7 Nasihat Untuk Para Istri Agar Keharmonisan Rumah Tangga Terjaga

jangan-mudah-cemburu

Wanita memang identik sebagai sosok yang mudah terbakar api cemburu. Entah masalah sepele, atau mungkin memang masalah besar. Cemburu seolah menjadi salah satu ciri khas wanita yang mencintai pasangannya dan takut kehilangan pasangannya.

Namun hati-hati, cemburu itu boleh, tapi jika berlebihan justru akan berakibat tidak bagik bagi keharmonisan rumah tangga. Sebagaimana fenomena yang kita lihat dalam kehidupan rumah tangga pada umumnya di tengah masyarakat, cemburu yang berlebih bahkan bisa menghancurkan sebuah rumah tangga.

Jadi, ada baiknya untuk para istri memperhatikan beberapa nasihat yang berguna untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, sehingga tidak ternodai oleh perasaan cemburu yang berlebihan.

1. Istri Yang Baik Adalah Istri Yang Bertakwa Kepada Allah SWT

istri-shaleha
image. via www.loveislam.id

Seorang isteri haruslah bertakwa kepada Allah SWT dan bersikap bijak jikalaupun ia cemburu terhadap suami. Sikap bijaksana dan objektif ini, karena dengan begitu ia dapat menyelesaikan setiap perkara dengan baik dan tidak sepihak.

“Jadi, sudah sepatutnya seorang isteri dapat mengurangi rasa cemburu kepada suami, sebab bila rasa cemburu tersebut melampaui batas dan berlebihan, justru akan berubah menjadi cemburu buta dan tuduhan tanpa dasar, serta dapat menyulut amarah di hatinya yang mungkin tidak akan pernah padam, bahkan akan menimbulkan perselisihan diantara suami isteri dan melukai hati suami.”

Simak ulasan —> “Ingin Rumah Tangga Bahagia. Terapkan 4 Model Keluarga Teladan Dari Al-Qur’an”

2. Gunakan Logika Untuk Menilai Setiap Hal

gunakan-logika
image. via www.dailymoslem.com

Pada dasarnya seorang wanita yang pencemburu, lebih melihat permasalahan dengan menggunakan perasaan hatinya daripada indera mata dan logikanya. Ia lebih suka berbicara dengan nafsu emosi dan amarahnya dari pada pertimbangan akal sehatnya. Sehingga sesuatu masalah menjadi berbalik dari yang sebenarnya dan terkesan lebay.

“Jadi, ada baiknya mulailah menggunakan logika dan pemikiran yang sehat saat menilai setiap masalah yang terjadi. Tak perlu berlebihan mengikuti perasaan dalam melihat suatu permasalahan.”

Simak ulasan —> “Saat Merasa Menyesal Dalam Membangun Rumah Tangga. Hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan!”

3. Saat Cemburu Datang, Tahanlah Dirimu Jangan Membabi Buta

Image. via abiummi.com

Hal yang harus dilakukan oleh seorang wanita yang sedang dibakar api cemburu adalah menahan dirinya. Jangan sampai kamu melakukan hal-hal yang justru akan menjerumuskanmu pada perbuatan yang tercela dan melanggar perintah Allah SWT.

“Ingatlah bahwa setiap masalah yang terjadi adalah ujian dari Allah SWT dan jika kamu berhasil melaluinya, maka kamu akan naik kelas. Ada reward yang telah Allah SWT sediakan bagi setiap umatnya yang sabar.”

Simak ulasan —> “Surga Istri Pada Ridho Suami”

4. Tidak Perlu Menyulut Kecemburuan Suami

menjaga-persaan
image. via www.gunardi.info

Jika saja istri tidak cemburuan, maka jangan juga ia memancing-mancing dan menyulut kecemburuan suami. Misalnya saja dengan memuji lelaki lain atau mengagumi lelaki lain di hadapan suami secara berlebihan. Ingat, wanita dan istri yang bijak tak perlu mendatangkan masalah yang tidak ada.

5. Manfaatkan Perasaan Cemburu Ke Hal Positif

mengajak-hal-yang-positif
image. via www.satucerita.com

Sangat baik jika kamu bisa menjadikan perasaan cemburu kepada suami sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Jangan buat suamimu menoleh kepada wanita lain yang lebih cantik darimu karena sifat cemburumu itujadi, daripada mempersulit diri, lebih baik lakukan perawatan tubuh dan berhiaslah dengan baik untuk suamimu. Cintailah suamimu sepenuh hatimu, sehingga suami juga akan mencintaimu dengan sepenuh hati dan tidak membutuhkan cinta selain darimu saja. Jangan lupa membuatnya bahagia dan selalu nyaman berada di dekatmu.

6. Jangan Pernah Menyalahkan Orang Lain

sabar
image.via gayahidup.republika.co.id

Jangan pernah menyalahkan orang lain, apalagi jika dia suamimu sendiri. Jadi, sebagai seorang wanita sekaligus istri, jangan pernah menyalahkan suamimu apapun keadaanya. Karena tuduhan-tudahan itu bukanlah cara yang dewasa untuk dilakukan, terlebih jika kamu sudah menikah. Jangan suka mengeluhkan suamimu yang kini jarang berduaan denganmu dan sibuk dengan pekerjaannya. Cobalah untuk menjadi seseorang yang mengerti dan tidak perlu cemburu karena hal itu.

 

7. Berikanlah Kepercayaan Yang Tinggi Untuk Suamimu

menyayangi-suami
image. via www.reportaseterkini.net

Ingatlah wahai para isteri, bahwa suamimu tidak pernah mencari perempuan selain dirimu. Bahkan dia selalu mencintaimu, bekerja untukmu, hidup juga senantiasa bersamamu, bukan dengan yang lainnya. Maka, jadilah seorang istri yang dapet memberikan kepercayaan kepada suami, bertakwa pada Allah dan  jangan lupa ikutilah petunjuk-Nya.

“Percayalah sepenuhnya kepada suamimu, karena Allah senantiasa menjaga hamba-hamba-Nya yang selalu menjaga semua perintah-Nya.”

Simak juga —> “5 Kewajiban Istri Kepada Suami Ini Jangan Sampai Terlupakan”

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait