Cara Cerdas Menciptakan Quality Time Bersama Keluarga



Di dalam sebuah keluarga, sudah selayaknya ada peran orang tua dan juga anak yang membuat keluarga semakin lengkap. Namun tak hanya peran mereka, adanya ikatan yang kuat diantara mereka juga menjadi salah satu factor penting dalam sebuah keluarga.

Dan, untuk membuat sebuah ikatan yang kuat dalam keluarga tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab, ayah, itu, atau mungkin anak-anak saja, melainkan sebuah ikatan yang kuat terbentuk karena kerjasama saling melengkapi yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga.

JIka dalam kehidupan sehari-hari ayah dan ibu sama-sama bekerja, anak-anak sibuk bersekolah, dan mereka bertemu hanya sejenak, lalu tidur, melewati malam, dan kemudian bangun menyambut aktivitas kembali. Maka keluarga yang seperti itu akan menjadi sangat rentan terhadap konflik, karena ikatan dalam keluarga itu tidaklah kuat.

Nah, untuk menyatukan beberapa karakter berbeda dengan satu tujuan bersama memang akan lebih menantang. Namun hal ini, bukan berarti tidak bisa diwujudkan bersama, karena aktivitas masing-masing individu yang berbeda-beda sehingga waktu untuk bersama sulit sekali diluangkan. Namun kita bisa melakukan beberapa cara cerdas berikut untuk dapat menciptakan sebuah quality time bersama keluarga yang akan membuat ikatan dalam keluarga semakin kuat dan kokoh.

1. Setiap Anggota Keluarga Harus Menyempatkan Waktu Untuk Makan Malam Bersama

makan-bersama
image. via www.suara-islam.com

Waktu malam biasanya menjadi salah satu waktu dimana anggota keluarga sudah terkumpul bersama setelah aktivitas hariannya. Nah, diwaktu ini kita bisa memanfaatkan untuk melakukan sebuah kegiatan dimana kesemua anggota bisa terkumpul bersama. Salah satunya adalah dengan makan malam bersama. Selain itu, saat jam makan malam biasanya masing-masing anggota akan lebih tenang sebab tidak diburu-buru dengan terlambat pergi sekolah atau terlambat bekerja. Oleh karena itu, ajaklah semua anggota keluarga kita untuk menyempatkan waktu duduk dimeja makan bersama-sama dan berbagi keluh-kesah serta pengalamannya hari ini. Cobalah untuk saling mendengarkan satu sama lain, karena dengan begitu kita akan menjadi semakin peduli dan tahu apa yang sedang dialami oleh anak-anak, atau bahkan orang tua itu sendiri.

2. Saat Libur Baiknya Mengerjakan Pekerjaan Rumah Bersama

beres-beres-rumah
image. via bersamadakwah.net

Gotong royong dan kerja bakti di dalam rumah juga sangat penting untuk dilakukan, dan dapat menjalin kedekatan lebih diantara anggota keluarga. Jadi manfaatkanlah waktu liburan dengan mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama. Karena jelas kita akan sangat bosan jika hanya berdiam diri menonton televisi atau sibuk dengan urusan masing-masing. Hal ini akan bermanfaat, terutama jika keuangan sedang memasuki masa akhir bulan, hal ini tentu akan sangat menjengkelkan. Jadi waktu seperti ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin kedekatan bersama dengan keluarga secara bersama-sama. Ajaklah anak dan suami untuk ikut terlibat membantu pekerjaan rumah yang dilakukan secara bersama-sama. Misalkan seperti berkebun, menyiram tanaman atau membersihkan rumah. Hal ini bisa sekali dijadikan rutinitas yang menyenangkan.

3. Pergi Berwisata Keluarga Bersama-sama

berwisata
image. via aammustofa.wordpress.com

Berbeda lagi jika awal bulan dan punti-pundi keuangan sedang dalam masa yang baik. Kita bisa membuat agenda liburan bersama keluarga, selain untuk mendekatkan hubungan setiap anggota keluarga, liburan ini juga dapat menghilangkan stress dan beban pikiran yang sedang dialami oleh setiap anggota keluarga.

Selama ini liburan bersama keluarga memang sangat menyenangkan, dan hal ini tentunya akan meningkatkan jalinan kasih antara masing-masing individu dalam keluarga.

Demikian ini beberapa cara cerdas yang bisa kita lakukan untuk menciptakan quality time dalam keluarga. Karena sebuah hubungan baik yang terjadi diantara keluarga tentunya akan melahirkan keluarga yang harmonis dan juga penuh dengan cinta.

Simak juga —> “7 Nasihat Untuk Para Istri Agar Keharmonisan Rumah Tangga Terjaga

Simak juga —> “Ketahuilah Bahwa Pasanganmu Adalah Pakaianmu

Simak juga —> “10 Hal Ini Paling Diharapkan Istri. Sang Suami Harus Tahu!

Semoga bermanfaat…

 

Artikel Terkait