Kalau Sudah Siap Jangan Menunda

akad-nikah-muslimah

“Barang siapa yang dimudahkan baginya untuk menikah, lalu ia tidak menikah, Makai a tidak termasuk golonganku.” [R.Thabrani dan Baihaqi]

Dalam Islam, ibadah dan kebaikan adalah hal yang  harus segera dilakukan. Termasuk juga dengan menikah, jadi jika kamu lelaki dan sudah siap menikah, maka tentukanlah pilihan gadis mana yang akan kamu nikahi. Berkenalanlah memalui Ta’aruf, beristikarah, dan lamarlah ia pada ayahnya.

Karena jika kita perhatikan kondisi pergaulan muda mudi saat ini, sebagian besar banyak yang memutuskan untuk menunda pernikahan dengan berbagai alasan. Terutama bagi laki laki, mereka banyak yang menunggu kehidupannya mapan dulu secara financial baru merencanakan pernikahan, karena mereka merasa jika menikah cepat khawatir tak mampu memberikan kehidupan yang baik pada keluarganya kelak. Biasanya rencana mereka adalah selesaikan kuliah dulu, kemudian cari kerja dan berkarier di perusahaan kira kira 3 sampai 5 tahun, kemudian baru mengumpulkan biaya untuk modal nikah dan berumah tangga. Sehingga sebagian besar menikah diatas usia 25 tahun atau sampai diatas usia 30 tahun baru mulai merencanakan pernikahan. Dan pemahaman seperti ini sudah umum dimasyarakat kita.

Padahal dalam kisah Rasullulah pernah menasihati Ali bin Abi Thalib dengan sabda yang berbunyi, “Ali, ada tiga perkara yang jangan kau mengakhirkannya, yaitu shalat apabila telah tiba waktunya, jenazah apabila telah sempurna kematiannya, dan wanita jika telah menemukan pasangan yang sepadan dengannya.” [ HR.Tirmidzi]

Islam mengajarkan bahwa pernikahan adalah satu-satunya solusi bagi orang yang saling mencintai. Jadi, tunggu apa lagi, jika hal berikut ini sudah siap, maka jangan menunda pernikahan.

1. Anak Gadis Dianjurkan Segera Menikah

image. via caraberhijab.net
image. via caraberhijab.net

Bagi keluarga perempuan, segera mengadakan pernikahan juga sangat dianjurkan. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan seorang anak dari perbuatan zina, maksiat, dan juga dosa dalam berpacaran. Jadi jika seorang ayah memiliki anak gadis yang sudah siap nikah, alangkah baiknya segera nikahkan dia.

2. Segerakan Menikah Berbeda Dengan Tergesa-gesa

image. via wawasyaida.blogspot.com
image. via wawasyaida.blogspot.com

Pernikahan memang harus dilakukan dengan segera, tapi bukan dengan tergesa-gesa. Karena kedua hal itu sangat berbeda. Semisalnya saja tergesa-gesa itu adalah terburu-buru dan secepatnya, namun tidak memiliki kesiapan yang pas. Berbeda dengan disegerakan, melakukannya dengan tak berlma-lama namun dengan segala kesiapan yang ada. Karena dengan begitu Insyaallah hasil dan tujuan dari pernikahan dapat tercapai dengan baik.

3. Kesiapan Untuk Menikah Hanyalah Kita Yang Tahu

wanita-muslimah
image. via media.ihram.asia

Kesiapan dalam melakukan pernikahan hanya diketahui oleh diri kita sendiri. Jadi, dalam hati kecil kita sudah bisa menilai diri kita sendiri, tak perlu berpatokan pada apa kata orang, karena jika orang bilang kita sudah siap, namun kita sendiri merasa belum siap, maka jangan memaksakan apa kata orang. Karena orang lain tak akan bertanggung jawab dalam kehidupan rumah tangga kita kelak. Jadi, jika kita sudah siap untuk menikah, tak perlu mencari alasan untuk menundanya, tetapi jika belum siap, maka jangan memaksakan diri.

4. Dasari Menikah Sebagai Suatu Niat Suci

pernikahan
image. via www.infoyunik.com

Niat adalah salah satu hal terkuat yang akan mendatangkan banyak hal untukmu. Jadi jika kamu memang sudah memiliki niat bulat untuk menikah dan semua itu karena ibadah kepada Allah SWT. Maka semua hal akan diberi kemudahan, jadi jangan sampai takut untuk kekurangan. Luruskanlah seluruh niat kita, insya Allah Dia akan menyempurnakan apa yang kita niatkan, meskipun kita tak akan mampu sempurna menjalankannya.

Simak juga “Kalau Cinta Jangan Diam, Ungkapkan Isi Hatimu!

Simak juga “Jaga Hati Sampai Halal Mu Menghampiri Dengan 4 Cara Ini

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait