Ayah, Lakukan Ini Saat Si Kecil Tantrum

i love you ayah

Sebagai seorang ayah, mungkin akan mengalami kebingungan jika si kecil mengamuk dan menangis terus menerus. Terlebih kalau hanya sedang berdua saja di rumah, karena mungkin bunda sedang keluar. Apa sih tindakan tepat yang sebaiknya ayah lakukan untuk menangani si kecil yang sedang tantrum ini. Berikut kita bagikan dan simak bersama tips singkatnya.

1. Jangan Terpancing Emosi

anak-sayang-ayah

Ingat, seorang ayah adal sosok hero dan pelindung dalam sebuah keluarga. Jadi, sebagai seorang ayah yang bijak, wajib menghindari kekerasan fisik, bahkan verbal, jangan pernah mengeluarkan kata-kata kasar atau mengancam buah hati Anda. Tahanlah emosi, karena jika ayah terpancing emosi, maka si kecil bukannya akan diam, tetapi justru akan semakin rewel. Karena sebenarnya, si kecil tak pernah berniat membuat orang tuanya marah. Hanya saja, di usia yang masih kecil, anak-anak sulit untuk mengekspresikan dan mengungkapkan isi hatinya.

Jadi, jangan terpancing emosi dan tetaplah sabar, cobalah untuk memeluk dan menenangkan si kecil dengan halus, karena ini akan membuat si kecil lebih tenang.

2. Jadilah Ayah Yang Pintar

ayah-yang-cerdas

Sebagai orang dewasa, cobalah untuk mencari tahu, apa sebenarnya yang diinginkan si kecil. Karena dengan mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan si kecil, maka ayah akan bisa menemukan solusinya. Jika mungkin selama ini ayah jarang berinteraksi intens dengan si kecil yang sedang tumbuh, karena ayah sibuk di kantor, maka inilah saatnya ayah mengenal kembali buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Banyak hal baru yang dialaminya, dan ayah juga harus mengetahuinya.

3. Jangan Tunduk Pada Anak

ayah-yang-baik

Saat si kecil tantrum, dan ayah dilanda kebingungan, maka tetaplah berpikir secara rasional. Jangan dengan semena-mena langsung menuruti apapun keinginan si kecil dengan harapan asal dia diam. Karena jika ayah melakukan itu, bukan tak mungkin justru si kecil akan kebiasaan rewel demi untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Ayah, ingatlah jangan sampai menyerah, jangan selalu memenuhi permintaannya, berikanlah nasihat-nasihat secara sederhana agar si kecil lebih mudah mengerti mengenai apa yang diinginkannya.

4. Bangunlah Sebuah Komunikasi Antara Ayah dan Anak

dialog-orang-tua

Komunikasi adalah salah satu jalan keluar untuk memecahkan masalah. Jadi, ajaklah si kecil untuk berkomunkasi dengan baik. Berikanlah pengertian bahwa dengan menangis dan rewel, ayah tidak mengerti dengan apa yang dia inginkan. Berikan nasihat pada si kecil agar ia berhenti menangis dan berbicara dengan baik, lakukan kontak mata dan pastikan si kecil menatap Anda dan mengerti ucapan Anda. Ingat, ayah jangan pernah melakukan ancaman pada si kecil, karena dia hanya akan takut dan justru semakin rewel.

Jadi, berbicalah dengan jelas sampai si kecil mengerti dan mengungkapkan keinginannya tanpa menangis.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait