7 Tips Catering Ini Akan Membuat Tamu Resepsimu Puas

katering-pernikahan

Berbagi kebahagiaan adalah hal yang wajib dilakukan. Termasuk berbagi kebahagiaan saat kamu melangsungkan pernikahan. Saran dari Rosulluloh adalah agar kita melakukan resepsi pernikahan sesederhan mungkin, namun apa boleh buat, jika nyatanya saat ini lebih banyak orang kelebihan rejeki, maka tak ada salahnya melakukan resepsi dengan meriah, hanya saja harus dengan penuh keikhlasan.

Pada dasarnya, resepsi pernikahan menjadi ajang berkumpulnya keluarga, kerabat, dan teman, mendoakan mempelai pengantin dan yang utama adalah berbagi kebahagian. Sampai-sampai  Jauh-jauh hari kalian merencanakan dan mempersiapkan semua kebutuhan pernikahan dengan matang. Mulai dari konsep, tempat, adat yang kalian pilih, baju pernikahan, makanan, hingga berapa banyak tamu yang akan diundang. Persiapan ini merupakan upaya kamu agar nanti semua orang yang hadir di sana merasa terpuaskan.

Dari semua persiapan itu, salah satu yang paling penting adalah jamuan untuk tamu undanganmu. Apalah artinya dekorasi yang bagus, baju pernikahan yang menawan, gedung yang megah, namun tamu tidak dijamu dengan makanan yang membuat mereka puas. Karena pada umumnya, saat keluar dari sebuah pesta pernikahan, para tamu itu akan mengkritisi makanan yang disajikan di pesta. Kadang mereka juga tidak begitu menghiraukan bagaimana dekorasinya atau bagaimana bentuk pelaminannya. Makanan yang memuaskan tamu bukan berarti makanan yang mewah dan mahal, namun makanan yang memiliki citarasa baik, higienis, dan juga sesuai dengan selera umum tamu undangan. Nah, mau tahu apa bagaimana cara memuaskan tamu undangan di resepsi pernikahanmu? Berikut tips catering yang bisa kamu lakukan dan persiapkan.

1. Tentukan Konsep Penyajian Makanan Yang Akan Kamu Pilih

Konsep-penyajian-makanan

Ada berberapa macam konsep penyajian makanan yang bisa dipilih untuk resepsi pernikahanmu. Bisa itu berbentuk prasmanan, gubugan, atau mungkin angkringan. Dalam memilih konsep penyajian makanan ini harus disesuaikan dengan tema pernikahan, agar suasana membuat semua yang hadir nyaman. Selain itu, yang tak kalah penting adalah disesuaikan dengan dana yang kalian siapkan.

Misalnya saja kamu dan pasangan ingin menyelenggarakan pesta pernikahan yang fleksibel dengan standing party, dan para tamu undangan bisa leluasa memilih makanan. Berarti kamu bisa memilih penyajian secara angkringan atau gubugan. Hanya saja perlu diketahui, penyajian angkringan atau gubugan yang mampu memberi kesan mewah ini memerlukan dana yang cukup besar.

Lain ceritanya jika kamu ingin acara pernikahannya nanti suasananya terasa lebih akrab, dan setiap orang bisa duduk santai menikmati hidangan. Maka penyajian secara prasmanan cocok untuk kamu terapkan. Karena hidangan bisa disajikan langsung di meja-meja tamu. Konsep prasmanan ini lebih sederhana dengan kata lain dana yang dibutuhkan tak sebanyak konsep angkringan atau gubugan. Hanya saja, konsep ini tidak memberikan banyak pilihan menu untuk tamu.

2. Sesuaikan Menu dan Tema Pernikahan

menu-makanan

Menyesuaikan menu makanan yang akan disajikan dengan tema pesta pernikahan adalah hal yang tak kalah penting. Karena jangan sampai, tema pernikahanmu bajak laut, tetapi menu yang tersaji adalah makanan Sunda. Hal ini tentu akan sangat aneh, berbeda jika menu yang tersaji adalah sajian seafood dan barbeque, tentu saja ini akan lebih cocok.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui betul bagaimana selera makanan dari tamu-tamu yang kamu undang. Hal ini bukan berarti kamu menyajikan semua makanan favorit mereka, namun lakukanlah generalisasi. Karena kamu pasti sudah mengenal siapa-siapa saja yang kamu undang dan darimana mereka berasal. Jadi semisalnya, kerabat yang datang di pesta pernikahanmu mayoritas adalah orang dari pulau Sumatra, jadi cobalah sajikan makanan khas-khas dari daerah sana, jangan menyajikan makanan yang menurut mereka akan terasa aneh. Ingat, jangan sampai ada tamu undangan yang keluar dari pesta pernikahanmu dengan perut keroncongan karena tidak bisa menyantap makanan yang disajikan di dalam pesta.

3. Sajikan Menu Utama Yang Umum

Menu-utama

Memilih menu makanan untuk sebuah pesta memang bukan hal yang mudah, karena kita akan menjamu orang lain, jadi harus memahami selera mereka. Namun kamu juga bisa mencari aman dengan memilih menu yang biasa disajikan di pesta pernikahan dan memang banyak digemari oleh masyarakat. Semisalnya saja Zupa Soup, ini adalah salah satu menu yang dicari oleh beberapa orang saat mereka datang ke pesta pernikahan. Atau mungkin kamu bisa memilih sata, siomay, bakso, sate, es buah, atau mungkin es krim yang memang khas ada di dalam pesta. Ingat, untuk pemilihan menu, jangan terlalu memikirkan keunikan, karena soal lidah, tak semua orang menyukai keunikan.

4. Seimbangkan Menu Makanan

meratakan-menu-makanan

Jangan lupa untuk menyediakan menu makanan yang seimbang, semisal antara makanan pembuka, utama dan penutup. Karena jamuan yang memuaskan tamu itu tidak harus mewah, melainkan harus memiliki keseimbangan. Sediakanlah makanan pembuka seperti buah, makanan utama yang pasti akan mengenyangkan tamu, lalu makanan penutup seperti puding atau kue-kue manis lain yang menjadi cemilan ringan. Pastikan juga kalau kamu dan pasangan sudah memilih dan mengkonsultasikan menu-menu untuk pembuka, utama dan penutup dengan penyedia layanan catering.

5. Hindari Menu Makanan Yang Ribet Di Makan

menu-makanan-resepsi

Ada banyak pilihan menu makanan, tapi kamu harus menghindari  menu makanan yang ribet saat dimakan. Semisalnya, jangan memilih ikan utuh untuk disajikan dalam sebuah pesta pernikahan, karena proses makannya akan sedikit susah, terlebih untuk sebuah pesta dengan konsep standing party, menu makanan ini sangat tidak direkomendasikan. Jikalau pun ingin menyajikan menu ikan, maka pilihlah ikan fillet yang tanpa tulang dan sudah diiris, sehingga proses makannya pun tidak sulit.

6. Lakukan Test Food

nyicip-makanan

Ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mencari referensi jasa catering yang baik kualitasnya. Karena kamu dan pasangan memiliki bayangan cara penyajian dan menu catering yang akan dipilih. Kamu juga harus hati-hati memilih jasa catering yang akan digunakan. Pilih jasa catering yang berkualitas dan harganya sesuai juga dengan budget yang telah disiapkan.

7. Sediakan Stock Makanan Yang Cukup

stok-makanan

Dalam sebuah pesta pernikahan, jamuan makan memang menjadi hal yang sangat penting. jadi pesanlah menu makanan yang sesuai dengan jumlah tamu undangan, atau dilebihkan, karena biasanya satu tamu undangan akan membawa beberapa anggota keluarga dan pasangannya. Dan yang paling penting adalah jangan sampai di pesta pernikahanmu kehabisan makanan saat tamu masih banyak berdatangan, tentu ini akan sangat mengecewakan. Karena meminimalkan budget pernikahan itu memang wajib, tapi bukan berarti kamu menyediakan jumlah makanan pas-pasan dan bahkan kurang.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait