Belasan Tahun Menikah, Namun Nuansa Honeymoon Terus Terasa

nuansa-honeymoon-terus-terasa

Untuk semua pasangan yang sudah menikah, masa-masa honeymoon adalah masa yang paling indah untuk dikenang sepanjang perjalanan hidup mereka. Rasa bahagia dan lega seolah melekat merayakan penyatuan cinta mereka, dan inilah yang kan selalu menghiasai hari-hari pertama usai pernikahan.

Saat honeymoon, biasanya mulai muncul harapan dan cita-cita bersama yang semakin jelas. Pasangan baru ini senantiasa saling meyakinkan bahwa mereka akan selalu ada satu sama lain, dan mendukung satu sama lain untuk mewujudkan masa depan yang indah.

Karena hidup memang bukan sekedar untaian tawa dan kebahagiaan saja, begitu juga dengan pernikahan. Keindahan masa honeymoon seolah menguap saat satu persatu anak mulai lahir. Harapan indah seringkali menguap ketika kesibukan pekerjaan dan kehidupan sosial mulai mewarnai pernikahan pasangan baru ini.

Namun usaha untuk mempertahankan kehangatan hubungan pernikahan ala honeymoon harus terus dilakukan, meski kalian berdua telah belasan tahun menikah dengan cara berikut.

1. Ingat Komitmen Awal Dalam Pernikahan

komitmen-dalam-pernikahan
image. via ratutakcantik.blogspot.com

Hal penting yang harus selalu diingat dalam hubungan pernikahan agar tak kehilangan rasa romantic ala honeymoon adalah dengan mengingat apa komitmen awal yang telah terikrar dan mengantarkan mereka pada pernikahan. Memang gejolak dalam sebuah hubungan antara suami istri ini biasa terjadi karena berbagai alasan. Namun satu hal pasti adalah karena masing-masing tidak lagi setia pada komitmen awal.

Kesetiaan dan komitmen awal ini harus benar-benar tengiang dalam benak setiap pasangan. Dan mempertahankan pernikahan adalah sebuah kewajiban sepasang suami istri yang tak boleh dilupakan. Selalu lah melakukan introspeksi diri kita sendiri jika terjadi masalah, bukannya mengintrospeksi pasangan kita.

2. Ini Bukan Saatnya Mempertanyakan Perasaan Kita Lagi

menjadi-suami-istri-yang-baik
image. via khurinfirdaus.blogspot.com

Kalian sudah memasuki bahtera rumah tangga dan sudah mengarungi lautan kehidupan, jadi bukan saatnya lagi kalian mempertanyakan perasaan kalian. Tetapi mulailah berjuang mengarungi lautan, dan cintai setiap hari yang kalian lewati bersama. Ciptakan suasana hangat yang biasa kalian lakukan saat masih masa pacaran dulu, dan jangan membuang kebiasaan unik yang hanya kalian berdua ketahui, karena itu adalah kunci yang akan membuat perasaan kalian tidak akan pernah berubah.

3. Nggak Perlu “ngelirik” Orang Lain

yakin
image. via www.detakmuslim.com

Jika memandang orang lain saat berinteraksi adalah wajar. Tapi saat hati sedang ada masalah dengan pasangan, maka memandang orang lain bisa menjadi pintu masuk “perselingkuhan”. Tentu saja, karena diluar sana akan ada begitu banyak orang menarik, bahkan mungkin dalam lingkaran pertemanan sosial media.

Jadi, berhati-hatilah berhubungan, bahkan dengan teman kita sendiri. Sebelum kamu terjerumus lebih jauh, maka hentikan keinginan untuk memandang lebih jauh. Ingat, tak perlu bermain api jika tak ingin terbakar.

4. Redam Ego Saat Mengambil Keputusan

regam-egois
image. via www.hidayatullah.com

Keputusan yang baik adalah keputusan yang terlahir dengan objektif, tanpa egoism dan intimidasi. Karena keputusan yang didasarkan pada harga diri berlebih, malah sering membawa bencana, dibanding kesejahteraan. Ingat bahwa pernikahan tak hanya menyatukan dua orang, melainkan dua keluarga besar dan juga kehidupan social. Maka untuk membuat pernikahan kamu bisa selalu dalam suasana honeymoon, sebaiknya berikan ijin pada pasangan untuk tumbuh dalam kehidupan sosialnya.

5. Mau Mendengarkan Pasangan

saling-mendengarkan
image. via www.potreto.net

Tahukah kamu saat seseorang bahkan pasangnmu sedang dalam masalah, hal yang mereka inginkan sebenarnya tak sekedar simpati, melainkan juga empati. Maka, dengarkanlah pasanganmu tanpa memberikan komentar atau malah menceramahinya. Bijaklah dalam bersikap, cukup dengarkan ia, dan jangan lupa memberikan pundakmu untuk menjadi tempatnya bersandar.

6. Tak Perlu Gengsi Dengan Kelemahanmu

percaya-diri
image. via www.ayeey.com

Manusia adalah makhluk yang sarat dengan kekurangan, karena yang Maha Sempurna hanyalah Allah SWT. Jadi untuk apa lagi malu dan selalu menutupi segala keluranganmu dengan beragam cara hanya untuk menjaga harga dirimu?

Maka, setelah kamu menikah dengan seseorang yang kamu anggap cocok, maka untuk apalagi menutupi segala kekuranganmu, toh saat memutuskan untuk menikah dahulu kalian sudah siap dan menerima segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka yakinlah dan cobalah untuk terbuka, jujur dengan ketidaknyamanan atau kegalauan yang kamu rasakan pada teman hidupmu.

7. Kenanglah Saat-Saat Honeymoon

mengenang-masa-ta'aruf
image. via unycommunity.com

Ingin menumbuhkan perasaan honeymood setiap waktu meski sudah belasan tahun menikah, tentu saja dengan selalu mengingat kenangan honeymoon kalian yang terasa baru kemarin saja berlalu. Sesekali kalian bisa pergi pacaran berdua, namun bedanya kini pacaran setelah halal.

Hidup ini akan indah, lebih dari yang kalian bayangkan, asalhkan kalian bisa mensyukuri setiap apa yang terjadi pada hidup kalian. Jangan pernah menghujat dan mengabaikan setiap detik anugerah kebersamaan yang kalian rasakan, agar kalian selalu bersyukur memiliki pasangan terbaik.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait