5 Tips Saat Memilih dan Memberikan Nama Bayi

bayi-bahagia

Bagi kalian, Ayah dan Bunda yang sedang menunggu kelahiran si buah hati, pasti akan merasakan beragam perasaan yang bahagia sekaligus dag dig dug. Karena menurut beberapa pengalaman akan ada sensasi bahagia tersendiri menjelang lahirnya seorang anggota baru di keluarga. Banyak persiapan yang dilakukan orang tua untuk menyambut kelahiran bayi, mulai dari mempersiapkan perlengkapan bayi, kamar bayi, kebutuhan finansial, dan tak pernah terlupakan adalah mempersiapkan nama untuk calon anggota baru keluarga.

Yups, nama adalah salah satu bagian penting dalam diri seseorang. Nama adalah doa, identitas, dan harta yang akan melekat pada diri seseorang, mulai dari dia bayi hingga dewasa dan meninggal. Oleh karena itu, tak heran jika para calon orang tua banyak membaca buku hanya untuk mencari nama terbaik bagi anaknya kelak. Nah, sebelum memutuskan nama apa yang akan disematkan pada si buah hati ini, berikut ada 5 tips yang akan memudahkan ayah dan bunda untuk menentukan nama terbaik bagi si kecil.

1. Daftar Nama Yang Akan Dipilih

Nama-Nama-Bayi-Islam

 

Biasanya, orang tua akan menyiapkan dua jenis nama, laki-laki dan nama untuk perempuan, hal itu penting, karena kita belum tahu bayi berjenis kelamin apa yang akan terlahir. Pasalnya selama ini, hasil USG juga kadang tidak akurat, jadi tak ada salahnya mempersiapkan dua jenis nama. Untuk pemilihan daftar nama ini, biasanya dikategorikan lagi dalam beberapa kelompok, seperti nama barat, sansekerta, tradisional, islami, dll. Ini biasanya akan dipermudah jika ayah bunda sudah menyiapkan buku daftar nama yang kini banyak di jual di toko buku.

2. Jangan Lupa Konsultasi Dengan Ahlinya

Anak-shaleh

Hal ini penting, karena setelah kita memilih nama apa yang akan diambil, kita perlu mengetahui apakah arti dan historis dari nama itu. Semisalnya saja, ayah dan bunda mengambil nama islami, maka ada baiknya menanyakan mengenai arti nama itu kepada ulama atau orang yang memang mengetahui mengenai agama Islam secara mendalam. Jadi kalau mengenai ini, jangan langsung percaya dengan buku kumpulan nama ya, karena biasanya buku kumpulan nama hanya memberikan makna secara singkat dan umum saja.

3. Teliti Dalam Memilih Nama

anak-laki-laki

Nama adalah sebuah doa, jadi jangan asal memberi nama. Cobalah untuk lebih teliti dalam memilih nama, misalnya saja mengambil nama dari Al-Quran karena di dalam kitab suci itu berisi berbagai surat yang baik, lalu nama Al-Baqoroh diambil untuk dinamakan pada si kecil, padahal usut punya usut, Al-Baqoroh artinya sapi betina jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Jadi, ingatlah, meski nama itu diambil dari kitab suci, namun tetap ayah dan bunda harus mencari tahu dahulu arti dan maknanya, karena akan sangat percuma sekali nama yang terdengar bagus namun artinya kurang bagus.

4. Sharing Dengan Calon Orang Tua Lain

bayi-wanita-muslimah

Sharing adalah salah satu cara untuk memecah kebuntuan. Karena dengan berbagi cerita, kemungkinan untuk munculnya ide-ide baru lebih besar dibandingkan ayah dan bunda hanya berpikir sendiri. Jangan lupa juga untuk meminta saran dari orang tua, karena bagaimanapun biasanya calon nenek dan kakek pasti ingin memiliki andil bagi cucu barunya, meski hanya sedikit mereka pasti akan sangat senang untuk membantu mencarikan ide nama yang baik dan menarik.

5. Percaya Diri Sebagai Calon Orang Tua

orang-tua-bahagia

Ayah dan bunda, mungkin akan merasakan hal ini. Merasa kurang yakin dengan nama yang akan diberikan dan hanya dipendam saja tanpa pernah diucapkan karena merasa ragu. Mungkin terlalu memikirkan bagaimana pendapat orang nantinya saat mendengar nama pemberian kita. Kalau namanya terlalu islami, khawatir dikira sok alim. Kalau namanya modern, takut dikira sok bergaya, dll. Banyak pikiran-pikiran yang muncul dalam benak kita sebagai calon orang tua yang akan memberikan nama pada buah hatinya.

Cobalah untuk menyingkirkan pemikiran-pemikiran itu, karena proses brain storming untuk memberikan nama pada makhluk baru ini adalah sebuah proses, sampai pada akhirnya kita menemukan nama terbaik yang akan disematkan seumur hidup pada si kecil.

Semoga bermanfaat…