Ini Kesalahan Fatal yang Sering Kamu Lakukan Ketika Mempelajari Hal Baru

ibu-seutuhnya

Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kamu pelajari di dunia. Kamu harus membuka mata dan melihat bahwa dunia begitu luas, sedangkan kamu adalah bagian kecil di dalamnya. Ada sejuta rahasia yang menunggu untuk diungkap dan dipelajari. Begitu juga terdapat seni yang begitu banyak cabangnya dan olahraga yang seru untuk kamu coba. Saat pertama kali menekuni suatu hal yang baru bisa jadi yang kamu rasakan adalah rasa tertarik dan penasaran yang menggebu-gebu. Namun kamu harus tahu bahwa kebahagiaan di awal bisa membuatmu terlena, sehingga tak sadar kamu telah melakukan cara yang salah. Jika sudah begitu sangat besar kemungkinannya kamu akan mengalami kegagalan padahal sudah mengorbankan waktu, tenaga dan uang.

Misalnya saja melihat seorang pelukis membuatmu ingin menjadi seniman yang menghasilkan karya yang luar biasa.Di minggu pertama kamu begitu bersemangat, namun apa yang terjadi di minggu berikutnya? Kamu justru menyerah dan menyalahkan diri sendiri menganggap kamu tidak berbakat kemudian banting setir mencoba yang lainnya. Belum apa-apa saja sudah begitu, bagaimana mau berhasil. Agar usahamu untuk belajar hal baru tidak menemui jalan buntu, maka kamu harus memperhatikan strateginya. Berikut ini adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan.

1. Menetapkan Tujuan yang Lain

mengetahui-perasaan-suami
image. via www.ayeey.com

Sebelum melakukan apapun kamu harus menetapkan tujuan. Ini penting agar kamu memiliki arah dan bisa menentukan strategi untuk meraih tujuan tersebut. Misalnya saat kamu ingin belajar bahasa asing, maka kamu harus memiliki tujuan untuk apa kamu belajar. Kamu juga akan memiliki tolak ukur untuk mengetahui apakah kamu sudah berhasil atau belum. Namun seringkali dalam praktiknya, seseorang jadi kehilangan fokus dan punya banyak tujuan lain.

Saat itu terjadi padamu, tanyakan lagi pada lubuk hatimu yang paling dalam untuk apa kamu belajar dan bagaimana cara yang paling efektif untuk melakukannya.Singkirkan dulu tujuan-tujuan lain yang sebenarnya nggak penting, seperti belajar sambil nyari pacar dan sebagainya. Kamu akan terlatih untuk memfokuskan diri pada satu tujuan hingga tercapai, baru melirik tujuan lainnya.

2. Tidak Total dalam Belajar

Berterimakasih
image. via www.potreto.net

Tidak ada keberhasilan yang datang tiba-tiba tanpa disertai dengan usaha. Begitu juga saat mempelajari suatu hal yang baru. Akan ada tantangan yang harus diatasi mulai dari yang mudah hingga sulit sekalipun. Agar hasil yang didapat bisa memuaskan, kamu harus total dalam melakukannya. Misalnya saja kamu ingin belajar naik sepeda, tak cukup hanya melihat video tutorial di Youtube saja, kamu juga harus mulai memegang setir dan mengayuh. Ya, awalnya mungkin kamu akan jatuh, tapi karena totalitasmu yang tak kenal kata menyerah, maka lagi dan lagi kamu mencoba mengayuh sepeda hingga akhirnya bisa mengendarainya dengan baik.

Pikirkan tentang bagaimana Anda belajar bagaimana naik sepeda atau berenang Anda menghabiskan berjam-jam dan hari-hari di sepeda atau di dalam air. Namun, kebanyakan orang sangat bergantung pada program video atau tutorial untuk belajar sesuatu yang baru. Yang mungkin menjadi titik awal yang baik, tetapi Anda sering perlu untuk menyelam lebih dalam. Hasil penelitian juga menunjukkan jika belajar yang disertai praktik hasilnya lebih baik daripada hanya mempelajari teorinya saja.

3. Melakukannya Sendiri

suami-istri-mesra
image. via lukihermanto.com

Jika kamu ingin cepat, maka berangkatlah sendiri. Namun jika kamu ingin pergi jauh, maka kamu harus bersama-sama. Ungkapan tersebut tepat menggambarkan sebuah cara belajar. Jika kamu ingin mempelajari suatu hal secara mendalam dan luas, maka jangan melakukannya sendiri.

Kamu harus melibatkan teman, anggota keluarga atau pihak lain yang bisa membantumu mempelajari hal baru. Banyak manfaat yang akan kamu rasakan, salah satunya jika sewaktu-waktu kamu merasa jenuh dam bosan, akan ada yang memberikan semangat sampai kamu berhasil.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan ketikan mempelajari hal yang baru. Apakah kamu juga melakukannya?

Simak juga “3 Ucapan Yang Harus Di Hindari Istri Saat Ngambek

Simak juga “Mesra dengan Pasangan: Ya Mandi Bersama, Ya Ibadah Bersama!

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait