5 Ungkapan Cinta Inilah yang Harus Kamu Katakan Pada Anak-anakmu Setiap Hari

menghargai-anak

Sebagai orang tua, kamu harus sadar bahwa setiap kalimat yang kamu ucapkan setiap hari dan setiap kata yang kamu katakan pada anak-anakmu, akan membekas pada mereka. Berdampak pada perkembangan kepribadian dan juga sikap mereka terhadap dunia di sekitar mereka. Oleh karena itu, tak ada salahnya mulai mengoreksi apa yang kamu ucapkan setiap hari.

Kebahagiaan anak adalah hal paling penting. Akan lebih baik jika mereka bahagia karena ungkapan sehari-hari yang kamu tujukan kepada mereka. Sesibuk apapun kamu, jangan lupa selalu ungkapkan rasa cintamu pada mereka. Tak hanya lewat tindakan, namun juga lewat ucapan seperti berikut ini.

1. “Aku percaya kepadamu”

tanggung-jawab-orangtua
image. via sdmtponorogo.com

Sebagai orang tua, harus bisa menjaga percaya diri anak. Baik dengan perbuatan ataupun ucapan. Meski hal yang jarang dia lakukan dia hadapi, tapi cobalah percayakan padanya. Agar dia merasakan tanggung jawab dan mampu melaksanakan kepercayaan dengan baik sejak dini. Dengan begitu, anak kamu terbiasa dengan hal-hal yang menantang.

2. “Kamu kuat, Jangan menyerah!”

berbakti-pada-orangtua
image. via www.gbi-bethel.org

Ketika anak kamu menghadapi sesuatu yang menantang, cobalah sebagai orangtua memberi semangat dan memberikan dukungan dalam hal itu bisa kamu ucapkan kamu kuat, jangan menyerah!. Dengan begitu anak kamu mampu menghadapi tantangan dengan modal dorangan motivasi kamu sebagai orangtua.

3. “Bagaimana harimu?”

anak-sayang-pada-orangtua
image. via adarmalenggana.wordpress.com

Anak kamu dalam keseharian pasti mengalami banyak hal. Baik suka dan duka, dan yang perlu kamu perhatikan ialah dukanya. Kenapa begitu? Karena duka itu adalah pelajaran yang harus kamu jadikan motivasi baginya.

4. “Aku ada di sampingmu”

mempercayai-anak
image. via soorah3.rssing.com

Selain sebagai orangtua, kamu juga harus menjadi sahabat baginya. Menjadi tempat ia untuk menuangkan perasaannya baik kecewa maupun bahagia. Sepantasnyalah sebagai orangtua mengucapkan aku selalu ada disampingmu, maka dengan begitu seorang anak akan mampu menghadapi apapun dengan adanya kamu.

5. “Aku bangga denganmu”

Usia-balita
image. via rhardhani.wordpress.com

Sekecil apapun sesuatu yang dicapai oleh anakmu, tetap harus kamu hargai. Menghargai nya tak perlu dengan materi yang mempunyai nilai tinggi. Namun, hargailah dengan ucapan aku bangga denganmu. Pastinya, anak kamu akan merasakan bahwasanya orangtua ikut bangga dengan pencapaianya. Itu saja cukup, bila perlu terus semangati dia agar terus meningkatkan pencapaian nya.

Simak juga “4 Cara Jitu Untuk Membangun Motivasi Anak Sejak Dini

Simak juga “Antara Belajar atau Bermain? Ini Yang Harus Dilakukan Saat Anak Memasuki Pra Sekolah

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait