Anak Kecanduan Gadget? Ini 3 Solusi Yang Bisa Dilakukan Mom

anak-main-gajet

Kemajuan teknologi memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia, mulai dari memudahkan pekerjaan manusia, hingga malah merepotkan jika memang orang yang bersangkutan tidak mampu menguasainya. Dan kini, teknologi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah teknologi komunikasi berupa gadget, bisa laptop atau pun ponsel. Kekuatan gadget itu mampu menembus hampir seluruh lapisan masyarakat. Bahkan sudah bukan hal aneh lagi jika anak kecil kini sudah membawa smartphone kemana-mana. Mereka keranjingan game online dan akhirnya kecanduan gadget, seolah tak bisa hidup tanpa gadgetnya.

Lalu, apa sih yang bisa para orang tua lakukan saat menghadapi anak yang kecanduan gadget?

Karena kita tahu bahwa kecanduan gadget sangat berdampak buruk bagi anak-anak, mulai dari kesehatan, dan juga pola hidup mereka. Dan dampak jangka panjangnya yaitu akan membuat anak tumbuh dengan pribadi yang individualis dan egois. Prestasi menurun karena terlalu asik maen gadget dan akhirnya enggan untuk belajar. Lebih parahnya lagi kecanduan gadget bisa membuat si kecil kehilangan waktu tidur akibat terlalu asik bermain gadget.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa membuat anak tidak kecanduan gadget:

1. Jangan Memperkenalkan Gadget Pada Anak Di Usia Dini

dilarang-menggunakan-gajet
image. via www.wajibbaca.com

Sudah tak heran melihat anak-anak kecil pandai mengoperasikan gadget, terutama ponsel. Dan, jika hal ini dibiarkan tanpa control dari orang tua, maka akan berdampak sangat buruk pada anak. Jadi, hal bijak yang harus dilakukan oleh orang tua adalah dengan tidak memperkenalkan gadget pada anak-anak usia dini, toh mereka juga belum membutuhkan gadget sebagai suatu kebutuhan yang penting. Jadi, lebih baik perkenalkan anak-anak kita pada permainan tradisional atau permainan konvensional yang memiliki manfaat untuk perkembangan otaknya.

2. Jelaskan Pada Anak Mengenai Apa Itu Gadget dan Fungsinya

mengajarkan-apa-itu-gajet
imgae. via www.ppgsidoarjo.org

Jika anak kita merengek ingin dibelikan gadget atau diam-diam menggunakan gadget orang tua, maka jangan memarahi mereka, tetapi jelaskan pada mereka mengenai apa itu sebenarnya gadget. Cobalah jelaskan mengenai manfaat dan fungsi dari gadget itu dengan menggunakan Bahasa mereka, agar anak tidak lagi merengek lagi dan mengerti.

3. Berikan Contoh Yang Baik

memberikan-contoh-yang-baik
image. via http://www.arrahman.id/lakukan-5-tips-ini-agar-si-kakak-lebih-menyayangi-adiknya/

Ingat, orang tua adalah guru pertama yang akan ditiru oleh anak-anak. Jadi jangan hanya melarang mereka saja, namun berikan contoh yang baik bagi anak. Jadi, saat ada anak, jangan berlama-lama dengan ponsel, cobalah habiskan waktu dengan si kecil. Karena itu adalah contoh nyata yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Simak juga “5 Solusi Agar Anak Tidak Suka Bohong

Simak juga “Lakukan 5 tips ini agar si kakak lebih menyayangi adiknya

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait