6 Cara Ini Membuat Produksi ASI Berlimpah

Memperlancar-asi

Daun katuk sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tanaman alami yang bisa membuat produksi ASI melimpah ruah. Bahkan karena keampuhannya, daun katuk yang biasanya diolah menjadi berbagai olahan makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui pun kini sudah ada ekstraknya dalam kapsul yang dijual di pasaran.

Namun, tahukah ibu, bahwa tak hanya daun katuk saja loh yang bisa membuat produksi ASI ibu melimpah.

1. Perbanyak Konsumsi Sayuran Berwarna

sayuran-buat-ibu-hamil
image. via arisi95.blogspot.com

Sebenarnya produksi ASI yang melimpah itu tergantung dari seberapa sering bayi mengkonsumsi ASI, jadi semakin sering bayi ibu menyusu, maka itu akan merangsang aliran ASI yang deras dari payudara ibu. Dan ibu sangat disarankan untuk makan sayuran berwarna selama masa menyusui, karena selain kaya akan vitamin sayuran berwarna juga terbukti mampu meningkatkan produksi ASI, khususnya sayuran berwarna hijau dan jingga seperti kangkung, wortel, tomat, atau bayam.

2. Banyak Konsumsi Sumber Protein

tumis-tempe
image. via www.kaskus.co.id

Ibu, perbanyaklah konsumsi sumber protein saat masa menyusui ya, sumber protein yang dikonsumsi itu bisa protein nabati maupun hewani yang berupa Ikan, telur, tempe, tahu, atau kacang hijau serta kacang merah. Itu semua sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui terutama untuk memastikan produksi ASI tetap lancar dan juga berlimpah.

3. Banyak Konsumsi Buah Segar

buah-seger
image. via www.dikbee.com

Tak hanya sayuran, buah-buahan segar juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Ada banyak pilihan buah segar di sekitar kita yang bisa dipilih, dan supaya penyerapan vitamin dan juga nutrisi yang terkandung didalamnya bisa terserap dengan baik, alangkah baiknya buah dikonsumsi 20 sampai 30 menit sebelum jam makan atau 2 hingga 3 jam setelah makan.

4. Minum 2 Liter Air Per Hari

minum-air-putih
image. via www.muslimahidaman.com

Air, ini adalah hal yang paling penting, apalagi jika ibu sedang hamil, pastikan jangan sampai lupa minum. Karena ibu menyusui, harus memastikan bahwa jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh kurang dari 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

5. Hindari Stres dan Lelah Berlebihan

ibu ceria
image. via www.republika.co.id

Jika makanan sebagai factor eksternal sudah dilengkapi, maka lengkapi juga factor internal agar hasilnya sempurna. Faktor psikis dan juga jiwa yang tenang dari seorang ibu menyusui akan sangat berpengaruh pada produksi ASI. Jadi, hindarilah stress dan lelah yang berlebihan, karena stress dan kelelahan biasanya menjadi faktor yang sering menghambat produksi ASI. Jadi berusahalah untuk tetap bahagia dan ceria dalam setiap situasi, agar produksi ASI ibu tetap berlimpah.

6. Pemijatan Payudara

pemijatan-payu-dara
image. via www.wanitamakassar.com

Tak hanya soal makanan dan perasaan dari seorang ibu yang menyusui yang harus diperhatikan. Melakukan perawatan payudara juga penting loh untuk dilakukan, jadi ibu bisa melakuan pemijatan payudara untuk memperlancar saluran ASI. Karena payudara yang dirawat dengan baik akan terhindari dari beberapa masalah yang bisa menghambat keluarnya ASI dengan lancar seperti sumbatan ASI, putting yang lecet, peradangan pada payudara atau mastitis. Jadi jika payudara sehat, maka jelas saja proses menyusui akan lebih menyenangkan dan produksi ASI yang melimpah.

 Simak juga

Ini 3 Alasan Kenapa Makanan Pendamping ASI Baru Boleh Diberikan Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

6 Tips Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Secara Normal dan Lancar

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait