Ini 6 Cara Tepat Untuk Memilih Pasangan Idaman

Pasangan-idaman

Jalinan cinta dua orang manusia yang terikat dalam sebuah pernikahan adalah hal yang sangat diperhatikan dalam ajaran agama Islam yang mulia. Bahkan kita dianjurkan untuk serius dalam hal pernikahan ini dan dilarang menjadikannya sebagai bahan main-main.

Salah satunya penyebabnya adalah karena menikah itu berarti mengikat sebuah komitmen bersama seseorang untuk menjadi teman hidup tidak hanya untuk satu atau dua hari saja bahkan seumur hidup. Jadi selain tidak boleh untuk bercandaan, menikah juga sesuatu hal sacral yang harus dipikirkan dengan sangat baik, bahkan kehati-hatian itu pun harus sudah mulai diterapkan saat memilih calon pasangan.

Seperti apa sih sosok pendamping idaman yang diinginkan oleh setiap orang? Berikut kriterianya dan cara tepat untuk memilihnya.

1. Taat kepada Allah

Wanita-berdoa

Taat kepada Allah dan juga pada Rosul-Nya adalah satu kriteria yang paling utama dari kriteria yang lain. Oleh karena itu dalam memilih calon pasangan hidup, harus memenuhi satu syarat ini. Karena ketaatan seseorang kepada sang Pencipta akan menuntun ia menjadi seseorang yang baik, baik sebagai dirinya pribadi atau sebagai pasanganmu kelak. Jika demikian, maka ilmu agama adalah hal yang sangat penting yang menjadi perhatian untuk memilih pasangan hidup. Karena bagaimana mungkin seseorang mampu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, jika ia tak taat pada Allah.

2. Adanya Kesetaraan

pasangan-ideal

Dalam hal ini yang dimaksud setara bukanlah mengenai tingkat social dan kemapanannya, melainkan dalam kepribadiannya. Jadi pria yang baik akan menemukan wanita yang baik, begitu juga sebaliknya, pria yang kurang baik tercipta untuk wanita yang kurang baik. Karena Allah itu adil.

3. Carilah Ia Yang Menyenangkan Jika Dipandang

indah-di-pandaang

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits yang telah disebutkan, membolehkan kita untuk menjadikan salah satu faktor fisik sebagai salah satu kriteria memilih calon pasangan hidup. Karena wajah yang cantik atau pun tampan, juga keadaan fisik yang menarik lainnya dari calon pasangan hidup kita adalah salah satu faktor penunjang keharmonisan rumah tangga. Tapi ingat, jangan jadikan hal ini sebagai hal yang utama. Kamu cukup mempertimbangkan hal tersebut sejalan dengan tujuan dari pernikahan, yaitu untuk menciptakan ketentraman dalam hati manusianya.

4. Subur Atau Mampu Menghasilkan Keturunan

wanita-hamil

Di antara beribu hikmah dari pernikahan salah satunya adalah untuk meneruskan keturunan dan memperbanyak jumlah kaum muslimin dan memperkuat kemuliaan kaum muslimin. Karena dari sebuah pernikahan diharapkan lahir anak-anak yang kelak menjadi orang-orang yang shalih yang mendakwahkan.

5. Khusus Wanita untuk Memilih Calon Suami

pri-mapan

Khusus bagi seorang wanita yang hendak memilih calon pendamping hidup, ada satu kriteria yang penting untuk diperhatikan. Adalah calon suami memiliki kemampuan untuk memberi nafkah lahir dan batin. Karena memberi nafkah merupakan satu kewajiban seorang suami. Namun criteria ini jangan sampai menjebakmu menjadi seorang wanita yang matrealistis dan melihat seseorang hanya dari kemampuan finansialnya saja ya, karena hal ini juga bisa menjdi satu ujian bagi seorang wanita.

6. Khusus untuk Memilih Istri

wanita-shalehah

Salah satu bukti bahwa wanita memiliki kedudukan yang mulia dalam Islam adalah bahwa terdapat anjuran untuk memilih calon istri dengan lebih selektif. Yaitu dengan adanya beberapa kriteria khusus untuk memilih calon istri. Di antara kriteria tersebut adalah memilih calon istri yang mau taat kepada suami. Karena seorang suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Jadi, sudah sepatutnya seorang pemimpin untuk ditaati, karena ketika ketaatan ditinggalkan maka hancurlah rumah tangga yang dijalankan. Selain itu seorang istri idaman adalah ia yang mau mejaga auratnya dan tida memamerkan kecantikannya kecuali pada suaminya.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait