7 Cara Investasi Dengan Gaji Minim, Berikut Ulasanya?

pasar invetasi

Banyak orang berpikir mengenai investasi, tapi sayangnya mereka hanya berpikir bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah memiliki kelebihan uang. Jadi banyak orang yang ingin berinvestasi namun merasa terhambat dimasala modal atau uang yang masih dirasa pas-pasan.

Padahal, investasi sangatlah berguna bagi masa depan, jadi tak perlu menunggu uangmu berlimpah baru kamu memulai investasi. Karena meski sekarang gajimu masih pas-pasan, tetaplah menyisihkan sebagian rejekimu untuk ditabung dan memulai berinvestasi dari hal sekecil apapun. Mau tahu kan apa saja investasi tepat yang bisa membuat hidup kamu tak hanya mengandalkan gaji saja dan pastinya tetap punya pegangan di masa depan.

1. Mulai Investasi Di Usia Muda

pria muda

 

Selagi masih muda dan masih lajang, ini lah saat yang tepat untuk kamu berinvestasi. Kamu belum memiliki tanggung jawab yang begitu besar dan kebutuhan juga paling hanya itu-itu saja, jadi menabunglah untuk berinvestasi ketimbang kamu hanya terus mengupdate gadget-mu yang harganya tak mungkin pernah bisa naik saat dibutuhkan.

2. Pastikan Tujuan Investasimu

investasi

Sebelum memulai berinvestasi, kamu harus memastikan dulu apa tujuan dari investasi yang kamu lakukan. Apakah itu jenis investasi jangka panjang, atau investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang dapat berupa rumah, atau pun lahan, sedangkan investasi jangka pendek bisa berupa emas atau benda-benda yang memiliki nilai jual tinggi setelah pembelian, atau bisa juga berupa tabungan pernikahan.

Karena memiliki tujuan investasi sedari awal adalah hal yang penting agar kamu bisa focus dan tidak mudah tergoda dengan tujuan awalmu.

3. Memisahkan Antara Tabungan dan Investasi

tabungan vs investasi

Cobalah untuk dapat memisahkan tabungan dan investasi. Karena jangan sampai kamu memakai uang investasi yang akan segera kamu butuhkan minimal untuk waktu 1 tahun ke depan. Jika uang yang akan dibutuhkan dalam waktu dekat sebaiknya dimasukkan ke dalam tabungan. Karena meski mirip, investasi jelas berbeda dengan tabungan. Uangmu yang disimpan di bank dalam bentuk tabungan itu tidak akan menghasilkan apa-apa, selain nominal yang kamu setor di awal dan bunga yang boleh dibilang minim. Sedangkan investasi bisa memberikan keuntungan yang cukup tinggi asalkan kamu sabar dengan segala pergolakan naik turunnya. Karena investasi biasanya jangka panjang, jadi jangan menggunakan uang yang mungkin segera kamu butuhkan, atau istilahnya uang yang diinvestasikan adalah uang aman yang tidak mengganggu pengeluaran dan pemasukanmu.

4. Sesuaikan Jumlah Investasi Dengan Gajimu

gaji

Investasi ada banyak macamnya. Jadi penting bagi kamu untuk menyesuaikan dengan jumlah gaji dan dana yang kamu punya pada saat ini. Dan masing-masing investasi punya kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, jadi kamu harus bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu kini.

Semisalnya saja gajimu saat ini masih gaji freshgraduate yang di bawah 4 juta rupiah, maka melakukan investasi saham perusahaan mungkin tidak cocok untukmu karena jelas modalnya cukup besar dan risikonya juga cukup tinggi.

5. Pelajari Pasar Sebelum Berinvestasi

pasar-investasi

Di dunia ini setiap investasi pasti memiliki risiko kegagalan. Tetapi risiko dapat diperkecil dengan mempelajari pasar. Jadi, jangan pernah ragu untuk belajar. Ini yang harus kamu tanamkan dalam pikiranmu sejak awal saat kamu memutuskan untuk berinvestasi. Tentu saja investasi ini berbeda dengan tabungan, karena investasi punya dua kemungkinan. Dan akan selalu ada risiko kegagalan, karena kita tidak pernah bisa memprediksi kondisi pasar dan pergolakan ekonomi yang ada. Karena itu mempelajari kondisi pasar secara cermat akan sangat membantu kamu yang masih pemula dalam dunia investasi. Lihat bagaimana prospek kedepannya sebelum kamu memilih investasi jenis apa yang akan kamu ambil.

6. Investasi Emas Bisa Jadi Pilihan

emas

Saat ini beberapa perusahaan menyediakan tabungan emas, dan berinvestasi emas bisa menjadi pilihan tepat dan menarik bagi kamu yang masih pemula dan memiliki gaji minim. Selain itu apabila tujuan investasimu adalah jangka panjang, maka investasi emas juga bisa kamu lakukan. Mungkin kamu akan teringat pada cara menabung orang zaman dulu, seperti orang tua atau nenekmu. Mereka akan membeli emas saat harganya murah, dan kemudian menyimpannya dalam lemari atau bawah kasur, dan bertahun-tahun kemudian, mereka akan menjualnnya dan alhasil saat dijual nilainya melonjak drastis. Cara ini memang konvensional, tapi sudah terbukti berhasil kan? Dan kini kamu tak perlu menyimpannya di rumah atau di bawah kasur, karena sudah ada layanan yang menyediakan fasilitas menabung emas murni yang bersertifikat.

7. Investasi Dana Pensiun

pensiun

Jaminan hari tua atau dana pension kini juga harus kamu pikirkan. Agar kelak hari tuamu terjamin dan tidak jadi kelabakan. Kamu bisa mengikuti program yang diselenggarakan oleh BPJS yang akan mempermudah kamu dalam berinvestasi, karena kamu tidak perlu menghitung berapa rupiah yang akan kamu masukan, karena BPJS untuk jaminan hari tua sudah diprosentasekan dari gaji yang kamu dapat di perusahaan tempat kamu bekerja.

Semoga bermanfaat….