Inilah 4 Hal Dari Ibu Bisa Membuat Bayi Merasa Bahagia

bayi-bahagia

Seorang anak dan ibu pastilah memiliki ikatan yang sangat kuat, bahkan semenjak ia berada dalam kandungan, berada dalam tubuh yang sama, menghirup nafas yang sama, dan memakan makanan yang sama meski prosesnya berbeda. Tapi keterikatan seorang ibu dan anaknya pastilah sangat kuat, dan berlanjut hingga akhirnya bayi terlahir ke dunia. Ibu menjadi sosok yang sangat dominan dalam kehidupan si bayi, maka tak heran jika ibu jugalah yang dapat memberikan sumber kebahagiaan terbesar bagi si bayi.

Berikut ini ada empat hal dari sang ibu yang membuat bayi merasa sangat bahagia.

1. Suara ibu yang mencintainya

ibu-hamil

 

Rangsangan suara adalah salah satu hal yang dapat dikenali oleh bayi, bahkan hal itu terjadi sebelum dia lahir ke dunia. Yups, bayi suda bisa mendengar suara sang ibu sejak ia ada di dalam kandungan. Makanya, sering dianjurkan ibu untuk mengajak ngobrol janin di dalam perutnya, karena suara tersebut dapat tersaring melalui ketuban dan akan ditangkap oleh indera pendengarannya. Jadi, saat dia lahir dan ada dalam gendongan sang ibu, sebenarnya dia sudah sangat mengenali suara ibunya. Jadi, jangan berhenti menyanyi untuknya ya, bahkan sejak usia kandungan masih 7 bulan, agar si bayi merasa bahagia dan diperhatikan oleh ibu.

2. Aroma wangi tubuh Mama

pelukan-ibu

Tahukah kamu bahwa si bayi sudah mengenali aroma tubuh ibu sejak ia pertama kali berada dalam pelukan ibu. Peneliti menemukan, bahwa bayi yang berusia 3 hari sudah bisa membedakan ASI milik ibunya dengan ASI milik ibu lain. Dan aromaibu ini tidak hanya bisa dikenalinya, tapi juga disukainya. Itulah mengapa, bayi kadang mencari kehangatan di lekuk tubuh ibunya, bahkan ada yang dengan cepat bisa tertidur nyenyak di ketek sang ibu. Aroma tubuh ibu membuat bayi merasa nyaman dan bahagia berada di dekat ibunya.

3. Mama selalu membuatnya kenyang

ibu-menyusui

Meski sudah bisa mendengar ucapan ibu, namun bayi jelas belum mengerti apa yang dikatakan ibunya. Tapi bayi sudah bisa memperhatikan dan mengerti sekali, bahwa saat dia merasa lapar dan menangis, ibu akan segera datang menyusuinya dan ini membuat bayi merasa bahagia.

4. Mama selalu dapat menenangkannya

menenangkan-anak

Banyak hal yang dirasakan bayi, namun belum bisa diucapkan dengan jelas, jadi bayi hanya bisa menangis dan memberikan kode. Nah, sang ibu yang cerdas pasti akan selalu dapat mengerti apa yang dirasakan bayinya. Saat bayi merasa sakit, saat kegerahan, saat kedinginan, saat digigit nyamuk, selalu saja ibu akan mengatasi semua masalah yang terjadi. Ibu bagaikan hero bagi bayinya. Dan dari situlah bayi belajar, bahwa bersama ibu dia akan selalu tenang dan semua akan segera teratasi.

Semoga bermanfaat…