4 Cara Jitu, Ajak Si Kecil Berpuasa Sejak Dini

memotivasi-anak-berpuasa

Berpuasa menjadi salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan oleh umat Islam, terutama bagi mereka yang sudah berusia dewasa. Namun tidak ada salahnya jika sejak masih usia dini sudah diajarkan berpuasa, agar anak-anak bisa mengenal makna Ramadhan dengan lebih baik, sehingga kelak saat sudah dewasa mereka sudah terbiasa berpuasa wajib di bulan Ramadhan.

Meskipun begitu, ada banyak tantangan yang akan dialami para orang tua saat mengajak si kecil berpuasa di bulan Ramadhan. Misalnya saja adalah anak-anak belum paham makna berpuasa, anak-anak belum kuat menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu lainnya, bahkan mereka mungkin belum bisa membedakan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mereka berpuasa.

Untuk mempermudah para orang tua mengajak si kecil berpuasa, berikut kita bagikan beberapa cara jitu untuk mengajak si kecil berpuasa.

1. Berikan pemahaman ringan mengenai puasa dan makna bulan Ramadhan bagi umat Islam

mengajak-anak-puasa

Sebelum kita mengajak si kecil berpuasa di bulan Ramadhan, alangkah baiknya kita memberikan pemahaman ringan mengenai makna berpuasa di bulan Ramadhan. Karena dengan begitu si kecil telah memiliki sedikit gambaran bahwa apa yang dilakukannya adalah ibadah dan perintah dari Allah SWT. Jangan sampai orang tua hanya mengajak dan menyuruh anak berpuasa, tanpa memberikan pemahaman, karena itu justru akan menimbulkan pertanyaan bagi si anak.

2. Jangan ragu untuk memberikan apresiasi

hadiah dari bapak

Sebagai media pembelajaran untuk si kecil, jangan pernah ragu untuk memberikan apresiasi bagi si kecil, terlebih jika si kecil berhasil menyelesaikan puasa dalam satu hari full. Namun jikalau pun belum bisa selesai satu hari full atau mungkin hanya setengah hari, tetaplah memberikan apresiasi padanya, karena itu akan memotivasi anak-anak untuk terus berpuasa. Hanya saja ingat, jangan pernah memaksa si kecil untuk berpuasa full jika memang dia tidak kuat, karena kita tahu fisik anak-anak terlebih yang masih dibawah 7 tahun.

3. Buatlah menu favorit si kecil untuk berbuka dan sahur

makanan-favorit-anak

Saat hendak membuat hidangan buka puasa atau sahur, pastikan menanyakan menu apa yang diinginkan si kecil. Karena menyantap menu favorit saat buka dan sahur juga menjadi salah hal yang dapat memotivasi bagi anak-anak. Bahkan jangankan anak-anak, orang dewasa pun seringkali sangat senang jika menu favoritnya ada di meja makan.

4. Ajak dia untuk beraktivitas seru saat berpuasa

main-layangan

Ajaklah si kecil beraktivitas ringan dan menyenangkan saat siang hari atau saat berpuasa, karena hal itu bisa membuat si kecil lupa dengan rasa laparnya. Intinya jangan biarkan mereka terlalu focus pada puasa tanpa kegiatan, karena itu akan membuat mereka merasakan lapar. Cobalah mengajaknya memasak atau membuat cemilan ringan untuk berbuka, dan disela-sela aktivitas itu, kita bisa menceritakan kisah atau hal yang berhubungan dengan makna berpuasa atau keislaman.

Selamat menjalani bulan Ramadhan…

Artikel Terkait