5 Hal Yang Terjadi Saat Seorang Wanita Menjadi Ibu Baru

Memperlancar-asi

Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh seorang ayah, karena biasanya seorang ayah akan sangat bahagia saat istrinya telah melahirkan anak mereka dengan sehat dan selamat. Ini adalah salah satu hal wajar dan manusiawi. Tapi Ayah sebisa mungkin selalu ingat ya, bahwa seorang wanita yang baru melahirkan, menjadi ibu baru sekaligus istri bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Jadi otomatis seorang ibu baru akan membutuhkan dukungan lebih dari keluarga, terutama suaminya.

Dan, berikut ini hal-hal yang mungkin sekali terjadi dan harus diketahui baik-baik oleh para ayah saat seorang istri baru menjadi ibu:

1. Seorang ibu baru tentu masih sangat minim pengetahui tentang mengurus bayi

wanita-muslimah-pasca-melah
image. via www.metrosiana.com

Ketahuilah para ayah bahwa istrimu yang baru menjadi ibu itu masih sangat awam dalam mengurus bayi. Karena kita tahu melahirkan seorang bayi tidak otomatis membuat seorang istri ahli dalam merawat bayi, sebanyak apapun referensi yang telah di abaca semasa kehamilan. Jadi, meskipun istrimu tetap cool dan percaya diri, ketahuilah bahwa praktek itu tak semudah teori, dan kenyataan jelas tak akan semudah referensi artikel, jadi cobalah ayah pahami itu dengan baik. Ada baiknya ayah juga membaca referensi artikel, agar ayah bisa bekerjasama dengan ibu baru ini untuk merawat si kecil.

2. Menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan

memberi-asi
image. via tipsmemperlancarasi.blogspot.com

Jika kita melihat banyak ibu menyusui dengan tampak sangat mudah, maka sadarilah sesungguhnya menyusui tak semudah apa yang kita lihat. Meski pada dasarnya menyusui bayi memang salah satu wujud naluri seorang ibu. Tetapi, tak semua hal berjalan dengan spontan, perlu juga adanya proses belajar. Dua minggu pertama menyusui bayi mungkin akan menjadi waktu krusial dan bisa menjadi berat bagi seorang ibu menyuui. Ada beberapa kendala yang mungkin bisa terjadi, mulai dari ASI yang belum lancar, produksi ASI sedikit, penempatan bayi yang belum pas, dan masih banyak lagi kemungkinan yang mungkin tak ada dalam teori. Jadi sebagai ayah yang baik, perlu juga mengetahui hal itu dan membantu istri untuk menemukan ritme yang pas agar proses menyusui berjalan dengan lancar.

3. Seorang ibu baru juga membutuhkan istirahat yang cukup agar tetap sehat

muslimah-sedih
image. via plus.google.com

Ayah, ketahuilah bahwa apapun jenis persalinan yang dijalani oleh istri, ia jelas membutuhkan waktu untuk mengembalikan kondisi fisik dan emosionalnya agar kembali stabil. Beri ia kesempatan untuk beristirahat dan menikmati tidur beberapa jam tanpa diganggu. Sementara itu, ayah bisa deh mengambil alih tugas mengurus bayi. Atau sesekali, buatkan istri makanan bergizi untuk memulihkan kondisi fisiknya agar kembali fit. Hal ini jelas akan sangat membantu, apalagi jika ayah memiliki inisiatif yang baik untuk meringankan beban istri tanpa harus diminta terlebih dulu. Hal seperti ini tidak akan menjatuhkan harga diri seorang pria, karena justru ini akan membuat istri semakin menyayangi dan menghargai setiap perhatian yang diberikan. Jangan sesekali membuat istri merasa sendiri menjalani masa-masa pasca melahirkannya.

4. Istri akan lebih merasa ingin diperhatikan daripada sebelumnya

hidup-itu-tak-sempurna
image. via www.storibriti.com

Kelahiran bayi yang membawa kebahagiaan seolah menjadi pusat kehidupan seorang ayah, bahkan semua perhatian keluarga seolah tertuju pada si kecil yang baru lahir. Dan ini lah yang sering terjadi, ibu yang melahirkan kadang dilupakan. Bukannya iri, tetapi ada keinginan seorang istri yang baru melahirkan untuk diperhatikan. Tapi sayangnya istri mungkin sungkan untuk menungkapkan keinginannya itu. Jadi, ayah sebaiknya peka ya, berikanlah perhatian lebih juga pada istri agar hatinya lebih bahagia.

5. Masih ingin dibilang cantik dan seksi

menceritakan-suami
image. via siteinformasi.blogspot.com

Meski kita tahu bahwa seorang wanita hamil ini biasanya mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastic, wajah semakin membulat, kulit berjerawat karena tidak melakukan perawatan, pinggang dan pinggul melebar, bahkan tak jarang beberapa area tubuh menghitam dan ber-stretch mark. Akibatnya setelah melahirkan semua kondisi itu tidak langsung kembali normal.

Dan, bagi seorang wanita hal ini tentu enggan disadarinya, karena akan membuat dia tidak percaya diri lagi. Bahkan seorang istri bisa saja merasa dirinya tak menarik lagi secara seksual di mata suaminya. Nah, pada saat inilah, sebaiknya ayah tidak pelit dengan pujian yang mengatakan bahwa meski sudah jadi ibu-ibu, atau istri masih terlihat cantik dan seksi. Hal ini pasti membuat istri bahagia dan melayang dibuatnya, tapi ingat nyatakan semua itu dengan tulus.

Simak juga “9 Langkah Sukses Jadi Ayah Asi

Simak juga “Hidup Itu Tak Harus Selalu Menjadi Sempurna

Semoga bermanfaat….

Artikel Terkait