5 Tips Mengajarkan Anak Cara Mengolah Uang

mengajarkan-anak-mengatur-uang

Ketika lebaran tiba, bagi anak-anak suasana tersebut identik dengan ‘salam tempel’ atau tradisi bagi-bagi uang di hari raya. Tradisi pemberian salam tempel ini sebagai budaya, bukan merupakan kewajiban. Salam tempel sendiri tidak dianjurkan untuk menerapkan kebiasaan ini di dalam keluarga. Tradisi ini diakibatkan beliau masih tidak mampunyai anak-anak untuk mengolah uang yang dimilikinya. Jadi, ternyata mengenalkan konsep keuangan pada buah hati itu penting, berikut beberapa tips yang bisa bunda praktekkan:

1. Ajari dasar hitung-hitungan

mengajari-anak-berhitung
image. via tribratanewskendal.com

Perhitungan disini tidak harus diajarkan dengan cara yang rumit, kamu bisa mengajarkan anak hitung-hitungan dengan bermain.

2. Berikan anak celengan

anak-menabung
image. via female.kompas.com

Ajarkan anak untuk menabung dengan memberikan celengan yang menarik dan lucu. Agar anak bersemangat untuk mengisi celengan, kamu bisa tentukan tanggal kapan celengan tersebut boleh dibuka sehingga anak tahu jelasnya kapan dia bisa menerima hasil dari tabungannya tersebut.

3. Ajak anak ke bank

anak-ke-bank
image. via muazzahmuhammad.blogspot.com

Kenalkan anak dengan bank, ajak ia untuk berbicara dengan teller atau petugas bank agar anak mempunyai pengetahuan menganai bagaimana cara menabung di bank atau bahkan manfaat menabung.

4. Motivasi anak dengan membuat rencana belanja dengan tabungannya

anak-belajar-nabung
image. via joglosemar.co

Rencanakan dengan anak bagaimana ia akan menggunakan uang tabungannya tersebut. Hal ini akan menyemangati anak untuk terus menabung agar dapat segera menggunakan uang tabungannya tersebut. Anak juga akan menjadi seorang yang tak boros karena mulai belajar mengatur bagaimana mengelola uang walau sederhana .

5. Ajarkan anak untuk beramal

anak-beramal-baik
image. via www.kancilku.com

Anak-anak secara alami sudah punya naluri untuk membantu orang lain. Ajarkan anak untuk tidak menghabiskan tabungannya hanya untuk membelanjakan kebutuhan dan keinginannya saja, namun ajarkan buah hati untuk menyisakan dari tabungannya untuk membantu anak-anak lain yang membutuhkan.

Anak belajar lebih cepat dengan mencontoh, jadilah contoh yang baik untuk buah hati dengan mengolah keungan secara bijaksana.

Simak juga

6 Nasihat Bijaksana Luqman Al-Hakim untuk Anaknya

5 Tips Agar Orangtua menjadi Madrasah Pertama Bagi Anak-anaknya

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait