8 Tips Untuk Ajarkan Si Kecil Berbagi

memecahkan-masalah-saat-bermain

Berbagi adalah suatu sikap dan perilaku yang harus ditanamkan oleh orang tua sejak dini kepada anaknya, agar hal itu bisa menjadi kebiasaan yang mendarah daging hingga mereka besar dan tumbuh dewasa. Meski pada dasarnya, berbagi bukan sifat alamiah seorang anak terlebih saat ia masih balita.

Jadi, bagaimana sih menanamkan kebiasaan berbagi pada anak-anak agar mereka dapat memahami kepedulian terhadap sesamanya. Berikut ini tips yang sederhana tapi cukup efektif untuk para orang tua agar bisa menanamkan sikap saling berbagi sejak kecil.

1. Mulai sejak ia kecil

memecahkan-masalah-saat-bermain
image. via www.webzubra.com

Banyak kebiasaan baik yang harus ditanamkan oleh orang tua sejak usia anak masih kecil, dan salah satunya adalah membiasakan dia berbagi dan peduli kepada sesame sejak dini. Semisalnya saja dengan melatih anak sejak bayi untuk bergantian memainkan mainan yang sama dengan saudara atau teman. Hal ini akan membantu mengajarkan si kecil bahwa dia dapat berbagi mainan dengan orang lain dan tetap bisa bersenang-senang dengan mainannya.

2. Hindari memberi nama pemilik pada sebuah benda

memegang-kedua-benda
image. via family.fimela.com

Para orang tua sebaiknya menghindari memberi nama pemilik pada sebuah benda, semisalnya mainan milik adik dilabeli namanya, dll. Hal ini secara tidak langsung mengjarkan anak untuk tidak berbagi dan menyatakan bahwa kepemilikan itu penting. Memang tidak dipungkiri bahwa kepemilikan itu penting, tapi alangkah bijaknya jika tidak boleh dimainkan atua ungkin benda itu bukan untuk mainan, maka cukup ucapka dengan kata-kata yang halus dan tepat, karena kita juga tak menyangkal bahwa beberapa benda memang berbahaya atau berharga untuk dimainkan balita, seperti benda tajam atau smart phone.

3. Biasakan untuk bermain bersama

mainan-anak-edukatif
image. via www.dwiaditya.web.id

Biasakan untuk bermain dengan anak kita sejak ia balita, karena bagi anak kecil bermain adalah dunianya, dan kita tidak bisa memaksa mereka untuk mengikuti pola pikir kita, maka jika mau mengajarkan si kecil untuk berbagi, kita harus mengajaknya bermain sambal belajar. Jadikan bermain bersama balita sebagai saarana pembelajaran tentang berbagi.

4. Mulailah ajari si kecil untuk berbagi dengan hal yang kecil

memberikan-stimulus
image.via www.klikdokter.com

Ajarkan anak berbagi melalui hal kecil, kita bisa memulainya dengan bermain dan memberikan mainan yang kurang begitu difavoritkan si kecil. Setelah itu kita bisa memberikan mainan kesukaannya. Hal ini berguna untuk menekankan pada si kecil bahwa ia tidak boleh egosi, karena jika ia tak mau untuk berbagi sesuatu, maka sesuatu yang ia sukai itu akan hilang dan pergi.

5. Berbagi cemilan dengan teman

ayah-teladan
image. via www.pesona.co.id

Biasakan si kecil untuk mau berbagi cemilan atau jajan dengan temannya. Jadi, saat bermain bersama, alangkah baiknya kalau jajanan tidak langsung dibagi-bagi per anak, melainkan ditaruh dalam satu wadah, dan biarkan mereka berbagi.

6. Biasakan antri dan menunggu giliran

mengajari-anak-berhitung
image. via tribratanewskendal.com

Jika kita ingin mengajak si kecil jalan-jalan dan menikmati tempat hiburan, maka sangat penting kita untuk mengajarkan cara berbagi. MIsalnya saja dengan menunggu giliran atau antri, ini adalah cara sederhana untuk mengajarkan mereka berbagi. Ingatkan anak kita untuk tidak menyerobot, tapi harus berbagi dan menunggu giliran dengan yang lain. Dengan begitu, setiap anak dapat kesempatan yang sama, dan selain mengajarkan berbagi ini juga dapat mengajarkan keadilan pada anak.

7. Apa yang kita dapatkan adalah apa yang kita beri

image. via female.kompas.com
image. via female.kompas.com

Ingatkan si kecil bahwa apa yang kita dapatkan adalah apa yag kita berikan pada orang lain. Lalu biasakanlah membalas pemberian si kecil, karena dengan begitu dia akan mengerti bahwa apa yang dia berikan akan mendapatkan pembalasan, baik dalam hal baik atau hal buruk. Cara sederhana ini akan dapat mengajarkannya untuk berbagi, namun jangan sampai kita menjerumuskan dia pada sikap pamrih.

8. Berikan bantuan dengan ikhlas

perilaku-positif
image. via www.menshealth.co.id

Ajarkan pada si kecil untuk berbagi tugas di rumah, semisalnya saja saat setelah makan atau bangun tidur. Ajak anak untuk membereskan meja makan atau kamarnya sendiri, agar meringankan pekerjaan ibu di rumah. Tapi hindarilah memintanya membawa barang pecah belah atau benda tajam. Hal ini akan berguna untuk mengenalkannya si kecil mengenai cara berbagi dan membantu orang lain.

Simak juga “7 Alasan Ini Hidup Seorang Pria Menjadi Jauh Lebih Baik Saat Menjadi Ayah

Simak juga “5 Kesalahan Orang Tua Saat Mengajarkan Disiplin Si Kecil

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait