6 Tips Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Secara Normal dan Lancar

tips-ibu-hamil

sudah hal yang alami jika seorang wanita atau ibu hamil ingin melahirkan secara normal. Karena disitulah sisi perjuangan terbesar seorang ibu dalam melahirkan buah hati dan generasi masa depannya ke dunia. Namun sayangnya, ada beberapa alasan yang seringkali menghambat seorang ibu hamil untuk melahirkan secara normal, seperti kesehatan, ukuran tubuh, dan juga kondisi lain yang tak memungkinkan seorang ibu hamil melahirkan secara normal.

Sebenarnya, untuk melahirkan secara normal, ibu hamil bisa melakukan beberapa hal selama masa kehamilan. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal.

1. Periksa Kandungan Secara Rutin

periksa-kehamilan-ibu
image. via elmaulana.weebly.com

Seorang ibu hamil memang wajib melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin. Hal ini sangat penting agar ibu bisa mengetahui bagaimana kondisi janin di dalam kandungan, sekaligus tahu bagaimana kondisi ibu. Karena pemeriksaan rutin ini bisa menjadi satu solusi jika ada hal-hal yang berpotensi menghambat proses persalinan kelak.

Semisalnya saja pada saat diperiksa bayi memiliki berat yang lumayan dan bisa berpotensi menghambat proses persalinan normal, maka dokter akan menyarankan ibu hamil untuk sedikit mengurangi konsumsi susu atau makanan berlemak tinggi lain agar berat bayi bisa berkurang.

2. Perbanyak Beraktivitas, Jalan Kaki, dan Sholat

wanita-hamil-shalat
image. via abiummi.com

Jala kaki dan perbanyak beraktivitas adalah salah satu hal yang disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil terutama saatusia kehamilan sudah memasuki tujuh bulan, karena kita sering menjumpai ibu hamil yang selama masa kehamilan terlalu sering tidur dan bermalas-malasan, maka akhirnya proses persalinannya susah atau terhambat. Tentu itu adalah hal yang sangat tidak diinginkan. Dan yang terpenting adalah jangan lupa Sholat, karena gerakan dalam Sholat ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, terutama posisi sujud. Dimana di usia mulai dari tujuh bulan bayi sudah bisa berpindah posisi dan menempati posisi persalinan.

3. Pilih Tempat Persalinan Yang Mendukung Ibu Hamil Melakukan Persalinan Normal

tempat-persalinan
image. via www.anugerahbunda.co.id

Bukannya berpikiran negative ya, tetapi akhir-akhir ini persalinan melalui operasi Caesar memang sepertinya sedang menjadi trend, dan banyak juga dokter kandungan yang menyarankan cara itu meski tidak terlalu mendesak untuk dilakukan.

Jadi, sebagai seorang ibu hamil kita juga harus jeli dalam memilih rumah sakit untuk melahirkan, atau jika memang semua dalam kondisi baik, maka melahirkan di bidan seringkali jauh lebih baik, karena mereka pasti sangat mendukung proses persalinan normal.

4. Lihat Riwayat Persalinan Keluarga

positif-tingking
image. via lukihermantofotografix.wordpress.com

Riwayat kesehatan keluarga sangat penting utuk diperiksa dan di kroscek. Mulai dari riwayat penyakit hingga persalinan, karena ini juga bisa berpengaruh pada proses persalinan ibu hamil saat ini. Beruntung jika didalam keluarga tidak ada yang pernah melakukan operasi saat persalinan, alias semuanya melakukan persalinan normal, maka kemungkinan untuk melahirkan normal pun bisa sangat memungkinkan dilakukan ibu hamil.

5. Jaga Kondisi Fisik dan Siapkan Stamina

ibu-hamil-olahraga
image. via www.sehatfresh.com

Persiapkan persalinan normal dengan kondisi fisik dan stamina yang prima. Selain melakkukan pemeriksaan rutin, jangan lupa konsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Ini penting, karena persalinan normal membutuhkan tenaga yang cukup ekstra dibandingkan persalinan melalui jalur operasi. Cobalah untuk ibu hamil agar rajin mengikuti senam hamil, dan juga melakukan yoga yang juga bisa banyak membantu proses persalinan.

6. Berpikiran Positif dan Banyak Berdoa

berdoa
image. via hargasetbersalin.blogspot.com

Pikiran positif sangat penting untuk ditanamkan dalam diri setiap orang agar dapat meraih kesuksesan dan kelancaran, bahkan dalam hal apapun. Jadi sedari awal ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal harus yakin dan selalu berpikiran positif bahwa ibu dapat melahirkan secara normal. Selain itu yang tak kalah penting adalah berdoa, sugesti positif dan doa kepada Allah SWT adalah satu kombinasi yang akan melancarkan semua harapan dan keinginan kita.

Simak juga

Apakah Boleh Ibu Hamil Melakukan Perawatan Tubuh?

5 Posisi Ini Bisa Membantu Dalam Proses Persalinan

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait