Inilah 6 Langkah Agar Persalinan Berlangsung Secara Normal

agar-melahirkan-normal

Dalam suatu tahap kehamilan, persalinan adalah salah satu fase yang sangat menengangkan bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir. Jadi, tidak heran jika bumil akan lebih sering merasakan khawatir, cemas, terlebih saat membayangkan rasa sakit ketika melalui proses persalinan, meskipun pada dasarnya pilihan metode persalinan dapat anda tentukan sebelum bayi lahir. Karena ibu hamil dapat menggunakan metode melahirkan secara normal, ini sangat disarankan jika memang kehamilan tidak mengalami kelainan yang berbahaya, atau bisa dengan metode melahirkan secara operasi Caesar.

Metode pertama memang disarankan, karena proses kelahiran secara normal ini ternyata lebih memungkin untuk memperkecil resiko pasca melahirkan pada ibu hamil sehingga proses pemulihan kesehatan sang ibu akan lebih cepat ketimbang saat ibu hamil melahirkan dengan proses operasi caesar.

Nah, bagi ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal, ada baiknya melakukan beberapa langkah berikut ini agar proses kelahiran secara normal dapat terwujud.

1. Ikuti Kelas Ibu Hamil

Di kota-kota besar, sudah banyak diselenggarakan kelas ibu hamil. Dan mengikuti kelas ibu hamil ini sangat disarankan, terlebih bagi bumil yang baru pertama kali hamil dan menyambut kelahiran bayi pertama. Karena di kelas ibu hamil yang kurang lebih berbentuk kelompok belajar ini akan berbagi pengetahuan mengenai kesehatan ibu hamil, bagaimana keluhan selama kehamilan yang dialami, perawatan apa saja yang harus dilakukan selama kehamilan, saat memasuki masa persalinan dan juga setelah persalinan yang akan berhubungan dengan perawatan nifas dan pilihan kontrasepsi untuk mereka. Jadi, dengan mengikuti kelas ibu hamil, calon ibu ini akan bisa memiliki pengetahuan yang baik seputar kehamilannya, dan bagi yang sudah berpengalaman juga dapat berbagi pengalaman selama kehamilan dengan ibu hamil lainnya yang akan membuat ibu hamil lebih tenang dalam menjalani persalinan, dan rasa tenang ini akan membuka peluang besar ibu hamil melahirkan dengan normal.

2. Pilih Layanan Kesehatan Yang Tepat Dalam Masa Kehamilan dan Persalinan

Penyedia layanan kesehatan memang memiliki peranan yang sangat penting selama masa kehamilan hingga proses melahirkan. Karena itulah, ibu hamil harus bisa memilih penyedia layanan kesehatan yang tepat, jika ingin melahirkan di bidan, maka pilihlah bidan andalan yang memang sudah direkomendasikan dengan baik, jika memilih melahirkan di dokter kandungan atau rumah sakit bersalin, maka pandai-pandai juga memilihnya. Karena meskipun proses persalinan dipengaruhi oleh beberapa faktor utama seperti usia ibu hamil, kesehatan ibu hamil dan keadaan selama kehamilan, akan tetapi adanya bantuan dari penyedia layanan kesehatan dapat membantu ibu hamil untuk melahirkan secara normal. Karena ibu hamil dapat berkonsultasi mengenai persalinan secara normal yang diinginkannya.

3. Atur Kenaikan Berat Badan Selama Masa Kehamilan

Mengaturan berat badan saat hamil adalah hal yang sangat penting, karena pengaturan berat badan selama masa kehamilan akan berhubungan dengan jumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya. Adapun kenaikan berat badan pada trimester pertama ini memang relatif rendah, dan kenaikan yang cukup pesat akan mulai terlihat pada usia kehamilan memasuki trimester kedua dan juga ketiga. Jadi jika ingin melahirkan secara normal, maka selama kehamilan kenaikan berat badan berkisar di angka 12 sampai 15 kg. Dan kenaikan berat badan yang terlalu tinggi juga dapat menyulitkan ibu hamil dalam proses persalinan normal, karena itulah tak heran jika ibu hamil mengalami obesitas, maka jalan keluarnya adalah melalui operasi saat melahirkan.

4. Siapkan Posisi Bayi Agar Bisa Lahir Secara Normal

Posisi bayi di dalam kandungan akan sangat berpengaruh pada proses kelahirannya. Jadi ibu hamil wajib mempersiapkan posisi yang mendukung kelahiran normal, hal ini bertujuan untuk memudahkan proses kelahiran bayi dari rahim. Biasanya posisi yang paling banyak dilakukan bayi di dalam rahim adalah posisi sujud, dan dengan posisi ini memungkin adanya gerakan yang membantu proses persalinan dengan normal. Berbeda jika posisi duduk yang terjadi, karena posisi ini akan memungkinkan kaki keluar terlebih dahulu dan bayi akan sulit dikeluarkan seluruhnya. Jika bayi di rahim mengalami posisi ini, maka cobalah untuk melakukan gerakan untuk memutar posisi bayi menjadi sujud, agar mudah melakukan persalinan normal. Ibu hamil bisa naik turun tangga, karena ini adalah salah satu gerakan yang disarankan untuk mendapatkan persalinan normal, meski begitu harus diatur juga intensitasnya, jangan terlalu sering dan harus berhati-hati melakukannya.

5. Siapkan Kondisi Tubuh Dan Energi Ekstra

Siapkan kondisi tubuh yang fit, karena untuk melakukan persalinan normal ibu hamil akan membutuhkan energi yang ekstra. Ada baiknya ibu hamil berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Jangan sampai ibu kelelahan dan kesulitan dalam mengeluarkan bayi, karena akan berakibat buruk pada keduanya.Selain itu, jaga berat badan agar meningkat dalam angka yang normal untuk dapat menimalisir kemungkinan berat badan yang berlebihan.

6. Cobalah Untuk Lebih Rileks

Tegang sudah pasti menjadi salah satu perasaan yang menghampiri setiap wanita saat hendak melahirkan buah hatinya. Tetapi hal itu justru akan semakin mempersulit proses kelahiran. Jadi cobalah untuk tetap santai dan rileks dalam menghadapi persalinan. Dengarkan musik yang menenangkan, lakukan meditasi, dan atur pernafasan ibu hamil dengan baik, karena kondisi ibu juga akan mempengaruhi bayi di dalam rahim.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait