5 Langkah Melakukan Ta’aruf Dengan Hasil Terbaik



Sekarang bukan jamannya lagi pacaran, PHP-an, putus, dan galau-galauan lagi. Karena ini saatnya Ta’aruf, menjalani proses penjajakan dengan tujuan utamanya adalah pernikahan. Setelah sebelumnya kita membahas menganai alasan kenapa kini saatnya kita untuk Ta’aruf, maka di artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Ta’aruf. Seperti kita tahu bahwa proses Ta’aruf bukanlah proses yang akan dilakukan dalam waktu yang lama, melainkan proses penjajakan yang singkat, namun hasilnya maksimal. Mau tahu apa saja tahapannya kan, mari kita simak bersama 5 langkah melakukan Ta’aruf dengan hasil terbaik.

1. Persiapan Diri Sebaik Mungkin

sakinah keluarga

Ta’aruf bukanlah proses yang main-main lagi, karena tujuannya sudah jelas, yakni pernikahan dan membangun keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah. Karena itulah, persiapkan dirimu sebaik mungkin saat kamu memutuskan untuk berta’aruf. Saat kamu memutuskan untuk melakukan Ta’aruf, maka bersiaplah sebagai calon pengantin, baik itu suami atau istri.

Kesiapan itu meliputi kesiapan mental, ilmu, finansial, psikologis dirimu dengan sebaik-baiknya. Tak ada salahnya juga kamu memperbanyak menghadiri seminar dan kelas pranikah yang akan sangat bermanfaat untuk dirimu dan pasanganmu kelak.

2. Persiapan Orang Tua Juga Penting Untuk Dilakukan

nikah-taaruf

Ingatlah bahwa pernikahan itu bukan hanya tentang kalian berdua, tetapi juga penyatuan dua buah keluarga besar dan yang paling utama kamu harus dapat meyakinkan orang tuamu bahwa kamu akan menjalani Ta’aruf, dan jangan lupa meminta restu darinya.

Bahkan kalau boleh kamu malah bisa meminta bantuan orang tuamu untuk menentukan calon pasangan, tapi ingat kalua ini bukan perjodohan. Dan orang tua tidak akan memaksamu dengan pilihan mereka, hanya membantu memilihkan saja. Karena ajika orang tua sudah memberikan restu, kemungkinan untuk berhasil menemukan jodoh terbaik ini akan sangat besar peluangnya.

3. Buat Proposal Ta’aruf Sebaik Mungkin

Proposal Ta'ruf

Pembuatan proposal atau resume dalam prosesi Ta’aruf ini akan sangat penting dilakukan, karena itu akan menjadi panduan untuk kamu dan calon pasanganmu menemukan kecocokan. Namun sebagai syarat utama, apa yang kamu tulis adalah hal yang sebenar-benarnya, tidak ada kebohongan, dan semuanya realistis.

4. Temukan Pendamping atau Perantara Ta’aruf Yang Tepat

perantara-ta'aruf

Prosesi Ta’aruf jelas akan menghindarkanmu dari zina dan fitnah, karena dalam Ta’aruf ini ada yang namanya perantara, dimana ia akan menyampaikan informasi yang dibutuhkan dan perlu diketahui oleh dua belah pihak. Dan hanya melalui perantara itu lah pasangan Ta’aruf akan mendapatkan informasi satu sama lain. Biasanya yang menjadi perantara adalah guru ngaji atau guru spiritual dari salah satu pihak, dan dia bisa bertindak secara objektif dan juga jujur.

5. Observasi Mendalam Sebelum Ta’aruf

pra-ta'aruf

Observasi pra-ta’aruf ini sangat penting untuk dilakukan, karena akan berfungsi untuk menggali sebanyak-banyaknya informasi penting mengenai sosok yang sekiranya cocok dengan kriteria yang kamu dan  juga orang tuamu. Setidaknya Ta’aruf bukanlah “beli kucing dalam karung”, jadi jangan sampai menyesal kemudian hari.

Dan perlu kamu tahu bahwa menemukan dia yang terbaik bisa melalui berbagai cara, dan jika memang kamu sudah mantap dengan pilihanmu, kamu bisa langsung memberitahu pada perantara yang kamu percaya.

Artikel Terkait