6 Persiapan Perlu Dilakukan Sebelum Menikah Bagi Muslimah

Sebelum-menikah

Pernikahan adalah bersatunya muslim dan muslimah dalam ikatan yang halal dan sah secara agama dan hukum, dan baiknya hanya dilakukan seumur hidup. Oleh sebab itu, patutlah seorang muslimah menginginkan pernikahan dengan sangat berkesan, bahkan tidak akan terlupakan oleh ingatan. Untuk itu, supaya pernikahan lebih berkesan tentunya banyak sekali yang harus dipersiapkan, mulai dari perisapan duniawi sampai persiapan uhrowi.

Agama telah mengajarkan kepada kita untuk melengkapi separuh dari agama dengan menikah. Oleh sebab itu, menikah adalah bentuk komitmen seumur hidup dan juga merupakan ibadah. Dalam hal ini, tentunya persiapan yang matang perlu sekali di persiapkan oleh seorang muslimah dalam pernikahan. Berikut ini beberapa ulasan persiapan yang perlu dilakukan oleh muslimah sebelum menikah.

1. Siap menjadi istri yang baik

menjadi-istri-yang-baik
image. via ulfahuswatunhasanah.wordpress.com

Pernikahan adalah suatu jembatan untuk mempertemukan seorang muslim dan seorang muslimah, bersatu dalam ikatan yang hala dandiridhoi Allah. Sebagai muslimah, tentunya mengharapkan yang akan menjadi imam adalah seorng yang baik dan shaleh. Allah berfirman yang artinya.

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik….” [QS An-Nuur: 26]

Sebagaimana ayat di atas, Allah telah berkata bahwa yang baik dipasangkan dengan yang baik, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, seorang muslimah harus senantiasa memperbaiki diri sebaik mungkin, agar mendapatkan imam yang baik dan shaleh.

2. Menjadi pendamping dalam membangun bahtera rumah tangga

menjadi-pendamping-yang-baik
image. via jejeradio.com

Menikah mengharuskan kita untuk melahirkan generasi baru yang shaleh dan shaleha. Persiapkan diri dengan banyak mempelajari agama, baik dari buku, dan bertanya pada orang yang paham agama. Agar nantinya mampu membantu imam dalam rumah tangga dalam mendidik dan mengasuh anak.

3. Menjadi pribadi yang baik

muslimah-yang-baik
image. via cyberdakwah.com

Ketika kamu menikah, itu berarti kamu tidak hidup sendirian lagi. Akan ada seorang lelaki yang menuntun hidup dalam bahtera rumah tangga. Untuk itu, belajarlah untuk terbuka, menerima semua perbedaan saat berumah tangga nanti. karena dengan kepribadian yang baik pada akhirnya akan membawa kebahagiaan rumah tangga sakinah mawadah warahmah.

4. Mempersiapkan kesehatan

cek-kesehatan
image. via www.merdekasiana.com

Setelah menikah, tentunya seorang muslimah akan mengandung dan melahirkan generasi yang shaleh dan shaleha.  Untuk itu, sebelum menikah ada baiknya kamu tingkatkan lagi kesehatan dengan memeriksa kedokter dan menjaga asupan makanan dengan makanan yang sehat serta bergizi.

5. Mampu mengatur kebutuhan rumah tangga

memenuhi-kebutuhan
image. via citra-diary.blogspot.com

Ketika mejalankan pernikahan, seorang muslimah harus mampu membantu mengatur rumah tangga sebaik mungkin. Baik dalam mendidik anak maupun dalam mengatur rumah tangga. Seorang istri juga harus mampu mengatur keuangan rumah tangga, agar dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan kabutuhan rumah tangga.

6. Siap mendampingi suami bersosial

pendamping-suami
image. via www.ataliapraratya.com

Saat kamu sudah menikah, status yang selama ini single akan berubah menjadi sudah menikah dan bersatunya dua keluarga yang berbeda. Status sosialpun berubah menjadi menjadi istri dari seorang, bukan lagi seorang muslimah lajang. Untuk itu, persiapkan diri karena pada saatnya nanti kamu akan mendampingi suami kamu dalam kegiatanya dan aktivitas baru dalam keluarga.

Demikian 6 persiapan yang harus di laukan seorang muslimah, agar keluarga menjadi bahagia dan menjadi pendamping imam yang lebih siap dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait