Antara Belajar atau Bermain? Ini Yang Harus Dilakukan Saat Anak Memasuki Pra Sekolah

memberi-teladan

Banyak orang tua menyayangkan bagaimana anak mereka belajar di pendidikan pra sekolah. Karena pendidikan pra sekolah dianggap hanya tempat bermain-main saja, bahkan anak-anak tak masuk sekolah pun tak masalah, terlambat pun santai saja, anak-anak hanya diajarkan menyanyi, mengenal warna, atau mungkin hanya mengenal bentuk.

Bunda, pastikan dulu deh, jangan langsung menjudge begitu ya. Karena pada dasarnya pendidikan pra sekolah ini umumnya dimaksudkan untuk mempersiapkan anak-anak sebelum masuk sekolah taman kanak-kanak, karena masa pra sekolah ini akan memberikan kesempatan bagi anak untuk berkenalan dan berinteraksi dengan anak-anak lainnya. Jadi tak salah juga jika anak-anak pra sekolah hanya diberikan pelajaran dasar sekali, dan selebihnya adalah bermain.

1. Pra Sekolah Adalah Saatnya Untuk Mulai Bersosialisasi

anak-sekolah
image. via keluargacinta.com

Ingatlah bahwa anak-anak kecil perlu mengembangkan keterampilan bersosialisasi, jadi mereka untuk berbagi perasaan dan juga belajar berperilaku. Dengan cara ini maka jelas bahwa diharapkan anak-anak yang masuk pra sekolah bisa belajar mengenai keterampilan social. Jadi jangan heran ya Bunda jika pendidikan pra sekolah anak-anak biasanya lebih banyak aktivitas bermain secara bersama-sama. Karena kita tahu bahwa bermain adalah konteks terbaik bagi anak-anak untuk belajar.

2. Lihat Usia dan Kemampuan Anak Saat Memasuki Pra Sekolah

memberikan-stimulus
image.via www.klikdokter.com

Pada umumnya anak-anak saat ini mulai dimasukkan ke dalam pendidikan pra sekolah ketika ia sudah berusia 3-4 tahun, karena di usia ini biasanya anak-anak sudah mulai bisa mengucapkan kata-kata meskipun kadang belum terlalu jelas dan sudah bisa mengerti serta memahami suatu perintah meski belum sempurna.

3. Memilih Tempat Pra Sekolah

mengajari-anak-berhitung
image. via tribratanewskendal.com

Hal lain yang harus dilakukan oleh orang tua saat anak sudah akan masuk pra sekolah adalah memilih lembaga pra sekolah yang sesuai. Ada beberapa pertimbangan penting yang harus diketahui oleh para orang tua saat hendak memilih lembaga pra sekolah untuk si kecil. Orangtua perlu mengetahui sekolah mana yang baik untuk anaknya. Kita tahu bahwa saat ini ada banyak pilihan sekolah mulai dari sekolah milik negeri, sekolah berbasis agama, sekolah bertaraf internasional atau sekolah dengan pola belajar khusus seperti sekolah alam. Tapi yang terpenting adalah sekolah tersebut terdapat tempat bermain anak untuk mengembangkan 5 hal penting, yaitu spiritual, emosional, jasmani, intelektual, dan juga sosialnya, yang dikemas apik dalam sebuah kegiatan belajar mengajar.

Simak juga “Hati-hatilah, Karena Anak Selalu Mencontoh Orang Tua

Simak juga “Faktanya, Berbicara Pada Janin Itu Mendatangkan Banyak Manfaat Baik

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait