7 Tips Untuk Pasangan Yang Baru Menikah

jalan-jalan-bersama-istri

Setelah kamu dan pasangan melangsungkan akad nikah, maka dimulailah hidup kalian sebagai pasangan suami istri. Kebersamaan itu akan membuat kalian semakin mengenal satu sama lain, bagaimana kamu mengenal pasanganmu luar dalam, begitu juga dengan pasanganmu.

Namun, pada kenyataannya hidup bersama dalam sebuah pernikahan akan sangat berbeda dengan masa pacaran dulu. Bahkan banyak pasangan yang merasa sulit untuk menyesuaika diri satu sama lain dan memutuskan mengakhiri hubungan mereka. Namun kita tahu, tak ada pasangan yang menginginkan sebuah perceraian dalam pernikahannya.

Maka berikut ini kita berikan 7 hal yang bisa membuat kamu dan pasangan bertahan dalam menjalani kehidupan pernikahan.

1. Terima kenyataan bahwa pasanganmu bukanlah orang yang sempurna

Sebelum menikah, mungkin kita akan menyembunyikan beberapa hal buruk yang ada dalam diri kita. Kita cenderung jaim dan berusaha menjadi yang terbaik. Begitu juga dengan pasangan kita. Namun saat sudah menikah, hal itu tak mungkin bisa dilakukan terlalu lama. Maka menjadi diri sendiri adalah yang terbaik, dan pahamilah bahwa pasanganmu bukanlah sosok yang sempurna, begitu juga dirimu. Jadi mulailah untuk menerima kenyataan itu, dan berusahalah menjadi yang terbaik.

2. Jangan selalu mengharapkan pasanganmu peka pada apa yang kamu pikirkan

Pasanganmu tidak akan bisa membaca pikiranmu. Dia tak tahu jika kamu sedang marah jika kamu hanya diam saja. Jadi biasakanlah untuk mengungkapkan apa yang kamu pikirkan, bicaralah jika memang sedang ada permasalahan yang bergejolak di hatimu. Karena dengan begitu kalian akan menjadi sosok yang lebih bijak.

3. Jangan memperbesar masalah yang kecil

Terlalu bermasalah kah jika pasanganmu suka menggantung handuk di dekat kasur? Atau menanggalkan kaos kaki kotor di rak sepatu? Ingat setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda denganmu. Jadi, jangan jadikan hal itu sebagai masalah besar. Ada baiknya kalian mulai berbicara dan mengubah kebiasaan-kebiasaan masing-masing untuk dijadikan kebiasaan kalian yang disepakati bersama.

4. Katakanlah pendapat dan pemikiranmu

Kalau kamu tidak suka dengan cara hidup pasanganmu, maka ungkapkanlah hal itu padanya. Komunikasikan hal itu dengan tenang, jangan sampai perbedaan diantara kalian membuat jurang pemisah dalam kehidupan rumah tangga kalian.

5. Biasakan saling meminta maaf jika melakukan kesalahan

Meminta maaf adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, terlebih bagi kalian yang memiliki gengsi besar. Namun membiasakan diri meminta maaf pada pasangan saat melakukan kesalahan adalah salah satu hal yang akan membuat pasangan merasa dihargai, dan kehidupan pernikahan kalian pun akan semakin damai.

6. Luangkan waktu untuk bersama pasangan dalam quality time

Meluangkan waktu satu sama lain dengan pasangan adalah salah satu hal yang penting dalam menguatkan sebuah hubungan. Terlebih bagi pasangan yang sama-sama bekerja. Biasakan waktu libur kalian diisi dengan hal-hal yang menyenangkan berdua.

7. Belajarlah untuk menjadi seorang yang pemaaf

Saat kita memutuskan untuk menikah dan hidup bersama dengan seseorang. Maka saat itulah kita harus menjaga komitmen kita dengan baik. Kamu dan pasangan sudah menjadi satu tubuh, maka jadilah orang yang mudah memaafkan, terlebih pada pasangan sendiri. Karena memaafkannya sama artinya dengan memaafkan dirimu sendiri.