Bingung Mau Bikin Liburan Anak Kamu Lebih Berkesan? 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan!

orangtua-bersama-anaknya

Ketika musim libur tiba seperti saat ini, apalagi liburan di dalam bulan ramadhan dan akan menyambut lebaran idul fitri. Kesempatan inilah yang sangat bagus digunakan untuk memberikan yang terbaik untuk anak kamu yang lagi libur.

Namun, kadang kala orangtua bingung apa yang harus dilakukan untuk membuat hari liburan anak lebih berkesan, oleh karena itu kami memberikan solusi atas kebingungan dalam mengisi liburan tahun ini agar anak kamu lebih berkesan.

“Pada kesempatan ini gunakan untuk mengajarkan anak-anak agar lebih pandai menghargai waktu dan kesempatan ini juga adalah kesempatan dimana kamu harus meluangkan waktu kamu sepenuhnya untuk anak-anak”

Di bawah ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar liburan si buah hati lebih berkesan.

1. Gunakan dapur sebagai tempat berkarya.

memasak-bersama-anak

Pada kesempatan liburan tahun ini, gunakan waktu yang sangat baik untuk mengasah kemampuan anak-anak dalam berkarya di dapur. Biasanya anak  hanya bisa menerima makanan yang sudah di masak.

“Sekarang saatnya kamu mengajarkan bagaimana memasak resep makanan yang biasa kamu masakan untuk bekalnya disekolah.”

2. Mengajarkan anak untuk peduli sesama.

mengajak-anak-membersihkan-rumah

Ketika liburan biasanya terbenak dalam pikiran anak-anak adalah jalan-jalan, bertamasya, pulang kampung dll. Namun, pada kesempatan liburan tahun ini gunakan untuk mengajarkan agar anak bisa peduli dengan orang lain. Tidak usah repot-repot untuk mengajar itu, cukup ajak anak  untuk melakukan kegiatan keluarga, seperti menyapu halaman, membereskan rumah dan banyak lagi kegiatan yang bisa di ajak.

“Tapi ingat lo!  sambil melakukan kegiatan selipkan pesan-pesan betapa pentingnya peduli dengan sesama atau bahasa kerenya tolong-menolong.”

3. Pada libur tahun ini, ada baiknya kamu buat kelas khusus di rumah untuk mengajarkan membaca dan menulis.

membaca-dan-menulis

Walaupun libur, tapi tak salah dong jika kamu membuat kelas khusus di rumah. Sebab sebagai orangtua, kamu juga berkewajiban menjaga pelajaran selama di sekolah agar tetap ingat dan tak dilupakan oleh anak ketika liburan. Sebab biasanya ketika liburan panjang, banyak anak-anak terlena sampai melupakan pelajaran sekolah sehingga lupa pelajaran sekolah .

“Jadi, oleh karena itu sebagai orangtua sangat berperan penting untuk menjaga ingatan anak agar tidak melupakan pelajaran sekolah.”

4. Isi liburan si buah hati sambil bernyanyi.

mengajak-anak-bernyanyi

Untuk menghibur anak yang sedang berliburan, hibur dia dengan bernyanyi bersama, tentunya hal ini sangat mudah dilakukan dan dapat berkesan di hati anak.

“Sebab ketika kamu bernyanyi bersama akan lebih terasa kebersamaan dan kegembiraan di hati.”

5. Bisa juga, ajak membuat kerajinan tangan.

membuat-kerajinan-tangan-bersama-anak

Sebagai orangtua banyak sekali yang dapat kamu lakukan, salah satunya mengajak anak membuat kerajinan tangan. Banyak kerajinan tangan yang mudah dilakukan bersama, salah satu yang mudah kamu lakukan bersama adalah membuat hiasan rumah dari plastik bekas.

“Sangat menyenangkan hati, apalagi kegiatan ini jarang dilakukan di sekolah.”

Beberapa cara di atas adalah solusi kamu sebagai orangtua untuk mengisi liburan anak, agar lebih berkesan. Walaupun kelihatan sederhana, tapi itulah yang terbaik harus kamu lakukan.

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait