9 Langkah Sukses Jadi Ayah Asi

yang-dilakukan-ayah-saat-IMD

Masa menyusui tak hanya menjadi tugas dan kewajiban seorang ibu saja untuk melakukannya dengan baik, karena seorang ayah juga memiliki peran yang besar dalam proses pemenuhan ASI untuk si kecil, jadi tak heran jika ada istilah ayah ASI.

Namun sayangnya, sebagian besar ayah tidak mengetahui hal itu sehingga menyerahkan masalah pemenuhan ASI hanya pada ibu saja. Nah, untuk yang sudah menjalankan tugas sebagai ayah ASI, maka tentu saja ada kebahagiaan yang tak ternilai harganya, sedangkan bagi yang ingin menjadi ayah ASI untuk si kecil dan istri, maka berikut ini cara sukses yang bisa ayah lakukan untuk menjadi ayah ASI.

1. Cobalah Untuk Mempelajari Seputar Menyusui

jangan-membandingkan
image. via kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com

Mempelajari mengenai ASI dan seputar menyusui adalah salah satu cara yang harus dilakukan seorang ayah yang ingin menjadi ayah ASI. Jangan ragu untuk mencari informasi mengenai ASI. Ayah bahkan juga bisa menemani bahkan mengajak istri bergabung dengan kelas menyusui atau mungkin seminar mengenai ASI untuk memperkaya pengetahuan. Hal ini juga akan membuat istri lebih bersemangat dalam memberikan ASI pada si kecil, karena ibu tahu ada ayah yang akan siap mendukungnya.

2. Sediakan Selalu Asupan Minum dan Cemilan

cemilan-istri
image. via Mom’s Little World – WordPress.com

Jangan kira ini tidak ada manfaatnya, tapi ayah juga harus tahu bahwa menyusui membuat istri akan merasa sangat haus karena tubuhnya membutuhkan cairan ekstra untuk memproduksi ASI. Tentu akan sangat merepotkannya jika ia harus selalu pergi untuk mengambil minum sambil menyusui bayi, padahal bayi sudah hampir tidur. Karena itu, taruhlah gelas atau botol berisi air minum dalam jangkauan istrimu, sehingga ia bisa minum kapan pun ia merasa haus, tanpa harus khawatir dehidrasi. Karena menyusui juga menguras energi, jadi jangan lupa siapkan camilan kesukaan istri yang sedang menyusui.

3. Mengetahui Letak Peralatan Menyusui

susu-botol
image. via Pa&Ma

Seorang ayah juga harus tahu dimana letak peralatan menyusui sehingga saat istri Anda memerlukan Anda bisa langsung mengambilkannya tanpa harus bingung dan bertanya dulu seperti apa bentuknya dan di mana istri menyimpannya. Karena kita tahu bahwa kebanyakan ayah tidak mengetahui dan menyerahkan masalah penyimpanan dll kepada istri. Nah, peralatan menyusui ini antara lain adalah bantal menyusui, krim puting, atau bip untuk bayi. Jadi, sebagai ayah ASI saat istri akan menyusui, segeralah ambilkan bantal menyusui untuknya. Jika ayah tahu istri biasa memakai krim puting setelah menyusui, cobalah bukakan penutupnya. Sedangkan jika istri akan memompa ASI, ayah bisa juga menyiapkan pompa ASI untuk memudahkan.

4. Sediakan Hiburan Untuk Membuat Hati Istri Senang

depersi-setelah-kehamilan
image. via Artikel Mutiara Islam Bagi Muslimah – WordPress.com

Ayah bisa menyiapkan hiburan saat istri hendak menyusui, hal ini bisa membuat istri senang, karena seorang ibu yang hatinya senang dan terhibur, maka akan menyusui bayinya dengan kenyang. Bahkan jikalau pun istri memompa ASI, maka ASI yang dikeluarkan akan banyak. Karena proses menyusui pun dipengaruhi oleh keadaan psikis yang bahagia.

5. Jangan Ragu Untuk Membantu Istri Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

menghargai-anak
image. via www.klikdokter.com

Aayah, ingatlah bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga bukan sepenuhnya menjadi kewajiband an tanggung jawab istri, jadi jangan pernah ragu untuk membantunya ya. Mungkin bahkan rasanya sulit bagi istri dan ibu menyusui untuk bisa duduk tenang dan fokus menyusui bayi saat ia kepikiran tentang aneka pekerjaan rumah yang masih menumpuk. Mengingat Ayah tidak mungkin menggantikan istri menyusui, maka apa salahnya jika ayah membantu melakukan pekerjaan rumah tangga yang belum terselesaikan, terlebih saat ayah memiliki waktu yang cukup luang.

6. Tak Segan Untuk Memuji Istri

menceritakan-suami
image. via siteinformasi.blogspot.com

Hal lain yang bisa dilakukan ayah ASI adalah dengan sering-sering memberikan pujian pada istri selama dan setelah ia menyusui si kecil, misalnya “Terima kasih Bunda, sudah membuat anak kita kenyang kembali” atau mungkin “Kalau rajin minum susu Bunda, pasti kamu nanti besarnya juga akan cantik seperti Bunda”. Hal sederhana ini akan membuat suasana hati  ibu menyusui menjadi lebih bahagia, karena Istri juga butuh mendengarkan kata-kata indah dari pasangannya setelah lelah memberikan ASI. Kata-kata ini tidak sulit untuk diucapkan, tapi sangat berarti untuk membantu memberi penghargaan, energy, dan motivasi baru bagi istri yang sedang menyusui.

7. Cobalah Sesekali Ayah Memberikan Istri Pijatan

keluarga-bahagia
image. via lukihermantofotografix.wordpress.com

Pada masa awal menyusui, mungkin istri sulit menemukan posisi yang pas untuk menyusui. Kadang ia mudah merasa pegal dan kaku saat harus duduk tidak bergerak dalam waktu lama agar si kecil tetap nyaman saat disusui. Karena itu, istri pasti akan senang bila tubuhnya yang letih dipijat oleh suami tercinta. Selain akan membuat istri relaks, hal ini juga bermanfaat menumbuhkan hormon oksitosin untuk memperbanyak produksi ASI-nya. Hormon tersebut didapatkan jika istri merasa bahagia. Maka dengan semakin relaks dan bahagia seorang istri, akan semakin lancar produksi ASI nya.

8. Jangan Lupa Untuk Menanyakan Kebutuhan Istri

saling-mendengarkan
image. via lukihermanto.com

Meski terdengar sederhana, tapi tetap saja para ayah sering lupa dengan yang satu ini. Jadi, jangan lupa untuk bertanya pada istri yang sedang menyusui, apa yang bisa ayah lakukan untuk membantunya. Meski terkadang, istri tidak membutuhkan apa-apa, karena ia hanya perlu diperhatikan oleh suaminya.

Simak juga “10 Bagian Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Simak juga “Depresi Pasca Melahirkan Yang Harus Dipahami Oleh Seorang Suami

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait