Ingin Menikah Tapi Status Masih Mencari Pekerjaan. Apakah Diperbolehkan?

Mau menikah tapi masih mencari pekerjaan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr wb

Apakah diperbolehkan orang yang ingin menikahi seorang perempuan tapi sampai dia sekarang sedang mencari pekerjaan?

Jawaban:

Wa alaikumus salam wa rahmatullah

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Boleh saja menikah ketika belum mampu secara ekonomi, asalkan adanya penerimaan dari wanita. Wanita bisa menerima kesederhanaan dalam perayaan walimah, kesederhanaan hidup di awal-awal pernikahan, dan rela berjuang bersama demi hidup yang lebih baik. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita menikah, sebagaimana diriwayat-kan oleh al-Bukhari dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu. Ia menuturkan: “Kami bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pemuda yang tidak mempunyai sesuatu, lalu beliau bersabda kepada kami:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ، مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

‘Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa; karena puasa dapat menekan syahwatnya (sebagai tameng).’”[5]

Sebuah janji Allah tentang jaminan rezeki bagi yang menikah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya…” [An-Nuur/24: 32].

Asalkan niat kita lurus untuk menikah, melaksanakan ibadah dan untuk menjaga diri dari kemungkaran yang mungkin dilakukan, asalkan kita terus berusaha untuk menjemput rezeki Allah yang ada dimana-mana (tidak lantas hanya menjadi pengangguran) dan terus berdoa dan tawakkal pada Allah, in sya Allah Allah yang akan mencukupkan rezeki setelah menikah.

Semoga jawabannya bisa membantu.

Artikel Terkait