6 Tips Untuk Mengatasi Mual Saat Istri Hamil

Mengatasi-mual

Ketika istri hamil, pastinya mengalami muntah-muntah mulai dari bulan ke-2 sampai bulan ke-5. Malahan karena kesehatan pada saat hamil kurang baik, juga akan mengalami pingsan karena kurang asupan makan yang di sebabkan mual-mual. Oleh sebab itu, dalam artikel ini akan membahas tips bagaimana mengatasi mual-mual saat hamil, tentunya agar kesehatan istri yang hamil tetap terjaga. Berikut ini ulasanya.

1. Makanlah dikit demi sedikit

makan-perlahan
image. via plus.google.com

Ketika wanita hamil mengalami mual-mual, maka setiap makanan yang di makan akan keluar kembali. Dan bila ini dibiarkan saja, maka kesehatan wanita hamil akan menurun. Pastinya hal ini akan membahayakan kesehatan bayi dan ibunya. Untuk itu, untuk mengatasi hal ini. Wanita hamil harus tetap mengkonsumsi makanan dengan perlahan, dikit demi sedikit. Agar makanan yang dimakan dapat dapat di konsumsi.

2. Beri jeda saat bangun tidur

beri-jedah-bangun-tidur
image. via riamirandadiary.com

Wanita pada umumnya, ketika bangun pagi hari adalah langsung beranjak dari tempat tidurnya. Kebiasaan itu akan terbawa saat wanita hamil. Akan tetapi, saat wanita hamil muda akan merasakan mual pada saat pagi hari, bahkan saat baru bangun dari tempat tidur sudah merasakan mual. Untuk mengatasi hal tersebut, seorang ibu hamil perlu melakukan hal ini. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur. Berilah jeda waktu antara bangun tidur dan waktu beranjak dari tempat tidur. Jika wanita hamil merasakan mual, sebaiknya ibu hamil mengambil cemilan atau makanan ringan yang sudah disediakan dekat tempat tidur. Lalu saat mual sudah reda, barulah ibu hamil bisa beranjak dari tempat tidur.

3. Jangan mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas

makanan-bergas
iamge. via www.gmanetwork.com

Makanan yang menimbulkan gas di dalam perut tidak boleh di konsumsi, karena makanan yang bergas bisa mengakibatkan perut terasa kembung atau penuh. Sehingga gas memenuhi perut dan terjadilah mual. Untuk menghindari hal ini ada beberapa makanan yang harus dihindari mulai dari kol, nangka, durian, makanan hasil fermentasi, dan sawi hijau. Memang makanan tersebut bukan larangan ibu hamil dalam hal makanan. Namun jika wanita hamil mual, sebaiknya dihindari.

4. Minumlah yang cukup

cariseo.com
image. via cariseo.com

Keseringan muntah yang sering menyebabkan ibu hamil kurang cairan. Oleh sebab itu, ibu hamil harus bisa mengganti cairan yang dengan cara mengkonsumsi air putih yang cukup. Adapun air puti dihangatkan sedikit agar menjadi penetralisir penyebab mual saat hamil. Air hangat juga lebih mudah dicerna dibanding dengan air putih dingin atau es.

5. Mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C

buah-vitamin-c
image. via designkedai.blogspot.com

Buah yang mengandung vitamin C, banyak digunakan ibu hamil untuk menghilangkan mual. Tentunya dengan mengkonsumsi vitamin secara teratur, maka akan bermanfaat untuk menetralisir rasa mual. Namun, buah yang terlalu asam tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang menderita asam lambung.

6. Menghirup aroma terapi

aroma-terapi
image. via infojakarta.net

Ketika ibu hamil muda yang mengalami mual-mual, menghirup aroma terapi adalah salah satu solusi mengatasi mual-mual. Karena aroma terapi selain untuk menenangkan juga bisa bisa untuk menghilangkan rasa mual. Bau aroma terapi yang dihirup bisa membuat tubuh ibu hamil lebih rileks.

Simak juga —> “Sang Istri Wajib Lakukan 5 Hal Ini Saat Dinyatakan Positif Hamil

Simak juga —> “Solusi Agar Cepat Hamil, Lakukan Ini Untuk Mempercepatnya

Simak juga —> “Inilah 6 Langkah Agar Persalinan Berlangsung Secara Normal

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait