Banyak Teman Menjodohkan Dengan Orang Yang Tidak Sesuai Kriteriaku, Bagaimana Menanggapinya?

ketika teman menjodohkanku

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr wb

Jika dalam menjemput jodoh kita merasa sudah berusaha semaksimal mungkin, dan minta bantuan kepada teman-teman dan orang terdekat tapi kebanyakan mereka menjodohkan dengan orang yang sama sekali jauh dari kriteria kita, bagaimana cara kita menanggapinya?

Jawaban :

Wa alaikumus salam wa rahmatullah
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Ikhtiar menjemput jodoh dengan meminta bantuan teman-teman dan orang terdekat sudah kamu lakukan. Sebaiknya dalam menanggapinya kamu tidak langsung menolak ya. Kenali dulu orangnya, liat dari segi agama, akhlak, keluarganya, finansialnya, juga dari segi fisiknya. Cocokkan dengan kriteria suami idamanmu. Apakah kekurangannya bisa dimaklumi.
Kemudian istikharah dulu. Ikhlaskan hatimu, minta petunjuk pada Allah, agar diberikan jodoh yang terbaik, dan diberikan kemantapan untuk menentukan pilihan.
Jika memang kriteria suami idamanmu tidak ada pada diri laki-laki yang dijodohkan kepadamu tetapi menurutmu hal itu harus ada pada diri suamimu kelak dan setelah istikharah hatimu tetap ragu dia pantas jadi suamimu, kamu boleh menolaknya. Penolakan dalam ta’aruf ataupun lamaran diperbolehkan kok.
Tapi tetap ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Jangan sampai kriteriamu malah menjadi penghalang jodohmu.
Dan jangan lupa kamu harus berterima kasih kepada teman dan orang-orang terdekatmu yang sudah membantu ikhtiarmu untuk menjemput jodoh. Sebaiknya ungkapkan ke mereka kriteria suami idamanmu, mana yang harus ada, dan mana yang boleh tidak ada dan dapat dimaklumi ketika hal itu belum ada pada diri calon jodohmu.

Simak ulasan

Mau Jodohnya Didekatkan? Kamu Harus Coba 14 Cara Ini!

4 Hal Positif Dari Kensendirian Saat Menanti Imam Yang Tepat

Ingatlah, ketika kita sudah berusaha maksimal tetapi belum juga bertemu dengan jodoh, mungkin Allah ingin agar kita lebih dekat kepada-Nya, perbanyak berdo’a, merayu Allah. Luruskan niat dan teruslah memperbaiki diri agar dipercaya Allah untuk segera menikah. Dalam upaya menjemput jodoh, selalu libatkan Allah dalam setiap prosesnya, istikharah dan bawa dalam do’a.

Semoga jawabannya bisa membantu.

Artikel Terkait