Ikutilah 6 cara melatih diri sendiri untuk mencapai kesuksesan.



Banyak cara untuk melatih diri kita agar tetap mendapatkan keberhasilan yang kita impikan, dan cara melatih diri sendiri untuk mencapai kesuksesan seperti yang kita impikan.

Bangun Lebih Pagi

bangun lebih pagi

Sering kali kita mendengar pepatah “jangan bangun siang, nanti rejeki dipatok ayam”, pepatah tadi mengingatkan kita, bahwa kesuksesan tidak dapat diraih oleh orang-orang yang malas. Banyak fakta dari bangun pagi yang sangat positif yang dapat membawa kita mencapai kesuksesan. Contohnya bangun pagi membuat fikiran kita lebih jernih dan fresh.

“Bersegeralah dalam mencari rezeki dan kebutuhan (hajat) karena dalam kesegeraan (pergi pagi) itu terdapat keberkahan dan kesuksesan.” (HR. Thabrani)

Ketika fikiran kita jernih, inspirasi akan mudah datang, ide-ide segar akan mudah kita dapatkan. Tentunya ini akan sangat bermanfaat jika kita sedang merintis atau menjalankan sebuah kegiatan bisnis. Siapapun sadar bahwa mereka yang malas bangun pagi akan sulit untuk mendapat kesuksesan. Kecuali Anda saat ini seorang pengusaha yang sukses dengan bisnis auto pilot, kapanpun Anda bangun ya sah-sah saja.

Memilki Alasan Untuk Sukses

kejarlah impianmu

Setiap orang memilki alasan tersendiri untuk melakukan sesuatu hal, tidak terlepas untuk melakukan hal dalam mencapai kesuksesan. Alasan di sini adalah motivasi diri, hal apa yang mendorong Anda untuk melakukan hal ini dan mencapai kesuksesan. Bisa saja kaarena ingin membelikan orang tua sebuah rumah, ingin menyekolahkan anak keluar negeri dan sebagainya.

Apapun alasannya, kita harus memiliki pendorong yang akan memotivasi diri kita sendiri, akan lebih berhasil jika kita mampu memotivasi diri sendiri ketimbang kita mendapat motivasi dari orang lain. Memang motivasi dari orang sekitar pun sangat diperlukan tapi motivasi dari dalam dirilah yang utama. Jadi tentukan alasan Anda, mengapa Anda harus sukses.

Sukses Berasal dari Diri Sendiri Bukan Orang Lain

i am proud to be my self

Seperti yang sudah kita bahas, sukses berasal dari diri sendiri bukan dai orang lain. Orang lain hanyalah pendorong yang membantu Anda untuk mewujudkan impian. Pada akhirnya tetap diri Anda sendirilah yang menentukan dan memilki kontrol penuh untuk mencapai itu semua.

Orang sukses mampu bertahan karena dirinya sendiri bukan berdasarkan orang lain. Entah apapun yan trjadi, sebuah kegagalan bukanlah alasan untuk menyerah. Satu-satunya alasan untuk berhenti adalah karena mereka sudah mencapai kesuksesannya dan mempersiapkan untuk mengembangkan tujuan baru.

Selalu Percaya Diri

saya bisa

Mereka yang berhasil adalah mereka yang memilki rasa percaya diri yang tinggi, tidak malu untuk menunjukan kemampuannya di hadapan orang lain. Memilki rasa percaya diri yang tinggi berarti pula optimis terhadap sesuatu bahwa kesuksesan adalah bukan hal yang mustahil untuk dicapai.

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

 (Ali Imran: 139)

Jika Anda memilki rasa percaya diri yan tinggi, Anda akan mudah memulai komunikasi kepada orang lain, akan mudah membangun hubungan dan kerja sama. Di dalam berbisnis hal ini sangat diperlukan, tapi tidak semua pebisnis memilki rasa percaya diri yang tinggi. Jadi langkah agar Anda mampu mencapai kesuksesan adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri.

Selalu Belajar

keep-learning

Kesuksesan bukanlah alasan kita untuk berhenti belajar. Siapapun yang menganggap dirinya telah mencapai kesuksesan, ia harus terus belajar. Bukan hanya untuk mencapai kesuksesan yang lebih tinggi, tapi juga untuk mempertahankan kesuksesannya.

Artinya: Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.( Q.S.al-Taubah/9:122)

Manusia tidak memilki rasa puas. Akan selalu ada hal ang membuat mereka melakukan sesuatu untuk tujuan yang lain. Oleh karena itu mereka akan terus belajar dan menambah keterampilan yang lain.

Apa lagi bagi Anda yang saat ini masih pada fase #startup alias merintis, masih banyak pembelajaran yang harus Anda kuasai. Dukungan teknis dan spiritual yang baik akan membawa Anda pada pencapaian yang Anda impikan.

Tetapkan Batas Waktu

manajemen waktu

Apapun yang Anda tergetkan akan mustahil tercapai tanpa batas waktu. Jangan pernah membuat target tanpa menjelaskan kapan target itu akan tercapai, karena yang Anda lakukan akan percuma.

Dengan menetapkan batas waktu tersebut, akan memotivasi diri Anda untuk melakukan apapun untuk agar tujuan tercapai dengan waktu yang sudah Anda tentukan. Tentunya di awal-awal merintis bisnis semangat akan naik turun. Jika Anda tidak menetapkan batas waktu, Anda akan terlena dan akhirnya hasil yang didapat akan jauh dari tujuan yang direncanakan.