingin berkeluarga dan terikat dalam ikatan perkawinan, sebaiknya tidak menerima khitbah dan tidak meminta untuk dikhitbah.

Simak juga “3 Kriteria Yang Bisa Membuat Masa Depanmu Bahagia Bersama Pasangan

Simak juga “Kalau Sudah Siap Jangan Menunda

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait