6 Kiat Cerdas Untuk Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Muda



Kehamilan merupakan momen paling berkesan dan membahagiakan bagi kehidupan wanita dalam membangun rumah tangga. Hal ini karena memiliki buah hati akan menambah keceriaan serta warna baru ditengah-tengah pernikahan.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang bertengkar dan akhirnya berpisah akibat tidak kunjung dikaruniai anak. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi sebab masalah reproduksi bisa diatasi dengan beragam cara yang ampuh.

Memasuki masa kehamilan tahap pertama biasanya ibu hamil akan dihadapkan dengan berbagai keluhan. Kondisi tersebut merupakan bentuk adaptasi dan perubahan harmoni kehamilan. Pada trimester pertama biasanya ibu hamil mengalami masa-masa yang disebut dengan ngidam.

Disamping itu, keluhan yang pada umumnya dialami yaitu sesak nafas saat hamil muda. Mengapa bisa demikian? Penyebabnya tentu saja kehadiran janin didalam rahim yang memberikan tekanan dan mendorong diafragma sehingga membuat Anda bernafas menjadi lebih cepat dari yang seharusnya.

Biasanya kondisi ini juga diperparah jika Anda mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. Kondisi seperti ini mungkin cukup menyiksa ibu hamil dan membuatnya merasa tidak nyaman.Namun Bunda tidak perlu khawatir karena apa yang dialami merupakan hal yang wajar dan normal.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir ketidaknyamanan tersebut. Apa saja langkah yang bisa dilakukan? Berikut ini penjelasannya.

1. Ubah posisi

kenyamanan
image. via www.ibumanja.com

Nah, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tersebut yaitu dengan mengubah posisi. Sebaiknya Anda posisikan tubuh senyaman mungkin sehingga lebih leluasa dalam bernafas.

2. Rileks

muslimah-hamil-rileks
image. via m.cumicumi.com

Pada waktu hamil, biasanya banyak wanita yang merasa khawatir dan tegang sehingga hal ini justru memicu kesulitan bernafas. Oleh karena itu, mulailah untuk bersikaf rileks dan santai sejenak. Hilangkan semua pikiran yang bisa mengganggu dan membuat Anda merasa tegang.

3. Tidur Dengan Posisi Yang Tepat

posisi-istirahat
image. via pianphotograph.blogspot.com

Usahakan pada waktu tidur dengan posisi yang tepat supaya paru-paru tidak terhambat untuk proses sirkulasi udara. Gunakan posisi tidur menyamping dan ciptakan keadaan senyaman mungkin.

4. Latihan Pernafasan

latihan-pernapasan
image. via www.hariandepok.com

Dengan melakukan latihan pernafasan secara rutin dan teratur maka akan membantu meredakan sesak nafas pada waktu hamil muda. Dengan latihan pernafasan maka akan membantu melonggarkan ruang pada tulang rusuk. Mulailah untuk membisakan diri melakukan pernafasan selama 10 menit per harinya.

Latihan pernafasan akan membuat kinerja paru-paru berjalan normal dan lancar. Selain itu, hal ini juga akan membuat Anda semakin rileks dan menikmati masa-masa kehamilan.

5. Pola Makan Sehat dan Air Putih

pola-sehat
image. via ilmu-mania.blogspot.com

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi selama hamil. Kurangi atau bahkan hindari jenis makanan yang tinggi kadar garam dan gula serta lemak. Makanan jenis tersebut bisa menyebabkan Anda semakin kesulitan untuk bernafas.

Konsumsi makanan seperti sayur-sayuran, daging merah, telur dan buah-buahan seperti jeruk, anggur, kiwi, maupun stroberi. Dengan makanan yang kaya akan antioksidan sangat membantu Anda untuk bernafas dengan nyaman.

Selain itu, penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih secukupnya. Minimal 2 liter per hari secara teratur dan rutin. Kebutuhan cairan yang tercukupi akan membuat sirkulasi darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh akan berlangsung dengan normal.

6. Olahraga

olahraga-ibu-hamil
image. via dompetdhuafabanten.blogspot.com

Nah, langkah penting yang selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga ringan khusus ibu hamil. Dengan olahraga maka akan memperlancar sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh. Selain itu juga akan membuat paru-paru Anda lebih sehat.

Simak juga

6 Tips Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Secara Normal dan Lancar

5 Posisi Ini Bisa Membantu Dalam Proses Persalinan

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait