5 Kewajiban Istri Kepada Suami Ini Jangan Sampai Terlupakan

minta-ijin-suami

Tak hanya suami yang memiliki kewajiban kepada istrinya, tetapi sang istri juga memiliki kewajiban kepada sang suami yang tidak boleh dilupakan. Karena hubungan pernikahan adalah ikatan dua orang yang saling member dan saling menerima. Rasulullah bersabda,

“Seandainya aku memerintahkan seseorang untuk sujud pada yang lain, maka tentu aku akan memerintah para wanita untuk sujud kepada suaminya karena Alla telah menjadikan begitu besarnya hak suami yang menjadi kewajiban istri.” [HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad]

Jadi, setelah kamu mengetahui ada sederet kewajiban suami terhadap istri, maka akan lebih sempurna sebuah hubungan jika kewajiban istri terhadap suami pun dapat terpenuhi, karena kedua hal ini saling berkaitan. Kewajiban seorang suami terhadap istrinya adalah hak yang harus diperoleh istri dan sebaliknya jika kewajiban istri terhadap suami adalah hak yang harus didapatkan oleh seorang suami.

Nah, buat kalian para calon pasangan yang sudah siap untuk menikah, maka ketahuilah 5 hal yang menjadi kewajiban seorang istri solehah kepada sang suami.

1. Taatilah Perintah Seorang Suami

Dikisahkan, pada saat Ibunda ‘Aisyah tertimpa ujian tuduhan dusta, ia ingin pulang ke rumah ayah bundanya. Ia tidak langsung pulang begitu saja, tetapi meminta izin dulu kepada suami. Ia bertanya, “Apakah Anda (wahai Rasulullah) mengizinkan saya untuk mendatangi kedua orang tua saya?” [HR. al-Bukhari no. 3826]

Seorang istri yang solehah adalah seorang istri yang mau menaati perintah suaminya, jadi kalau kamu kelak menjadi seorang istri, maka kamu memiliki kewajiban untuk menaati perintah suamimu jika kamu memang ingin menjadi istri solehah.

Namun ingat bahwa tidak semua perintah harus di taati. Karena jika suami memerintahkan hal yang dilarang oleh Allah dan rasul-Nya dan berupa perkara maksiat, maka jangan pernah melakukannya. Jadi lakukan dan taatilah perintah suami yang baik-baik saja.

2. Jangan Pernah Keluar Rumah Tanpa Ijin Suami

Seorang istri yang solehah dan taat kepada suami, wajib untuk meminta ijin saat hendak bepergian kemanapun, dan jangan pernah keluar rumah tanpa mengantogi ijin dari suamimu. Karena umat muslim percaya bahwa jika seorang istri keluar dari rumah tanpa ijin suami, maka itu adalah salah satu bentuk pembangkangan.

Dikisahkan, “Seorang lelaki yang keluar bermusafir telah berpesan kepada istrinya agar tidak turun (keluar rumah) dari tingkat atas ke tingkat bawah. Bapak istrinya itu, yang tinggal di tingkat bawah, lalu jatuh sakit. Kemudian istrinya mengutus seorang perempuan kepada Rasulullah SAW agar memberi izin kepadanya turun untuk menziarahi bapaknya yang sedang sakit. Nabi SAW mengatakan, ‘Taatilah suamimu.’ Sampai suatu ketika sang ayah pun wafat. Si istri lalu mengutus lagi seseorang kepada Rasulullah. Nabi SAW mengatakan, ‘Taatilah suamimu.’ Jenazah bapaknya pun dikebumikan. Lalu Rasulullah SAW mengutus seseorang kepada si istri untuk memberitakan bahwa Allah telah menghapuskan dosa-dosa bapaknya lantaran ketaatannya kepada suami.”

3. Taatlah Kepada Suami Ketika Di Ranjang

Pemenuhan kebutuhan biologis adalah salah satu hal yang dianjurkan bagi sepasang suami istri, karena hal itu menjadi salah satu bentuk ibadah pada Sang Pencipta. Jika berada dalam kondisi yang sehat dan tanpa halangan, maka seorang istri wajib memenuhi kebutuhan biologis sang suami dengan taat.

Dari Abu Hurairah Nabi saw bersabda: “Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu subuh.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk itu, istri haruslah dapat memenuhi kebutuhan suami di atas ranjang terkecuali ada udzur seperti sakit, haidh, nifas, dan lain-lain maka bicarakanlah secara baik-baik dengan suami.

4. Tidak Mengizinkan Orang Lain Yang Tidak Dikenal Masuk Ke Rumah Tanpa Ijin Suami

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, Hak kalian (para suami) atas mereka (para istri) adalah mereka tidak memasukkan seorangpun yang tidak kalian sukai ke rumah kalian. Jika mereka melakukannya, pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menimbulkan bekas.” [HR. Muslim no. 1218]

Suami adalah kepala keluarga, perintahnya yang baik wajib ditaati oleh seorang istri, dan istri wajib meminta ijin dalam segala hal kepada suami karena ini adalah salah satu bentuk seorang istri menghargai seorang suami. Termasuk juga tidak mengijinkan seseorang asing masuk ke dalam rumah jika tidak diijinkan oleh suami. Hal ini secara logika juga menyangkut pada keselamatan keluarga yang menjadi tanggungjawab dan kewajiban seorang suami untuk menjaganya.

5. Tidak Berpuasa Sunnah Tanpa Izin Suami

Berpuasa adalah sebuah ibadah, namun jika seorang istri berpuasa sunnah tanpa ijin dari suami, maka ia telah melakukan keharaman. Mengapa bisa begitu?

Tidak halal bagi istri berpuasa (sunnah, –pen.) dalam keadaan suaminya ada di rumah, kecuali dengan izin sang suami. [Hadits shahih, riwayat al-Bukhari 7/39, Muslim dengan syarah an-Nawawi 7/115]

Karena istri yang berpuasa sunnah tanpa ijin dari suami itu artinya ia telah melalaikan hak suami yang menjadi kewajiban istri. Karena kewajiban mentaati suami adalah hal yang wajib dan harus diutamakan melebihi hal yang sunnah.

Sekian 5 kewajiban istri kepada suami, semoga kita semua bisa melaksanakannya dengan baik. Meskipun mungkin terdengar sepele, namun akan berdampak besar dalam kehidupan berumah tangga. Dan saling menghargai hak dan kewajiban kedua belah pihak adalah salah satu kunci menuju kehidupan pernikahan yang di Ridhoi oleh Allah SWT.

Simak juga —> “7 Kewajiban Suami Kepada Istri Ini Jangan Sampai Terlupakan”

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait