6 Cara Menjaga Keharmonisan Dengan Mertua



Sebuah pernikahan adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Namun saat menikah, kita tidak semata-mata menikah dengan pasangan kita saja, melainkan juga dengan keluarganya, dengan orang tua dan kerabat lainnya. Jadi, meskipun kita tak ada hubungan sedarah, namun kita juga perlu menyayangi mertua kita layaknya kita menyayangi orang tua sendiri. Karena begitu pula yang kita harapkan dengan pasangan kita terhadap orang tua kita.

Bayangkan saja, apa jadinya jika kita selaku menantu tak harmonis hubungannya dengan mertua kita. Tentu saja akan sama-sama tidak enak bukan. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana dalam upaya mewujudkan keharmonisan antara menantu dan mertua.

1. Saling menjaga dan menyayangi

Mertua kita mungkin saja usianya sudah lanjut, dan diusia yang sudah lanjut akan sangat wajar jika mereka memiliki kesehatan yang kurang baik. Jadi sebagai menantu, sebaiknya bisa menjaga kesehatan mertua layaknya kita menjaga kesehatan orang tua kita. Masak masakan yang baik bagi kesehatannya jika mungkin kita tinggal serumah dengan mereka, dan berikanlah perhatian lebih, karena diusia ini juga mertua akan sangat butuh diperhatikan. Berikanlah hadiah di hari ulang tahunnya, atau mungkin aja mereka berlibur bersama keluarga kecil kita.

2. Bisa menghormati pandangan satu sama lain

Mertua sebagai orang tua kita juga, jadi hormati pendapatnya, jangan jadikan mereka yang kedua atau bahkan tak menganggapnya. Mengingat mereka pasti memiliki pengalaman yang lebih daripada kita, sekecil apapun. Karena menghormati orang tua adalah salah satu kunci keharmonisan keluarga. BUkan tak mungkin anak-anakmu kelak juga akan menghormatimu dengan baik.

3. Jalin komunikasi yang baik

Obrolkanlah tentang bagaimana cara mendidik anak-anak, karena orang tua pasti pernah mengalami hal yang kamu alami. Meskipun pada kenyataannya mereka tidak ikut campur dalam mengasuh anak-anakmu. Tetapi buatlah mereka merasa berguna. Karena hal seperti itu akan membuat orang tua bahagia.

4. Lebih baik memberi daripada meminta

Sebagai menantu dan anak, cobalah untuk mandiri, terlebih saat sudah menikah. Sebisa mungkin kita harus bisa member pada mereka, jangan hanya meminta. Karena memasuki masa pernikahan, adalah masa dimana kita harus bisa bertanggungjawab atas diri dan keluarga kita. Meskipun orang tua pada umumnya tidak ingin diberi oleh anak mereka. Namun bisa memberi sesuatu pada orang tua tentu akan membuat kita dan mereka lebih bahagia.

5. Menjaga silaturahmi dengan baik

Kita mungkin tinggal berjauhan dengan mertua, tapi jangan sampai silaturahmi kita terputus. Cobalah untuk rutin menelfonnya, menanyakan kabar dan juga memberikan perhatian pada mertua kita. Sedangkan jika mungkin kita tinggal dekat dengan mertua, maka rutinlah berkunjung ke rumah mereka.

6. Sempatkan selalu sholat berjamaah saat berkumpul

Tak perlu dijelaskan lagi betapa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sholat berjamaah. Bila kita dapat menyempatkan sholat berjamaah saat berkumpul dengan mertua kita, maka insyaallah keharmonisan antara menantu dan mertua akan terjalin dengan baik.

 

 

Artikel Terkait