Apakah Boleh Ibu Hamil Melakukan Perawatan Tubuh?

muslimah-hamil

Baik sedang hamil atau tidak, sudah pasti setiap wanita ingin selalu terlihat bersih, segar dan cantik. Tapi sayangnya banyak ibu hamil yang memilih menunda melakukan perawatan tubuh karena khawatir dengan zat kimia yang terdapat dalam kosmetik yang bisa mempengaruhi kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Lalu, apakah sebenarnya boleh ibu hamil melakukan perawatan tubuh?

Sebenarnya bolah-boleh saja jika ibu hamil ingin melakukan perawatan, hanya saja harus selektif memilih produk perawatan yang akan dipakai. Pastikan ibu memperhatikan proses perawatan tubuh agar tetap menggunakan bahan-bahan alami, alias terhindar dari zat kimia berbahaya misalnya merkuri, karena secara ilmiah merkuri memang terbukti memberikan dampak secara langsung kepada janin.

Nah, untuk lebih amannya, berikut kita bagikan beberapa perawatan tubuh yang diperbolehkan saat hamil:

1. Perawatan Wajah Untuk Ibu Hamil

facial
image. via www.dream.co.id

Para wanita sepertinya sudah sangat terbiasa dengan facial, karena ini adalah jenis perawatan wajah yang paling sering dilakukan. Nah, kalau ibu biasa melakukan facial secara rutin sejak sebelum hamil, maka rutinitas itu tidak perlu dihentikan meskipun sedang dalam masa hamil. Facial tetap aman dilakukan, catatannya harus berkonsultasi dan menyampaikan bahwa saat ini sedang hamil serta memastikan bahwa tidak ada kandungan zat kimia yang bisa membahayakan janin secara khusus dalam proses facial.

2. Perawatan Kuku Untuk Ibu Hamil

merawat-kuku
image. via www.laksani.com

Perawatan kuku kaki dan tangan atau menicure dan pedicure masih tetap bisa kok dilakukan ibu hamil, ini bisa dilakukan maksimal 2 minggu sekali. Hindari penggunaan pewarna kuku yang mengandung bahan kimia toluene, serta aseton yang biasa terkandung pada penghilang pewarna kuku.

Namun jika merasa ragu, maka ada baiknya ibu hamil melakukan perawatan kuku dan kaki secara mandiri di rumah saja yang jelas aman.

3. Perawatan Rambut Untuk Ibu Hamil

hairspa
image. via entrepreneur.bisnis.com

Jika kamu termasuk wanita yang rajin ke salon untuk melakukan perawatan rambut, creambath, hairspa, atau mungkin masker rambut. Selama masa kehamilan ibu hamil bisa tetap melakukannya. Karena yang dilarang adalah perawatan seperti pengecatan rambut, smoothing, atau rebonding yang menggunakan zat kimia.

4. Perawatan Tubuh Bagi Ibu Hamil

merawat-tubuh
image. via www.ummi-online.com

Sedangkan untuk perawatan tubuh, ibu hamil masih bisa tetap melakukan spa, karena spa adalah perawatan tubuh yang aman untuk ibu hamil. Hanya saja yang terpenting saat spa, hindari pemijatan di area perut, dan selama proses pemijatan sebaiknya ibu hamil tidak dalam posisi telentang, jadi pilihlah posisi miring kiri atau ke kanan.

Jadi tak ada halangan untuk ibu hamil melakukan perawatan, hanya saja yang perlu diingat adalah kandungan bahan kimia dalam proses perawatan, dan cara melakukannya yang harus tetap aman bagi ibu dan janin.

Simak juga

5 Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai Untuk Si Kecil

8 Pertanyaan Ini Memang Sungkan Ditanyakan Pada Dokter Kandungan

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait