8 Tips Sehat, Menjalani Puasa Lancar

buka-puasa-bersama

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, tentunya kita perlu strategi atau tips menjaga kesehatan untuk menjalani ibadah puasa dengan lancar supaya kita bisa beribadah dengan nyaman, mulai dari puasa, shalat tarawe, tadarusan dan banyak lagi ibadah yang bisa di laksanakan dalam bulan ramadhan.

Berikut ini, kami memberikan 8 tips sehat agar kita bisa mejalani ibadah puasa dengan lancar. Dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UI, memberikan Tips lancar Jalani Shaum/Puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan. Mudah2an bisa bermanfaat.

1. Membatasi Asupan Teh dan Kopi

Mengurangi minum kopi dan teh

Saat *Sahur* usahakan untuk *membatasi asupan teh dan kopi* Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat.

Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

 

2. Mengkonsumsi Makan Lambat Di Cerna Dan Serat Yang Tinggi

makanan yang lambat dicerna

Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi.

Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

 

3. Mengkonsumsi Kurma

kurma-3

Saat Tajjil/Awal berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi Kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium.

Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

4. Mengkonsumsi Pisang

Pisang

Mengonsumsi pisang saat Ifthor/berbuka sangat baik bagi tubuh Anda.

Sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

5. Kurangi Makanan Yang Digoreng

gorengan

Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh.

Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

6. Kurangi Makanan Yang Cepat Di Cerna

makanan cepat di cerna

Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula.

Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

7. Konsumsi Air Putih atau Jus Buah

jus buah

Konsumsi Air atau jus buah* antara berbuka puasa dan sebelum tidur.

Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

8. Hindari Minum Es

es parut

Hindari terlalu banyak minum Es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Selamat menunaikan ibadah Shaum dan ibadah lainnya di bulan Suci Ramadhan….

Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu’ serta ikhlas menjalankannya, Bertambah Iman Ilmu Amal yg diRidhai Allah …Aamiin

MARHABAN YAA RAMADHAN,…