5 Posisi Ini Bisa Membantu Dalam Proses Persalinan

Proses-persalinan

Proses melahirkan bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, karena menjelang persalinan biasanya seorang ibu hamil akan merasakan kontraksi di rahimnya, seperti munculnya rasa menyakitkan atau rasa nyeri pada punggung. Namun rasa tidaknyaman itu bisa diatasi dengan mengubah posisi tubuh. Nah, berikut ini ada beberapa posisi tubuh yang tepat dan pastinya bisa membantu ibu hamil dalam proses melahirkan buah hati ke dunia dengan lebih mudah. Silahkan mencoba:

1. Berdiri atau Berjalan

berdiri-atau-berjalan
image. via www.the-alvianto.com

Saat ibu hamil sudah mulai merasakan tanda-tanda ingin melahirkan, bumil pada umumnya dmungkin berpikir bahwa hal terbaik yang bisa membuatmu nyaman adalah dengan berbaring di tempat tidur. Tapi sayangnya pemikiran itu kurang tepat. Jadi ibu hamil bisa membiarkan tubuh tetap tegak, karena ini dapat membantu ibu hamil mengatasi kontraksi dan sekaligus membuat janin lebih siap menjalani persalinan. Menurut penelitian, waktu persalinan juga bisa lebih cepat jika kamu memakai obat bius epidural untuk mengurangi rasa sakit, lalu membawanya berjalan dan berdiri.

“Jika saat berdiri atau berjalan-jalan ibu hamil mengalami kontraksi, ibu hamil bisa menyandarkan tubuh pada suami atau memeluknya. Selagi melakukan posisi ini, ibu hamil bisa meminta pasangan suami untuk mengusap punggung yang sakit.”

2. Lakukan Posisi Merangkak

memperlancar-persalinan
image. via bundamuna.wordpress.com

Posisi merangkak ini bisa kamu lakukan di atas tempat tidur atau di lantai yang beralaskan matras. Posisi merangkak namun tetap diam di tempat ini memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil yang akan melakukan proses persalinan, antara lain adalah untuk meredakan rasa sakit pada punggung, asupan oksigen ke bayi yang meningkat, dan membuka rongga panggul ibu hamil.

“Jika posisi kepala bayi dalam kandungan tidak normal, maka posisi ini bisa membantu mengembalikanya ke posisi yang benar.”

3. Bersandar di Kursi

bersandar-di-korsi
image. via pianphotograph.blogspot.com

Ibu hamil yang sedang merasakan kontraksi menjelang persalinan ini bisa duduk mengangkang menghadap sandaran kursi. Lalu cobalah untuk menyandarkan kepala di ujung sandaran kursi tersebut. Posisi ini sangat mungkin bisa membuat punggung terasa lebih baik.

4. Duduk Mengangkat Satu Kaki

wanita-hamil
image. via otherhalf-salisarrahmi.tumblr.com

Saat merasakan kontraksi menjelang persalinan, ibu hamil bisa menyiapkan dua kursi untuk duduk. Letakkan badan di kursi satu dan cobalah bersandar dengan rileks. Lalu kursi kedua dipakai untuk menopang satu kaki yang diluruskan.  Meregangkan dan memperpanjang kaki mungkin dapat memutar atau membuat bayimu turun ke jalan lahir.

5. Berbaring Memiringkan Tubuh

merebahkan-diri
image. via pianphotograph.blogspot.com

Berbaring dengan memiringkan tubuh ini bisa membuat ibu hamil merasa rileks dan meredakan rasa sakit. Saat berbaring di sisi tubuh bagian kiri, selipkan bantal di antara lutut. Hal ini bisa memberi kenyamanan pada ibu hamil yang sedang merasakan kontraksi. Selain itu berbaring di sisi kiri tubuh bisa mendukung peredaran darah. Posisi ini bisa diterapkan pada penghujung tahapan pertama persalinan, sebelum menuju proses tahapan kedua yaitu mengejan.

Simak juga

8 Pertanyaan Ini Memang Sungkan Ditanyakan Pada Dokter Kandungan

3 Cara Ini Bisa Membuat Wanita Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Waspadai Hal-hal Yang Bisa Menyebabkan Pendarahan Saat Hamil

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait