8 Perbedaan Sifat Ini Membuat Kita Saling Memaklumi Pasangan

beda-pria-dan-wanita

Perbedaan adalah cara terindah Tuhan menyatukan cinta. Meskipun mungkin kita sering marah dan kecewa karena seringnya terjadi perbedaan. Baik dalam pola pikir, tindakan, dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, ada baiknya kita saling menyadari perbedaan pria dan wanita agar kita bisa saling memaklumi dan memahami setiap pasangan kita.

1. Otak Kanan Pria Berkembang Lebih Cepat Dibandingkan Otak Kirinya

perkembangan-otak
image. via www.indsehat.com

Apabila seorang wanita kurang pandai membaca peta, itu bukan salahnya, Karena pada masa pertumbuhan, otak kanan pria berkembang lebih pesat dibandingkan dengan otak kirinya, dan hal ini lah yang menyebabkan koneksi pada otak pria terfokus hanya pada sisi yang sama saja. Hal ini berbeda dengan wanita yang otak kirinya lebih berkembang pesat. Sedangan pada otak kanan inilah terdapat kemampuan spesial yang dibutuhkan untuk membaca peta. Jadi wajar saja jika pria lebih dapat membaca peta jika dibandingkan wanita.

2. Antara Emosi dan Logika

saraf-laki-laki
image. via indonesianfoods.top

Mengacu pada penjelasan sebelumnya, koneksi pada syaraf otak pria mampu menghubungkan bagian depan otak hingga ke bagian belakang otak di sisi yang sama. Sedangkan pada wanita, koneksi tersebut menghubungkan otak kanan dan otak kiri. Itulah sebabnya mengapa seorang wanita lebih sering menggunakan emosi dan intuisi mereka daripada logika yang dimilikinya. Karena otak kanan berkaitan dengan emosi dan intuisi, sedangkan untuk otak kiri berkaitan dengan logika yang dimilikinya.

3. Pria Lebih Sulit Menemukan Benda Saat Mencarinya

bingung
image. via news.bersamadakwah.net

Mungkin wanita akan kesal saat meminta bantuan pria untuk mencarikan sebuah benda di lemari atau rak, bahkan untuk benda besar yang ada di depan matanya pun seolah tak dapat dilihatnya. Jangan keburu emosi, karena jangkauan mata wanita jauh lebih luas ketimbang pria. Bayangkan saja, ata wanita dapat melihat sekitar 45 derajat ke kiri, kanan, atas dan bawah, berbeda dengan mata pria yang bagaikan teropong dan dapat melihat dengan baik jika ia memandang lurus ke depan.

4. Wanita Unggul Dalam Melihat Warna

mata-wanita
image. via www.acityawara.com

Uniknya mata wanita, sel-sel kerucut yang berfungsi untuk membedakan warna jumlahnya lebih banyak daripada mata pria. Itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa buta warna hanya terjadi pada pria. Pria kurang ‘detail’ dalam mengungkapkan sebuah warna. Ia hanya menyebutkan merah, hijau, biru, berbeda dengan wanita yang dapat menyebutkan warna hingga detail, misalnya biru laut, hijau toska, merah jambu, dan lainnya.

5. Pria Itu Lebih Pandai Mengemudi Kendaraan

mengendarai-mobil
image. via www.kursussetirmobilsemarang.com

Kemampuan spasial yang dimiliki otak pria lebih baik dibandingkan yang dimiliki wanita. Itulah kenapa seorang pria lebih pandai mengemudikan kendaraan jika dibandingkan dengan wanita. Jadi, apabila istrimu menabrak pagar saat memarkir mobilnya, maka harus segera dimaklumi.

Meskipun demikian, wanita adalah seorang pengemudi yang lebih berhati-hatijika dibandingkan pria. Jadi, meski wanita lebih sering melakukan klaim asuransi mobil, tapi kerusakan parah lebih banyak dilakukan oleh pria.

6. Wanita Jauh Lebih Cerewet

wanita-crewet
image. via akuadalahwanita.blogspot.com

Tahukah kamu bahwa kemampuan verbal yang dimiliki wanita lebih baik jika dibandingkan dengan pria. Jadi, sudah wajar bila pria kalah saat berdebat dengan wanita. Sedangkan sisi negatifnya adalah wanita lebih sering menggosip dibandingkan dengan pria yang lebih senang diam.

7. Wanita Seolah Memiliki Radar

wanita-perasa
image. via www.pro-rahasia.com

Pria bilang wanita bagaikan memiliki ‘indera keenam’. Ia seolah memiliki perasaan yang lebih halus untuk mengetahui setiap perubahan kondisi di sekitarnya. Kelebihan ini membuat seorang ibu lebih dapat mengerti keadaan anaknya, dibandingkan dengan sang ayah. Karena seorang ibu mampu membedakan arti tangisan bayinya, apakah si kecil lapar, sakit, atau mungkin mengantuk.

8. Wanita Suka Disentuh

wanita-suka-disentuh
image. via alhauramaqsurah.blogspot.com

Jika dibandingkan dengan kulit seorang pria, maka kulit wanita setidaknya 10 kali lebih sensitif terhadap sentuhan dan lebih halus. Itulah sebabnya jika wanita lebih sering menyentuh pasangan, anak, serta temannya. Selain itu hormon oksitoksin membuat wanita senang disentuh.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait